Beberapa orang mempertanyakan mengenai manfaat madu untuk wasir atau beberapa diantara kita mengenalnya dengan istilah ambeien. Ambeien sendiri yang dikenal sebagai Hemorrhoid dalam istilah barat dan ilmiahnya, adalah kondisi patologis membengkak akibat peradangan pada Hemorrhoid, sebuah struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu mengontrol buang air besar.

Gejala patologis wasir tidak selalu sama, tergantung pada jenisnya. Wasir internal pada umumnya hadir bersamaan dengan pendarahan pada rektum tanpa disertai rasa nyeri. Sedangkan pada wasir eksternal, ada beberapa gejala yang muncul. Jika terkenan trombosis, biasanya muncul rasa nyeri secara signifikan dan terjadi pembengkakan di area anus.

konsumsi madu untuk pengobatan wasir alternatif alami

Banyak orang salah paham mengenai wasir. Sebagian menganggap gejala pada area anus dan rektum diidentikkan dengan wasir disertai dengan pendapat bahwa penyebab penyebab seriusnya harus disingkirkan. Kenapa? Sebab wasir sendiri belum diketahui penyebab pastinya berdasarkan apa yang ditulis oleh wikipedia. Meskipun memang sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan pada intar abdomen khususnya konstipasi dipercaya memiliki andil dalam perkembangan kondisi tersebut.

baca juga: Madu Untuk Asam Lambung

Pertolongan pertama pada pengobatan penyakit wasir yang ringan sampai sedang adalah dengan meningkatkan konsumsi serat, cairan oral guna menjaga agar tidak dehidrasi, obat pereda nyeri dan istirahat yang cukup. Penanganan konservatif dilakukan jika gejala parah atau tidak membaik. Sedangkan tindakan pembedahan hanya untuk pasien yang tidak segera membaik setelah berbagai tindakan sebelumnya tidak berhasil. 50 persen populasi manusia dapat mengalami wasir dalam kehidupannya tapi berakhir dengan sembuh sendiri.

Bagaimana madu untuk wasir sebagai alternatif?

Madu yang sudah kita kenal memiliki kandungan banyak dapat menjadi alternatif suplemen kesehatan tubuh. Memang secara medis belum ada penelitian mengenai manfaat madu untuk wasir yang membuat hal ini diakui ilmiah. Akan tetapi menyimak banyak pasien penderita wasir yang sudah membuktikan manfaat madu untuk penyakit wasir.

Ada beberapa resep yang dicoba oleh penderita wasir dalam rangka memanfaatkan alternatif pengobatan dengan madu untuk mengobati wasir.

  1. Konsumsi madu dicampur minyak zaitun
    Anda dapat mengkonsumsi campuran minyak zaitun dengan madu selama kurang lebih empat pekan atau satu bulan. Resep ini dapat membantu mengurangi pendarahan, rasa gatal pada bagian anus, dan menurunkan tingkat rasa sakit yang dialami pasien tanpa efek samping yang berbahaya. Kedua bahan ini dapat anda peroleh di berbagai tempat yang jual madu asli alami maupun toko herbal terdekat.
    Pastikan anda tidak mengkonsumsi secara berlebih. Silakan berkonsultasi pada para ahli herbal atau dokter anda.
    madu zaitun untuk wasir
  2. Madu yang dicampur dengan ekstrak daun ungu, kunyit putih atau mahkota dewa.
    Daun ungu baik bagian daun, kulit batang maupun bunganya dapat digunakan sebagai obat. Kandungan bagian daun terdiri dari flavonoid, alkaloid nontoksik, glikosid, steroid, saponim, tanin dan lendir. Sedangkan pada bagian batang terdapat lemak, asam folat, dan kalsium oksalat.
    kandungan-kandungan tersebut membuat daun ungu memiliki sifat diuretik alias meluruhkan kencing (bikin beser), mempercepat pematangan pada bisul, bersifat seperti pencahar yang dapat memperlancar kegiatan buang air besar (atau sering dikenal dengan mild laxative) serta melembutkan kulit. Khasiat tanaman herbal daun ungu ini dapat membantu mengatasi pendarahan, bengkak karena luka (misal terpukul), mengatasi keputihan, memperlancar haid, mengatasi bisul dan dengan perpaduan dengan madu untuk menyembuhkan wasir dan mengobati wasir berdarah.
  3. Cuka apel dan madu
    Manfaat madu memang menakjubkan. Minuman manis alami ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk berbagai macam keluhan penyakit termasuk memanfaatkan madu untuk penderita wasir. Yang sudah terbukti secara klinis melalui studi memang madu Manuka. Madu jenis ini digadang-gadang sebagai madu terbaik. Tapi, tidak melulu harus madu Manuka kok. Madu penyembuh wasir dapat juga menggunakan madu alami. Anda hanya perlu memastikan madu yang anda pilih adalah hanya madu berkualitas yang alami dan tidak diproses sedemikian rupa terlebih dahulu. Beberapa orang menggunakan madu untuk ambeien dengan langsung mengoleskannya pada wasir tersebut.
    madu untuk wasir
    Beberapa lainnya menambahkan madu ke dalam cuka sari apel sebagai minuman. Hal ini karena cuka sari buah apel ini memiliki kandungan pengobatan yang menakjubkan. Dan sangat bermanfaat untuk menghilangkan ambeien. Peringatan: di awal mungkin rasanya sedikit terasa menyengat rasanya.
  4. Madu dengan propolis
    Lebah madu menutupi sarang mereka dengan propolis, sebuah zat yang mirip seperti getah yang terbuat dari air getah tumbuh-tumbuhan dan pohon. Madu propolis untuk wasir dapat anda coba mengingat kandungan propolis terdapat antibiotik berkualitas yang awalnya berguna untuk melindungi pohon dari infeksi. Para lebah madu kemudian mengumpulkan getah ini, mencerna ulang dengan menambahkan nektar yang mereka kumpulkan dan kemudian melapisi bagian dalam sarang mereka dengan zat percampuran tersebut guna melindungi kesehatan dari seluruh koloni lebah di dalam sarang.
    Ada berbagai manfaat dari mengkonsumsi propolis madu alami, dan mengatasi hemorrhoid merupakan salah satu dari daftar manfaat tersebut.
    Cukup beberapa bagian per hari dan propolis dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh – selain manfaat lainnya.
    Madu untuk penyakit ambeien dapat pula anda coba dengan menggabungkan madu dan propolis menjadi bentuk pasta kemudian oleskan pada hemorrhoid.

Selain konsumsi resep di atas, pastikan anda juga cukup minum air putih dan disertai dengan makanan sehat mengandung banyak serat. Keduanya penting karena mampu membantu mengatasi masalah penyembuhan wasir. Sertai pula dengan olah raga teratur, istirahat yang cukup dan usahakan variasikan dengan gerak saat harus duduk lama.

Adakah madu khusus untuk wasir?

Manfaat madu untuk ambeien sudah banyak dicoba oleh berbagai tingkat penderita wasir. Sejauh ini ada beberapa produk madu wasir yang mengklaim dapat menjadi obat bagi anda penderita wasir. Tapi sebetulnya madu buat wasir bisa menggunakan madu jenis apapun. Ibaratnya madu dan wasir ini semacam obat dan penyakit. Tidak harus selalu khusus misal madu hitam untuk wasir, madu pahit untuk wasir atau semacamnya sebagaimana telah disebutkan di awal.

Mencoba madu untuk alternatif pengobatan wasir berbagai stadium

Wasir sendiri terdiri dari beberapa stadium tergantung tingkat keparahan. Tapi biasanya lebih tergolong pada wasir internal yakni,

  • Tingkat 1: tanpa prolaps, hanya penonjolan pembuluh darah
  • Tingkat 2: prolaps terjadi ketika mengejan tetapi berkurang secara spontan
  • Tingkat 3: prolaps terjadi saat mengejan dan perlu dilakukan proses mendorong kembali secara manual agar kembali normal
  • Tingkat 4: muncul prolaps dan pada kondisi sudah tidak dapat lagi didorong kembali secara manual

stadium penyakit wasir

Hal yang disarankan guna mencegah terjadinya ambeien:

  1. Hindari mengejan saat buang air besar apalagi mengejan secara berlebihan
  2. Cegah konstipasi alias susah buang air besar
  3. Cegah terjadinya diare
  4. Konsumsi serat tinggi dan banyak minum cairan maupun suplemen serat. Anda dapat pula mengkonsumsi madu hitam pahit untuk wasir.
  5. Cukup olahraga sehat
  6. Kurangi waktu yang digunakan untuk mencoba membuang air besar
  7. Hindari membaca di dalam toilet
  8. Jika anda memiliki berat badan berlebih, ada baiknya menurunkan berat badan
  9. Hindari mengangkat beban berat

Walaupun tersedia banyak jenis obat topikal dan supositoria guna mengobati ambeien namun bukti klinis belum tersedia. Pada konsumsi yang mengandung steroid, ada baiknya dibatasi penggunaannya selama 14 hari saja karena dapat menimbulkan penipisan kulit.

gambaran wasir

Konsumsi yang cukup untuk mengetahui manfaat madu untuk penyakit ambeien, dapat anda coba. Sebaiknya konsumsilah madu untuk wasir ini dalam batas wajar tidak berlebihan karena bagaimanapun, sebaik apapun sebuah zat asupan alami, jika berlebih tetaplah tidak baik.

Selamat mencoba. Semoga wasir yang anda atau kerabat anda derita dapat berangsur membaik dengan terapi madu untuk wasir.

Please Login to Comment.

1 × four =