Belakangan saya baru tahu bahwa cara mengkonsumsi madu pun ada tips trik yang disarankan. Menyadarkan bahwa madu tidak boleh disajikan secara sembarangan. Cara tersebut agar manfaat madu yang anda nikmati dapat dirasakan secara maksimal oleh tubuh. Nah, apakah anda tahu bahwa untuk mendapat manfaat dari konsumsi madu, maka cara penyajiannya pun harus disesuaikan?

Jenis-jenis madu yang sangat bervariatif dewasa ini karena masyarakat semakin sadar akan manfaatnya yang luar biasa. Meskipun berbeda jenis varian madu yang beredar, tapi tips pengkonsumsian madu pada umumnya sama saja. Sehingga tips yang kami tuliskan dapat diterapkan untuk berbagai varian madu di rumah anda.

Adapun perbedaan jenis varian madu sebenarnya disebabkan oleh perbedaan habitat, sumber tanaman yang diambil sebagai bahan oleh sang lebah si produsen madu serta cuaca saat madu tersebut dihasilkan. Sehingga, wajar saja jika kemudian bermunculan berbagai macam madu (dan rasa yang tak sama setiap waktu) dengan tawaran manfaat yang makin beragam. Ditambah dengan adanya teknologi yang sudah semakin canggih dimana beberapa bahan bermanfaat lainnya dapat dicampurkan ke dalam madu sehingga produk yang dihasilkan memberi tawaran multi manfaat. Apalagi minuman manis ini disebutkan dalam hadits sebagai salah satu minuman yang disarankan untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagaimana cara mengkonsumsi madu?

Madu dianggap sebagai sebuah suplemen wajib yang harus tersedia di rumah, terutama pada kalangan keluarga muslim saat ini. Oleh karena itu, sebaiknya anda yang senantiasa minum madu setiap hari perlu memperhatikan dengan seksama bagaimana madu sebaiknya disajikan dan dinikmati. Semakin baik penyajian dan cara mengkonsumsi madu, semakin baik pula manfaatnya untuk tubuh.

9 Cara Efektif Mengkonsumsi Madu

 

Berikut kami tuliskan 9 tips asyik cara mengkonsumsi madu agar manfaatnya terasa secara maksimal untuk kehidupan kita sehari-hari.

  1. Sebaiknya konsumsi madu sebelum makan. Konsumsilah madu pada saat perut dalam keadaan kosong agar penyerapannya makin maksimal oleh sistem pencernaan. Misal, segera setelah bangun tidur.
  2. Langsung konsumsi madu dalam kondisi apa adanya, artinya tidak perlu diolah terlebih dahulu agar nutrisi di dalam madu tetap terjaga dengan baik. Jika anda tidak terlalu menyukai tekstur madu yang biasanya sangat kental, dapat ditambahkan air bening untuk membantu mengencerkan. Pun jika anda ingin mengurangi rasa manis pada madu yang akan anda nikmati tersebut, madu dapat disajikan dengan dicampur air.Adapun tips mengkonsumsi madu yang dicampur dengan air, sebaiknya anda menyiapkan air hangat sekitar sepertiga gelas lalu tambahkan 2-3 sdm madu ke dalamnya. Suhu air hangat lebih mendekati suhu tubuh sehingga akan lebih mudah dicerna.
  3. Pastikan cara konsumsi madu anda tepat dengan menggunakan sendok plastik atau sesuatu yang berbahan kayu untuk mengaduknya. Kenapa? Karena jika menggunakan sendok yang bahannya terbuat dari logam, sel pada madu dikhawatirkan akan rusak sehingga beberapa zat bermanfaat dalam kandungan madu menghilang begitu saja. Sayang bukan?
  4. Tahukah anda bahwa cara minum madu yang betul adalah dengan mengocok madu berlawanan arah jarum jam? Jika anda baru tahu sekarang, ayok diubah. Sehingga jika anda biasa mengaduk minuman dari kiri ke kanan alias searah jarum jam, maka untuk penyajian madu disarankan dari kanan ke kiri. Apakah ada zat yang rusak karena mengaduk searah jarum jam? Tidak, hanya saja ketika mengaduk berlawanan arah jarum jam, ada energi positif yang lebih besar. Jika dipermisalkan, gerakan ini mirip seperti thawwaf pada ibadah haji dan umroh.
  5. Idealnya takaran minum madu dalam sehari bagi anda yang sudah menginjak usia dewasa adalah sebanyak 100-200 gram per hari atau setidaknya minimal sekitar 3 sendok makan. Sedangkan pada anak baiknya antara 50-100 gram per hari atau kurang lebih setengah takaran dari ukuran ideal dewasa.
  6. Minum madu di pagi hari dengan mencelupkan jari manis kanan ke dalam madu sebelum makan adalah sunnah dan patut dicoba untuk dilakukan. Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi madu menjelang tidur.Rasulullah sendiri mengkonsumsi madu dengan cara mengambil madu lalu mengulumnya (diemut) di mulut sehingga cairan manis kental tersebut lumer bercampur dengan air ludah. Eh tips ini biasanya diinformasikan untuk iklan cara mengkonsumsi madu hitam pahit yang setelah dikulum membuat madu pahit tersebut terasa manis. Secara kesehatan pun ternyata fruktosa pada madu akan lebih baik jika tercampur dengan air ludah sehingga lebih mudah larut dan akan lebih gampang dicerna oleh lambung.
  7. Cara mengkonsumsi madu yang baik salah satunya dengan tidak menambahkan madu ke dalam air panas yang mendidih karena dapat menghancurkan enzim yang terkandung di dalam madu. Jika enzim tersebut hancur, maka tentu saja mengurangi manfaat madu terhadap kesehatan secara umum.
  8. Madu adalah minuman yang kaya akan kandungan mineral sehingga anda sebaiknya tidak perlu menambahkan makanan yang mengandung vitamin C dan D agar cara konsumsi madu seperti ini tetap membiarkan zat di dalamnya bereaksi lebih maksimal tanpa menghancurkan unsur vitamin pada makanan yang dimaksud.
  9. Sebagaimana aturan dan anjuran makan dan minum pada umumnya, ada baiknya anda menikmati madu dengan posisi duduk.

Lalu bagaimana dengan berbagai produk olahan madu yang sekarang banyak sekali beredar dengan menawarkan beberapa manfaat madu dalam iklannya? Saya tidak tahu menahu mengenai klaim mereka apakah dapat dipertanggungjawabkan atau tidak karena ada pihak terkait yang lebih bertanggungjawab dan kredibel di bidang pangan (pemerintah dan dinas misalnya). Tapi jika merujuk pada beberapa poin di atas, bisa jadi beberapa unsur mineral dan zat yang terkandung di dalam madu akan rusak akibat proses pengolahan produk tersebut sehingga tentu saja manfaatnya tidak akan selengkap ketika madu dikonsumsi secara langsung dan alami.

Banyak orang tidak memahami cara mengkonsumsi madu yang baik seperti apa. Sehingga tak jarang ada komplain merasa bahwa madu tidak memiliki manfaat. Padahal bisa saja hal itu karena mereka tidak paham bagaimana menyajikan madu dengan baik dan benar. Sehingga madu yang mengandung banyak mineral dan zat-zat yang baik bagi tubuh (bahkan mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas) akhirnya kemudian rusak dan terkontaminasi. Maka setelah membaca artikel ini, aplikasikanlah tips-tips sederhana tersebut.

Selain 9 tips asyik mengkonsumsi madu yang kami tuliskan di atas, salah satu hal penting lain yang harus anda perhatikan yakni pastikan madu yang anda konsumsi adalah madu asli yang dapat diperoleh dari para penjual atau distributor madu terpercaya. Karena selain cara mengkonsumsi madu yang salah sehingga manfaatnya tidak terasa, juga hal tersebut bisa jadi karena kualitas madu yang anda konsumsi bukan kualitas madu asli dari alam atau sudah terlalu banyak campuran di dalamnya (beberapa produsen nakal mencampur madu murni dengan gula agar memperoleh keuntungan berlipat). Anda juga perlu mengecek jenis madu yang anda perlukan sesuai kebutuhan agar tubuh sehat dengan lebih baik.

2 thoughts on “9 CARA EFEKTIF MENGKONSUMSI MADU

Please Login to Comment.

five × 5 =