Penggunaan madu untuk obat sakit telinga sering dilakukan sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional. Sebagian besar adalah berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh masing-masing penggunanya. Lalu apa yang perlu kita pahami tentang cara mengobati sakit telinga?

Telinga selain sebagai alat pendengaran, juga berfungsi sebagai alat pengatur kesetimbangan badan saat berjalan, berlari maupun melakukan aktifitas lainnya. Sehingga bila terjadi masalah pada telinga kita, sudah pasti akan mempengaruhi keseimbangan badan sehingga mengganggu kelancaran aktifitas kita.

Sakit telinga memiliki berbagai penyebab yang berbeda-beda. Gejala yang muncul diantaranya adalah suara berdengung, rasa nyeri dan sakit pada telinga seperti ditusuk-tusuk, rasa panas dan perih pada bagian telinga tertentu maupun telinga yang terasa seperti penuh. Pada kondisi yang disebabkan karena infeksi, bisa jadi terdeteksi dengan munculnya radang atau keluarnya nanah maupun cairan yang dari liang telinga.

Pengobatan sakit telinga secara medis sebaiknya diarahkan langsung ke dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Namun untuk hal-hal darurat yang membutuhkan penanganan cepat, mengobati sakit telinga secara tradisional adalah pilihan alternatifnya.

Salah satunya adalah memanfaatkan khasiat madu untuk penyakit telinga. Tentu saja tidak bisa sembarangan dalam melakukan pengobatan tradisional ini. Ada hal-hal yang perlu dicermati dan dipahami sebelumnya.

Manfaat Madu Untuk Obat Sakit Telinga

amankah penggunaan madu untuk obat sakit telinga

Telinga manusia itu terdiri dari 3 bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Sakit telinga yang paling sering dialami oleh manusia kebanyakan terjadi pada telinga bagian luar yang terdiri dari :

  1. Daun telinga yang tersusun dari tulang rawan yang berbentuk khas.
  2. Liang telinga yang didalamnya terdapat kelenjar sudorifera yang menghasilkan lilin telinga (serumen) yang berfungsi untuk menahan masuknya kotoran dari luar telinga. Aroma lilin telinga yang khas mencegah serangga masuk ke dalam telinga.
  3. Gendang telinga yang menjadi batas antara telinga bagian luar dan telinga bagian tengah.

Apa saja sih yang menjadi penyebab sakit telinga? Berikut ini diantaranya:

  • Glue Ear
    Glue ear biasa terjadi pada anak-anak, diakibatkan oleh penumpukan cairan pada gendang telinga bagian dalam. Tekanan pada bagian telinga yang sensitif karena penumpukan cairan itulah yang menimbulkan rasa sakit dan gangguan pendengaran. Sakit telinga jenis ini akan menghilang dengan sendirinya. Pada beberapa kasus yang terjadi pada anak-anak, mengoleskan madu murni pada bagian liang telinga dengan bantuan cotton bud secara hati-hati, bisa membantu meredakan rasa sakit. Cara mengobati sakit telinga pada anak ini bisa menjadi alternatif solusi pengobatan.

penggunaan madu untuk obat sakit telinga

  • Otitis Externa dan infeksi liang telinga.
    Jika telinga bagian luar / bagian liang telinga mengalami pembengkakan karena infeksi, maka otomatis akan mempengaruhi kinerja saluran telinga. Pembengkakan ini bisa juga disebabkan karena bisul yang muncul pada folikel / akar rambut halus pada telinga.
    Saat bisul ini pecah, maka keluarlah darah dan nanah dari liang telinga. Sakit telinga jenis ini bisa sembuh dalam beberapa hari. Namun karena telinga berperan pada sistem keseimbangan tubuh, maka diperlukan bantuan pengobatan dari dokter yang  biasanya akan memberikan antibiotik dan obat tetes untuk telinga.
    Untuk mengatasi peradangan, mengoleskan madu murni pada permukaan telinga yang meradang bisa dilakukan sebagai obat sakit telinga tradisional. Cairan madu yang murni dan alami memiliki khasiat anti bakterial dan anti inflamasi sehingga sangat membantu mengatasi abses/bisul yang meradang.
  • Iritasi liang telinga karena benda asing.
    Pada umumnya kita senang membersihkan liang telinga menggunakan cotton bud. Kulit telinga bagian dalam adalah jenis kulit yang sangat sensitif. Gesekan yang terjadi antara cotton bud dengan kulit telinga bagian dalam ini bisa memicu terjadinya iritasi dan menimbulkan rasa sakit pada telinga. Pada kondisi lain, apabila kita tidak berhati-hati menggunakan cotton bud dan memasukkannya terlalu dalam pada liang telinga, resiko terbesar adalah rusaknya gendang telinga akibat tertusuk oleh cotton bud.

madu untuk obat sakit telinga

  • Tersumbatnya liang telinga karena kotoran telinga.
    Dalam telinga kita ada kelenjar sudorifera yang menghasilkan zat bernama serumen yang berwujud seperti lilin cair yang lembek. Fungsinya adalah menangkap kotoran yang masuk ke liang telinga dan mencegah serangga masuk ke dalam liang telinga. Saat kotoran telinga ini terlalu banyak dan mengeras, biasanya kita akan menggunakan cotton bud untuk membersihkannya. Penggunaan cotton bud yang kurang tepat justru akan membuat kotoran telinga makin menggumpal dan terdorong masuk semakin dalam.
    Masalah ini juga banyak terjadi pada orang-orang yang berenang dan telinganya kemasukan air, sehingga kotoran telinga menjadi mengembang dan menekan bagian-bagian sensitif telinga dan menimbulkan rasa sakit. Bila masalah ini muncul, segera bawa ke dokter ahli THT agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

baca juga: Madu Untuk Hidung Tersumbat

  • Dermatitis Seboroik.
    Ini adalah penyakit eksim pada telinga bagian luar yang mengakibatkan kulit menjadi memerah, terjadi iritasi, bersisik, lalu meradang sehingga menimbulkan rasa sakit pada telinga. Untuk penanganan alami, bisa dengan menggunakan madu sebagai obat sakit telinga tradisional. Oleskan cairan madu pada permukaan yang terkena eksim. Gunakan madu yang benar-benar murni. Saat ini kita mudah mendapatkannya di tempat-tempat yang jual madu asli murni berkualitas tinggi. Namun untuk kasus yang dikuatirkan ada komplikasi serius, segera hubungi dokter ahli terdekat.
  • Efek samping dari sakit tenggorokan.
    Membengkaknya amandel (tonsilitis) maupun penyakit quincy (terjadinya abses pada bagian belakang tenggorokan) bisa juga membawa dampak rasa sakit saluran pendengaran kita. Pada beberapa kondisi, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengobati sebab utamanya. Minum campuran 2 sendok madu dalam segelas air hangat bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas badan dan mengurangi rasa sakit akibat radang yang muncul.
  • Efek samping dari pembengkakan pada gusi / gigi.
    Sakit gigi yang diakibatkan karena abses akibat gigi berlubang yang membusuk dan bernanah, maupun abses gusi karena proses tumbuhnya gigi geraham bungsu bisa menjadi penyebab sakit telinga. Rasa nyeri berdenyut-denyut baru akan sembuh saat sebab utamanya dibereskan. Hubungi dokter gigi untuk menangani masalah pada gigi tersebut.
  • Efek penyakit nyeri syaraf wajah.
    Penyakit syaraf yang menyerang bagian sisi wajah dikenal dengan istilah neuralgia trigeminal. Penyebabnya adalah tekanan yang terjadi pada syaraf dalam tulang tengkorak. Gejalanya adalah rasa nyeri pada wajah secara tiba-tiba selama beberapa detik hingga beberapa menit pada bagian rahang, bagian mata, pipi termasuk bagian telinga. Sakit telinga yang berkaitan dengan hal ini perlu di cari solusinya dengan berobat pada dokter ahli syaraf.
  • Telinga berdengung karena perubahan tekanan udara.
    Ini adalah jenis sakit telinga yang paling sering terjadi. Misalnya pada perubahan tekanan akibat proses take off maupun landing pesawat. Obat sakit telinga berdengung karena hal ini sangat mudah, bisa dengan melakukan gerakan mulut seperti mengunyah, atau seperti proses menguap atau ambil sebutir permen dan kulum dalam mulut.

Penggunaan Madu Untuk Obat Sakit Telinga Yang  Aman dan Mudah Dilakukan

Khasiat madu untuk obat sakit telinga bisa digunakan pada saat penyakit telinga yang dialami tidak memiliki indikasi : demam, muncul sakit kepala, pembengkaan pada telinga selama 24 – 48 jam. Karena telinga memiliki peran dalam keseimbangan badan, maka sakit telinga adalah hal yang tidak boleh dianggap remeh.

cara menggunakan obat tetes telinga

Jadi kita harus berhati-hati dalam mengatasinya. Bila kita menggunakan obat tetes telinga, hal yang paling penting dijaga adalah higienis nya alat tetes telinga, jangan sampai terkena permukaan telinga saat meneteskan, rutin dibersihkan dengan air hangat dan periksa lubang obat tetesnya agar dosisnya tepat.

Untuk sakit telinga bagian luar, bahan-bahan tradisional seperti madu alami bisa digunakan sebagai obat oles karena kandungan zat antibakterial dan antiinflamasinya. Madu juga sebaiknya secara rutin pagi dan malam untuk mengurangi efek nyeri akibat radang maupun untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Batasi penggunaan cotton bud dan alat-alat lain untuk membersihkan atau mengorek kotoran telinga pada liang telinga. Gunakan cotton bud dengan lembut pada permukaan kulit telinga dan terbatas pada permukaan telinga bagian luar dan lubang telinga yang tidak terlalu dalam.

 

Please Login to Comment.

four × one =