Hasil penelitian tentang manfaat madu untuk obat kanker payudara menjadi sebuah alternatif solusi bagi para wanita penderita kanker payudara. Indonesia termasuk negara dengan jumlah penderita kanker payudara yang cukup besar. Jenis kanker ini menempati urutan kedua penyebab kematian pada wanita setelah kanker serviks.

Pengobatan medis sudah pasti menjadi pilihan utama, namun tidak menutup kemungkinan jalannya kesembuhan diperoleh dari pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di alam. Salah satunya adalah penggunaan madu alami untuk obat kanker payudara.

Kanker payudara itu sendiri secara umum adalah adanya perkembangan yang tidak biasa pada sel-sel yang membentuk jaringan payudara. Perkembangan sel-sel tersebut semakin lama semakin tidak terkendali, dan menyebar melalui aliran darah. Penanganan akan menjadi lebih baik bila diketahui lebih awal sehingga pengobatan bisa lebih intensif.

inilah solusi alternatif penggunaan madu untuk obat kanker payudara

Menurut penelitian, penderita kanker payudara di rentang usia kurang dari 45 tahun memiliki tingkat harapan hidup sebesar 81%. Penderita kanker payudara pada rentang usia 45 -65 tahun memiliki tingkat harapan hidup sebesar 85%, sementara penderita kanker payudara diatas usia 65 tahun mempunyai tingkat harapan hidup sebesar 86%.

Apabila kanker payudara menyerang di usia muda, maka perkembangan dan sebaran dari sel-sel kanker ini akan jauh lebih aktif dan agresif. Untuk itulah perlu disadari dan disebarluaskan informasi tentang pencegahan kanker payudara berikut pengobatan kanker payudara dengan cara yang aman.

baca juga: Madu Mengobati Kanker

Kanker payudara bisa menyerang pria dan wanita. Penyebab pasti dari kanker payudara ini belum diketahui secara jelas, dan mengapa lebih banyak wanita yang mengalami kanker payudara. Namun ada beberapa sebab yang dinilai sebagai indikasi meningkatnya jumlah penderita kanker payudara.

Faktor-faktor yang meningkatkan resiko mengalami kanker payudara diantaranya adalah:

  1. Faktor genetik, apabila ada riwayat penderita kanker payudara dalam kelurga dekat, maka resiko untuk menderita kanker payudara pun akan meningkat.
  2. Pola menstruasi yang berubah akibat perubahan hormonal. Seorang wanita yang mendapatkan menstrusi pertama dibawah usia 11 tahun memiliki faktor resiko lebih besar mengidap kanker payudara.
  3. Stres dan penggunaan obat-obatan yang berkaitan dengan terapi hormon juga mempunyai faktor resiko yang besar.
  4. Faktor usia (diatas 40 tahun), kondisi tidak menikah maupun tidak pernah menyusui juga menjadi faktor resiko kanker payudara ini.

Kandungan Madu Untuk Pengobatan Kanker Payudara dan Jenis-jenis Kanker Payudara

alternatif madu untuk obat kanker payudara

Pada umumnya kanker payudara dikelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu invasif dan non invasif.

  • Kanker payudara invasif (Infiltrating Ductal Carsinoma)
    Maksud dari istilah invasif adalah jenis kanker yang memiliki kemungkinan menyebar keluar jaringan payudara. Mula-mula kanker menyerang bagian dalam duktus (kulit payudara), yang kemudian perlahan-lahan dapat menerobos keluar duktus. Sel kanker bisa menyebar melalui aliran darah ataupun melalui sistem kelenjar getah bening. Sebagian besar kasus kanker payudara ada pada jenis kanker payudara invasif. Jenis-jenis yang termasuk di dalam jenis kanker payudara invasif adalah yang menyerang sel-sel lobulus (sel-sel kelenjar susu) dan kelenjar payudara yang mengalami inflamasi (peradangan).
  • Kanker Payudara Non Invasif
    Kanker payudara jenis ini sering disebut sebagai kondisi pra kanker. Yang paling sering terjadi adalah jenis Ductal Carsinoma in situ. Sel-sel kanker ini masih berada di bagian dalam duktus dan belum menyebar ke jaringan lain. Deteksi dini dengan teknik mamografi menjadi solusi awal untuk proses penyembuhannya.

Apa saja gejala-gejala yang bisa menjadi sarana deteksi dini hadirnya kanker payudara?

Gejala-gejala yang muncul adalah:

  1. Munculnya benjolan maupun penebalan kulit yang terjadi pada kulit payudara. Satu diantara sepuluh benjolan yang ditemukan pada kulit payudara bisa menjadi indikator awal adanya kanker payudara.
  2. Munculnya rasa sakit pada daerah payudara dan di sekitar ketiak di rentang waktu terjadinya menstruasi, harus diwaspadai dan dikonsultasikan pada dokter.
  3. Kulit payudara yang mengerut, perubahan ukuran payudara dan perubahan bentuk puting payudara menjadi hal yang wajib dicermati dan dikonsultasikan ke dokter,
  4. Pembengkakan, ruam disekitar puting dan keluarnya cairan bercampur darah dari puting menjadi pertanda awal akan gejala munculnya penyakit kanker payudara ini.

Pengobatan yang dilakukan pada kasus kanker payudara ini disesuaikan dengan tingkatan stadium kanker yang diderita pasien. Pengobatan dengan obat-obatan, operasi pengangkatan sel kanker, operasi pengangkatan payudara (pada stadium lanjut), kemoterapi dan sebagainya.

Mengetahui besarnya resiko yang akan dialami oleh pasien penderita kanker payudara, maka akan lebih baik jika dilakukan tindakan pencegahan dan deteksi dini hadirnya kanker payudara. Cara paling direkomendasikan adalah dengan tindakan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) yang bisa anda konsultasikan pada pihak petugas paramedis dan dokter anda.

Pengobatan kanker secara medis memang arahnya untuk membuang dan mematikan sel kanker. Namun untuk mempercepat kesembuhan, pasien penderita kanker payudara ini perlu juga melakukan upaya lain seperti mengubah gaya hidup yang kurang baik menjadi lebih sehat, menyesuaikan lingkungan tempat tinggal  sekaligus membiasakan diri untuk tidak stres.

Madu, cairan bening hasil produksi lebah dengan sekian banyak kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan, bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk membantu pengobataan pada pasien penderita kanker payudara.

madu untuk obat kanker payudara

Manfaat madu alami diantaranya adalah:

  1. Pasien yang sedang menjalani pengobatan dengan metode kemoterapi membutuhkan pasokan energi yang besar untuk mengimbangi efek negatif dari kemoterapi. Pengobatan dengan metode kemoterapi bukan hanya berefek pada sel-sel kanker saja, namun juga berimbas pada sel-sel sehat yang berada di sekitarnya. Madu memiliki jumlah kalori yang tinggi dalam setiap gram nya, sehingga bisa menjadi sumber energi alami untuk dikonsumsi oleh pasien yang sedang menjalani proses kemoterapi. Pasien kemoterapi sangat rentan akan pengaruh kuman penyakit yang datang pada masa pengobatan. Untuk membantu menahan serangan kuman penyakit ini, mengkonsumsi madu setiap hari sangat dianjurkan. Madu murni memiliki kandungan antioksidan, antiradang, vitamin, mineral dan zat-zat lain yang bisa membantu pasien untuk mengatasi rasa nyeri, meningkatkan ketahanan badan sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel tubuh untuk mempercepat masa penyembuhan.
  2. Madu alami dengan kualitas yang baik memiliki kemampuan untuk memperbaiki metabolisme tubuh hal ini bisa terjadi apabila mengetahui cara memilih madu yang baik dan tidak sembarangan konsumsi. Apabila metabolisme tubuh membaik, maka sistem imunitas / kekebalan tubuh akan meningkat sehingga dapat menahan serangan penyakit yang hadir.
  3. Apabila rutin dikonsumsi, kemampuan madu dalam menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh manusia akan sangat membantu proses penyembuhan kanker payudara. Karena salah satu sebab munculnya kanker payudara adalah karena adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh manusia.
  4. Pada kondisi munculnya luka dan ruam di permukaan kulit payudara, madu asli bisa digunakan untuk mengobati luka yang ada. Karena madu memiliki zat antiinfeksi dan zat-zat lain yang mempercepat sembuhnya luka.

Manfaatkan Madu Untuk Pengobatan Kanker Payudara Sebagai Solusi Untuk Mempercepat Proses Pengobatan

Walaupun ilmu pengobatan dan informasi kesehatan berkembang dengan pesat sehingga banyak pilihan cara pengobatan yang ada, akan lebih baik jika kita mencegah daripada mengobati. Namun bila sudah terlanjur mengalami kanker payudara, madu obat kanker payudara bisa dimaksimalkan setiap hari. Gunakan hanya madu yang terbaik, alami, murni, terjamin kualitasnya dan aman untuk dikonsumsi.

Please Login to Comment.

14 − 4 =