manfaat-madu-untuk-kulit-lebih-indah-dan-terawat

Manfaat madu untuk kulit salah satunya adalah membuat penuh percaya diri dengan kondisi kulit yang kencang. Tampil cantik tak semata harus dengan paras wajah yang rupawan, tak juga harus dengan tubuh yang tinggi semampai. Menjaga kulit agar tetap dalam kondisi baik bisa jadi salah satu faktor kita tampil penuh percaya diri.

Menjaga kulit agar tetap baik sebenarnya bukahlah hal yang merepotkan. Jika semua perawatan tubuh dikembalikan ke alam, maka yang terlihat merepotkan akan mudah untuk dilakukan. Banyak sekali bahan-bahan dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan segala rutinitas yang menguras waktu dan energi, memanfaatkan madu untuk kecantikan adalah solusi yang tepat untuk dilakukan. Tak lagi harus menghabiskan waktu di salon, tetapi bisa dilakukan disela-sela kesibukan.

Dengan banyaknya aktifitas yang kita lakukan, ditambah lagi meningkatnya polusi udara beberapa tahun belakangan, tentu sangat berdampak terhadap kesehatan kulit. Seperti yang kita ketahui, kulit adalah lapisan luar tubuh yang berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam tubuh. Dikarenakan letaknya di lapisan terluar, menjadikan kulit sebagai organ pertama yang terpapar polutan. Zat-zat polutan yang ada di udara dapat terurai menjadi radikal bebas ketika bertemu sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit. Selain itu partikel debu yang ada dalam polutan dapat menutup pori-pori dan berakibat menumpuknya sel kulit mati.

Pori-pori yang tertutup debu inilah yang menjadi awal dari permasalahan kulit. Hal ini berimbas dengan berkurangnya kadar oksigen yang masuk kedalam sel-sel kulit. Tentu hal ini dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen kulit. Padahal kadar oksigen yang cukup dibutuhkan untuk regenerasi sel kulit, produksi kolagen dan elastin untuk mendapatkan kulit yang sehat. Dengan menurunnya kadar oksigen pada sel kulit, maka regenerasi akan terhambat dan melemah dan berakibat pada pembentukan kulit baru yang kurang baik. Hal inilah yang menyebakan masalah-masalah kulit seperti kulit merah dan gatal, kulit kering dan kusam, berjerawat hingga muncul flek hitam.

manfaat-madu-untuk-kulit-lebih-indah

Untuk mencegah dan mengobati masalah kulit ini, maka perawatan rutin mutlak untuk dilakukan. Perawatan di rumah mengatasi masalah kulit dengan madu adalah solusi tepat yang tidak menghabiskan waktu. Lalu, mengapa harus madu? Sudah menjadi rahasia umum, bahwa madu memiliki segudang manfaat. Cairan kental dengan rasa manis ini sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan dan juga pengobatan secara tradisional dan alami.

Secara umum, madu mengandung fruktosa (gula buah), glukosa (karbohidrat), sukrosa (campuran fruktosa dan glukosa). Madu juga mengandung beberapa senyawa yang dianggap sebagai oksidan, chrysin, pinobanksin,vitamin C, katalase dan pinocembrin.

Adapun analisis madu secara umum :

  • Fruktosa (38,2%)
  • Glukosa (31,3%)
  • Maltosa (7,1%)
  • Air (17,2%)
  • Gula paling tinggi (1,5%)
  • Abu (analisis kimia) (0,2%)
  • Lain-lain (3,2%) **

** Sumber : beesource.com

Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental dari air.

Lalu, bagaimana pemanfaatan madu untuk kulit? Berikut beberapa tips sederhana bagaimana kita memaksimalkan manfaat madu untuk kulit.

manfaat-madu-untuk-kulit

  1. Madu Sebagai Pelembab

Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab berkurangnya tingkat kelembaban pada wajah. Pada umumnya, cara cepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pelembab wajah yang banyak dijual dipasaran. Cara cepat yang dianggap mampu menjaga kadar kelembaban wajah. Apalagi dengan masifnya iklan di televisi yang menjual produk pelembab. Padahal kita bisa memanfaatkan cara alami tanpa takut mendapat efek samping dari produk-produk kecantikan yang banyak dijual. Adapun cara penggunaan madu sebagai pelembab wajah adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu. lalu diaduk hingga rata. Kemudian oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 10 menit. Terakhir bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mengatsi masalah kulit kering.

Selain berguna untuk melembabkan wajah, madu juga dapat digunakan untuk melembabkan bibir. Bibir yang pecah-pecah disebabkan kadar kelembaban yang kurang. Caranya pun terbilang mudah. Cukup oleskan madu ke bibir menjelang tidur. Langkah ini bertujuan untuk melembabkan dan melembutkan bibir.

 

  1. Madu Sebagai Pembersih Wajah

Bagaimana mungkin madu digunakan sebagai pembersih wajah? Hal ini sangat mungkin dilakukan. Untuk mengaplikasikan madu menjadi pembersih wajah, kita dapat menjadikannya sebagai masker atau scrub. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Antara lain ; campurkan 1 sendok makan madu, 1 putih telur, 1 sendok teh gliserin (dapat dibeli di apotek), dan 1 sendok teh tepung terigu. Campur semua bahan hingga rata kemudian oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Yang patut kita ingat adalah madu akan membersihkan kotoran dari wajah tanpa mengangkat minyak alami wajah. Tidak seperti sabun wajah yang berpotensi menghilangkan minyak seluruhnya dari wajah.

 

  1. Madu Mengatasi Kulit Kaki yang Kering dan Pecah-Pecah

Ternyata madu juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan telapak kaki yang pecah-pecah. Caranya pun terbilang mudah. Kita bisa mencampurkan 2 gelas susu hangat dan segelas madu (dengan perbandingan 2:1) ke dalam baskom. Setelah itu, rendam kedua kaki ke dalam baskom selama 15 menit sambil kaki diurut-urut. Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan kulit siku, lutut, tangan atau bagian-bagian tubuh lain yang ingin menjadi lebih lembut.

 

  1. Madu Memelihara Kulit Kepala

Rambut rontok salah satu penyebabnya adalah kulit kepala yang cenderung kering. Jika hal ini dibiarkan saja tanpa ada upaya mengobatinya, maka akan beresiko rambut mengalami kerontokan. Dan bukan tidak mungkin berakibat pada kebotakan. Namun jangan khawatir, Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan madu. Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup larutkan segelas madu ke dalam air. Gunakan untuk membasuh kepala disertai dengan pijatan-pijatan lembut.

 

  1. Madu Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Sebagus apapun rupa seseorang, ia seolah menguap saat ada bintik-bintik jerawat yang berjejer memenuhi wajah. Jerawat biasanya disebabkan oleh kadar minyak yang berlebih pada wajah. Untuk mengatasi jerawat yang kehadirannya sangat tidak diharapkan dapat menggunakan madu, dengan cara mencampurkannya dengan sedikit bubuk kayu manis. Dengan takaran satu sendok makan madu. Setelah itu, usapkan pada bagian yang berjerawat atau noda jerawat. Diamlan selama satu malam dan bersihkan di pagi hari. Pemakaian sebelum tidur sangat dianjurkan selam proses mengobati jerawat. Lakukan berulang-ulang selama satu minggu.

Tips-tips diatas layak dicoba. Ditengah semakin maraknya penggunaan zat-zat kimia pada makanan atau obat-obatan, sudah saatnya kita kembali ke alam. Menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat madu untuk kulit adalah salah satu dari sekian banyak pemanfaatan tersebut. So, back to nature……

 

SALAM SEHAT..!!

Please Login to Comment.

5 × 3 =