Manfaat madu untuk sakit tenggorokan memang belum banyak diketahui orang, padahal efektifitas madu dalam mengobati sakit tenggorokan terbukti sangat baik dibandingkan dengan obat tenggorokan alami lainnya. Seperti dilansir dari penelitian Royal Australian College of General oleh seorang dokter yang bernama Ronald McCoy, dia
menyebutkan telah banyak penelitian yang memberikan bukti bahwa dengan mengonsumsi satu sendok makan madu dapat mengurangi iritasi pada saluran tenggorokan.

manfaat madu untuk sakit tenggorokan yang terbukti ampuh

Bahkan The World Health Organisation atau sering dikenal dengan WHO merekomendasikan penggunaan madu untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk bagi penderita di negara berkembang. Hasil studi di Amerika pada tahun 2012 kepada 300 responden menunjukkan madu memiliki efektifitas yang jauh lebih baik daripada pengobatan biasa berbahan herbal.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat madu, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebab dari sakitnya, supaya kita dapat menyesuaikan dosis atau aturan yang tepat dalam mengonsumsi madu untuk pengobatan sakit tenggorokan.

Apa Saja sih Manfaat Madu untuk Sakit Tenggorokan?

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri pada saluran napas. Penderita penyakit tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri biasanya sudah tertular 2-7 hari sebelum rasa sakit itu terasa.
Adapun gejala yang ditimbulkan oleh kedua faktor ini akan berbeda, untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya bersifat lebih ringan.

Gejala sakit tenggorokan yang diakibatkan karena bakteri :
1. Rasa sakit pada tenggorokan saat menelan.
2. Kelenjar leher terjadi pembengkakan.
3. Adanya bercak putih dan kemerahan pada bagian tenggotokan.
4. Demam tinggi atau suhu badan meningkat, terkadang disertai dengan menggigil di malam hari.

Sedangkan gejala yang disebabkan oleh virus antara lain :
1. Tenggorokan terasa kering dan gatal.
2. Sering bersin dan suara menjadi serak (parau) yang diakibatkan oleh batuk-batuk.
3. Biasanya tidak disertai demam, meski ada pula sebagian orang yang mengalaminya.

Jika demam yang diakibatkan oleh sakit tenggorokan tak kunjung sembuh dalam jangka lebih dari satu minggu, biasanya menjadi indikator kondisi yang lebih serius, seperti :

  • Epiglotitis : infeksi atau radang pada lipatan jaringan belakang tenggorokan (epiglotis) yang berada di bawah lidah. Hal ini bisa menyebabkan terhambatnya pernapasan.

apa saja sih manfaat madu untuk sakit tenggorokan

  • Infeksi mononukleosis : infeksi yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV) yang ditandai dengan sakit tenggorokan parah, demam yang tak kunjung menurun, dan pembesaran pada kelenjar getah bening.
  • Abses peritonsiler : Radang bernanah yang terjadi di antara langit tenggorokan dengan bagian sekitar tonsil (amandel).

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, madu dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meringankan sakit tenggorokan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya  selalu menyediakan madu di rumah Anda untuk suplemen harian yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan membantu menyembuhkan apabila terserang sakit.

Tidak perlu diragukan lagi kandungan nutrisi di dalam madu yang sangat banyak dan mengandung antioksidan alami ini juga berkhasiat sebagai antimikroba yang dapat  membantu menghambat menyebarnya virus ataupun bakteri pada tenggorokan. Madu juga mengandung zat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengobati peradangan akibat sakit tenggorokan.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba agar kita lebih bisa melakukan antisipasi terhadap penyakit tenggorokan yang lebih serius dan supaya khasiat madu dalam mengatasi sakit tenggorokan bisa tersinergi dengan baik.

Bagaimana Agar Manfaat Madu untuk Sakit Tenggorokan Dapat Kita Optimalkan?

Sakit tenggorokan memang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman penderitanya, selain sakit untuk menelan, tentu juga berpengaruh terhadap selera makan. Penggunaan madu untuk meredakan sakit tenggorokan dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain agar lebih optimal dalam menyembuhkan, antara lain :

manfaat madu untuk sakit tenggorokan

  1. Ramuan teh dan madu : Sakit tenggorokan dapat diatasi dengan mengonsumsi teh dari jenis chamomile dicampur dengan 2 sendok makan madu asli, perpaduan 2 bahan ini dipercaya dapat mengurangi sakit akibat radang.
  2. Ramuan Jahe dan madu : Tentu tidak asing lagi di telinga kita tentang khasiat jahe yang bersifat ekspektoran, yang artinya dapat membantu meluruhkan lendir dari sistem pernapasan. Radang pada tenggorokan biasanya akan menimbulkan produksi lendir berlebih pada saluran napas. Jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar  oksigen ke dalam sel-sel tubuh, menghangatkan tubuh, membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya pun sangat mudah, potong beberapa ruas jahe dan memarkan. Kemudian seduh dengan air panas mendidih sebanyak satu gelas, tunggu sampai hangat-hangat kuku , lalu campurkan dengan 2 sendok makan madu hutan asli.
  3. Ramuan madu dengan lemon : Perasan air lemon yang dicampurkan dengan madu juga sangat efektif dalam mengatasi sakit tenggorokan. Lemon berfungsi sebagai pengencer dahak dan pelega tenggorokan, juga kandungan vitamin C yang banyak terdapat dalam lemon sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh secara alami. Kombinasi kedua bahan ini dapat dikonsumsi 2x sehari selama proses penyembuhan.
  4. Ramuan belimbing dan madu : Buah yang sering dijuluki sebagai buah bintang ini ternyata juga berkhasiat untuk meringankan sakit tenggorokan. Tentu karena kandungan  vitamin C yang terdapat di dalamnya. Cara membuat ramuan belimbing ini pun sangat mudah, yakni dengan mencampur satu gelas jus belimbing dengan 2 sendok makan madu asli. Lebih disarankan untuk menggunakan belimbing yang masih hijau (belum matang sempurna).

Sebaiknya ramuan-ramuan di atas segera dikonsumsi setelah pembuatan, upayakan memilih bahan yang masih segar, agar mendapat kandungan vitamin yang sempurna. Dianjurkan dengan dosis 2x sehari, dapat dilakukan ketika sebelum tidur, maupun pagi hari setelah bangun tidur. Dapat juga mengonsumsinya saat siang hari, namun beri jeda waktu 1 -2jam setelah makan.

Selain keempat ramuan madu di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sakit tenggorokan tidak bertambah parah :

madu mengobati sakit tenggorokan

  • Perbanyak minum air putih hangat. Tubuh memerlukan ion atau cairan yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi yang nantinya dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak bertenaga, apalagi saat sakit tenggorokan. Mengonsumsi air putih hangat sebanyak 2 liter per hari dapat melegakan tenggorokan kering.
  • Hindari mengonsumsi minuman dingin, karena minuman dingin justru akan memperparah peradangan.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Hindari makanan pedas dan berminyak.
  • Hindari makanan berkalori tinggi seperti daging, telur, susu, dan ayam.
  • berkumur dengan air garam. Air garam dikenal sebagai antiseptik alami untuk menghilangkan kuman dan bakteri dalam mulut. Garam dapat menarik air dari sel membran mukus, sehingga dapat membantu meredakan radang pada tenggorokan dan mencegah terjadinya infeksi yang lebih luas.
  • Hindari merokok dan menjauh dari pengguna rokok.
  • Istirahat yang cukup.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat. Uap air hangat dapat membantu melembabkan tenggorokan kering (iritasi) dan membantu meredakan sumbatan pada pernapasan.
  • Hindarkan diri dari bahan dan zat yang dapat mengiritasi tenggorokan, seperti parfum kimia, penyegar ruangan, cairan pembersih, dan lainnya.

Dengan lebih mengetahui manfaat madu untuk sakit tenggorokan dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengobatan, semoga membantu bagi Anda yang ingin menyembuhkan sakit tenggorokan secara alami, mudah, dan aman.

Please Login to Comment.

13 + nine =