Awali hidup anda dengan membiasakan minum madu di pagi hari. Membiasakan diri minum madu adalah hal yang sangat menguntungkan bagi mereka yang mengkonsumsi dengan rutin. Madu memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa orang terkadang masih minum madu dan air secara terpisah. Padahal khasiat minum madu dicampur air tak kalah penting bagi kebaikan tubuh. Kandungan dalam madu sangat bagus untuk kesehatan. dalam madu ada antiseptic yang luar biasa. yaitu berupa “hydrogen peroksida” yang akan bereaksi bila madu dilarutkan dalam air putih. Fungsi dari hydrogen peroksida ini adalah untuk membersihkan virus dan pantogen lainnya dari mulut hingga usus. Mengkonsumsi madu setiap hari tentunya tidak ada masalah. tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Yang tidak baik ketika minum madu itu ketika kita berlebih-lebihan dalam mengkonsumsinya.

Minum Madu Setiap Pagi Baguskah Untuk Kesehatan?

Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan madu. terlebih lagi untuk dunia kesehatan. banyak sekali manfaat yang terdapat dalam madu. khasiatnya pun beragam. karena itu sudah tentu madu bagus untuk dikonsumsi. seperti yang terpapar di atas. yang tidak baik dari madu adalah ketika kita mengkonsumsinya berlebih-lebihan tanpa aturan pakai. Madu dalam pemakaiannya ada aturan tertentu. menyesuaikan dengan usia. untuk usia dewasa dianjurkan minum madu 100 hingga 200 gram perharinya. minum madu 3 kali sehari yaitu pada waktu pagi sebanyak 30 sampai 60 gr, kemudian pada waktu siang 40 gr sampai 80 gr, dilanjutkan waktu malam sebanyak 30 sampai 6o gr. Madu sebaiknya diminum dengan dicampur air hangat, jangan menggunakan air panas. Hal ini akan menghilangkan kandungan enzim yang ada di dalam madu. Untuk takaran madu, karena tidak semua orang sempat untuk menakar jumlah madu yang akan diminum cukup gunakan 1st di pagi hari.

Madu yang dicampur dengan air, akan mudah dicerna sampai ke peredaran darah, ke jaringan dan masuk dalam sel-sel tubuh.

Manfaat Minum Madu Pagi Hari

Minum madu secara rutin setiap pagi memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tubuh tentu membutuhkan makanan terbaik untuk menjaga keseimbangan dalam asupan yang masuk kedalam tubuh. Tubuh sehat siapa yang tak menginginkannya? tentu menjadi dambaan setiap orang. berikut ini beberapa manfaat bagi anda yang rutin mengkonsumsi madu pagi hari.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

madu dicampur dengan air merupakan penguat bagi sistem metabolisme dalam tubuh. Makanan yang masuk kedalam tubuh akan dicerna dan diserap dengan cepat.

  1. Detoksidikasi racun dalam tubuh

madu dicampur dengan air hangat serta lemon memiliki efek detoksifikasi pada tubuh. Membantu membuang racun dari sistem pencernaan. itu sebabnya, minuman ini menjadi bagian dari detoksifikasi.

  1. Menurunkan berat badan

menjadi kabar gembira ini buat anda yang ingin menurunkan badan. Madu memiliki rasa yang manis ini menjadi salah satu penurun berat badan. gula yang terdapat dalam madu itu gula alami yang menyediakan kalori sehat. karena itu, minum madu dengan air hangat secara teratur dapat mengekang asupan kalori dan membantu menghilangkan lemak yang terdapat dalam perut dengan mudah. hal ini tentu dibarengi dengan menjaga makanan yang dikonsumsi setiap hari.

  1. Kulit Cerah

madu memiliki beberapa sifat antibakteri dan anti jamur. minuman ini membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah anda dari jerawat. selain itu, minuman campuran madu dan air hangat juga bisa membantu mendapatkan kulit yang cerah dan sempurna.

  1. Mencegah sakit jantung

Kandungan flavonoid dan anti-oksidan yang terdapat dalam madu membantu dan mencegah resiko jantung. Hasil penelitian menyatakan bahwa madu murni berkualitas menurunkan tingkat proses oksidasi kolesterol tidak baik dalam darah manusia. Proses oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh mempunyai efek tidak baik yaitu stroke dan jantung.

  1. Mengatasi sembelit

Hal utama sembelit adalah karena kurangnya air dalam tubuh. Minumlah segelas air hangat dengan madu secara rutin di pagi hari saat bangun tidur dan tentunya dalam keadaan perut masih kosong. cara ini meningkatkan gerakan usus dan membantu menyembuhkan masalah sembelit, serta sakit yang terkait dengan hal tersebut.

  1. Mengobati batuk dan pilek

Dengan adanya perubahan musim, anak-anak lebih rentan terserang batuk dan pilek.

Meminum segelas air madu dan hangat dapat membangun perisai terhadap bakteri penyakit. Selain itu, madu juga membantu mencairkan dahak dan mengeluarkannya dari sistem tubuh. Dengan hal tersebut, anda bisa bernafas dengan lega.

Membiasakan Mengkonsumsi Madu Setiap Pagi

Menerapkan gaya hidup sehat berdampak positif bagi seluruh butuh. Kebiasaan sehat yang dilakukan setiap pagi secara tidak langsung akan memberi energi positif bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari.

  1. Bangun lebih awal

bangun lebih awal dari kebanyakan orang merupakan kebiasaan sehat yang sebaliknya anda terapkan. bangun tidur lebih awal, anda dapat memiliki banyak waktu untuk olahraga. jika anda bangun tidur 15 menit sebelum memulai aktivitas, maka anda telah kehilangan banyak manfaat positif yang seharusnya anda peroleh.

  1. minum air putih dan Madu

Tidur selama 6 hingga 8 jam per malam, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. maka dari itu, Jadikan minum air putih sebagai prioritas utama yang sebaiknya dilakukan rutin. Biasakan setiap pagi konsumsi madu dan air putih.

  1. Minum air lemon hangat dan madu

Sebagaian orang sering merasakan tidak nyaman pada bagian perut di pagi hari. untuk mengatasinya, gunakan lemon dan air hangat dicampur madu. minuman ini bisa melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan usus anda.

  1. Olahraga

Gunakan waktu pagi anda untuk jogging, bersepeda atau olahraga ringan lainnya. membiasakan olahraga di pagi hari akan menjaga tubuh anda tetap bugar dan membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

  1. Mandi

Mandi di pagi hari setelah bangun tidur dinilai sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Hal ini akan lebih baik lagi jika mandi dengan air dingin, karena beberapa penelitian bahwa mandi menggunakan air dingin mampu membangunkan syaraf-syaraf di tubuh dan melancarkan aliran darah.

  1. Sarapan Pagi
    Sarapan pagi akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan meningkatkan memori otak. sarapan sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Sarapan pagi terntunya dengan memilah makanan-makanan yang sehat.
  1. Minum Jus

Jangan membiasakan di pagi hari dengan minuman berkafein seperti the atau kopi. Minuman berkafein memang merangsang otak, namun tidak berdampak signifikan bagi tubuh. Sebagai gantinya, minumlah jus buah seperti jus jeruk.

kesimpulan mengkonsumsi madu di pagi hari

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada begitu banyak manfaat yang didapat ketika kita rutin minum madu di pagi hari. Oleh karena itu, sudah saatnya anda merutinkan minum madu dan selalu menyediakan madu di dalam rumah untuk kesehatan keluarga.

Please Login to Comment.

fourteen − one =