Punya berat badan yang ideal adalah dambaan semua orang. Bahkan ada beberapa orang yang melakukan diet ekstrim guna menurunkan berat badannya. Diet itu sendiri bukanlah tidak memberikan asupan makanan selama satu atau beberapa hari. Diet juga bukanlah satu satunya cara untuk menurunkan berat badan. Ada cara lain seperti olahraga.

 

Diet sendiri diartikan sebagai menjaga asupan makanan dan minuman sehingga kecukupan gizi dihasilkan setiap harinya. Diet sendiri bukan hanya untuk menurunkan berat badan, menambah berat badan juga perlu melakukan diet

tubuh-ideal-refillmadu-com-0823-6638-0788

 

Diet yang dilakukan perlu memperhatikan beberapa hal, seperti : usia, aktivitas, berat badan, dan kesehatan. Ada beberapa orang yang mengetahui cara diet yang tepat, namun banyak juga yang tidak tahu. Diet yang sehat adalah diet yang menjaga asupan nutrisi terutama penghasil kalori akan tetapi nutrisi yang lain juga harus tetap mencukupi kebutuhan gizi setiap harinya.

 

Ada 3 hal yang saya kerjakan saat saya dalam proses diet. Ketiga hal tersebut akan terbagi menjadi 3 artikel. Sejatinya tulisan ini adalah ebook yang saya pecah menjadi 3 artikel untuk mengisi web refillmadu.com.

 

Dalam artikel pertama ini saya akan menceritakan tentang MIND SET.

 

TERKAIT MINDSET

 

Terlalu banyak mitos yang kita yakini sejak kecil, terkait dengan makanan. saat kecil kita sering dicekoki orang tua kita bahwa:

 

  • kalo gak makan nasi artinya belum makan.
  • gak kenyang kalo gak makan nasi.
  • makan harus tiga kali sehari,
  • kalo gak makan nanti pusing dan lain lain.

 

Tapi ternyata saat kita TIDAK TERLALU PERCAYA dengan itu, TUBUH KITA BAIK BAIK SAJA. Kalau di keluarga istri saya, ada kepercayaan bahwa kalau pagi harus minum teh manis, saat sahur harus minum kopi susu, biar ada tenaga, sayangnya saya dulu dari kecil tidak punya kebiasaan seperti itu, jadinya ya…biasa aja kalo pagi gak minum teh manis atau sahur gak minum kopi susu.

 

nah, PROGRAM PERTAMA yang harus anda lakukan saat ini adalah mengubah mindset anda tentang makan. Jangan lagi berpikir bahwa makan itu harus 3 kali. harus makan nasi baru kenyang dan mitos lainnya. saya justru meyakini apa yang ajarkan nabi Muhammad SAW, bahwa makanlah saat sudah lapar, dan berhenti sebelum kenyang.

Jadi, ternyata makan itu gak mesti harus ada waktunya, gak mesti harus tiga kali, bahkan kalau perlu anda untuk makan lebih sering. makanlah saat memang tubuh sudah merasa lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. jadi dalam sehari anda bisa makan sekali, dua kali atau bahkan berkali kali. cuma syaratnya berhenti sebelum kenyang. mengenai porsi makanannya nanti akan kita singgung di bagian kedua yaitu eat management.

Jadi, sudahkah anda kumpulkan mitos – mitos tentang makan yang selama ini salah dan menyulitkan anda. Terutama setelah dikomparasikan dengan apa yang di ajarkan Nabi SAW?

Berhenti meyakini bahwa yang dikatakan makan itu ketika kita sudah ketemu nasi, belum ketemu nasi belum sah. Ini menyesatkan sekali, memang nasi sebagai sumber karbohidrat utama menjadi sumber energi yang utama dalam tubuh, tapi karbohidrat yang baik untuk tubuh justru bukan nasi, tapi sumber makanan yang mengandung karbohidrat lengkap.

Nah, mulai saat ini ubah dan tanamkan pemikiran yang baru. bagaimana menanamkan pemikiran yang baru? untuk itu ada bahasan khusus lagi dan tidak di bahas di sini. agak panjang soalnya. hihi

Ini hal pertama yang saya lakukan saat memulai program diet dan hasilnya lumayan.

 

=====

 

selanjutnya kita akan bicara soal Eat Management.

Please Login to Comment.

twenty − 8 =