Honey Comb Madu Sarang

Sekitar 10 bulan yang lalu, saya bersama seorang teman memulai project untuk menaikkan web ini ke halaman pertama google. Lalu dipilihkan kata kunci utama untuk dioptimisasi. kami memilih kata kunci : distributor madu. pemilihan kata kunci utama ini memang tanpa riset, hanya terlintas saja. Karena dengan mendengar kata distributor madu, maka asosiasinya bagus di benak konsumen.

Tidak butuh waktu lama untuk mendongkrak kata kunci ini ke halaman pertama. Sekitar 1,5 bulan sudah masuk di halaman pertama. Strategi yang dipakai juga sangat sederhana, yaitu dengan mengandalkan artikel dengan panjang minimal 1000 kata.

Nah, mulai saat itu masuklah beberapa telepon ke nomor 0823 6638 0788. Senang? jelas.

Tujuan web ini dibuat selain sebagai “kartu nama” online, kami juga bertujuan untuk melakukan konversi penjualan di web ini. Untuk itulah kami coba lengkapi fitur seperti cart, perhitungan ongkos kirim hingga membership untuk memudahkan konsumen melakukan pembelian.

baca : cara berbelanja di refillmadu.com

Namun, ada beberapa catatan yang akhirnya kami catat dan semoga ini menjadi pelajaran untuk kita semua.

Pertama, kata kunci distributor madu ternyata memiliki makna ganda. Makna pertama adalah dibenak konsumen, web ini adalah usaha yang besar (dan kami sedang menuju ke sana). Sedangkan makna kedua adalah kami bertindak sebagai pengepul/ penadah madu dalam partai besar. Sehingga beberapa petani madu hutan, menelpon, sms untuk menawarkan produk mereka.

Dalam catatan kami, tawaran madu datang dari wilayah Sumatera Utara sendiri (dari daerah tapanuli utara dan selatan), madu dari daerah Sumatera Barat (daerah pesisir selatan),  Madu dari daerah Riau dan dari daerah Jambi. Untuk daerah Jambi mereka menawarkan madu dari bunga akasia.

Seperti kami sampaikan di halaman depan, kami benar – benar menjaga keaslian madu yang kami jual. Untuk itu, kami tidak berani asal menerima suplier. Apalagi yang menawarkan harga sangat murah.

Beberapa dari mereka kami minta sampel, namun sampai hari ini hanya 1 orang yang berani mengirimkan sampelnya ke alamat kami di medan.

Lokasi kami dilihat dari Google Maps

Peta Lokasi refillmadu.com

 

InsyaAllah ada kawan lain yang menawarkan madu dari hutan darmasraya sumatera barat dan madu dari mesir. Menarik sepertinya, saat ini kami sedang menunggu sampel yang katanya sedang dijalan.

Balik lagi ke kata kunci distributor madu, rasanya menarik nih mempelajari SEO. Walau kadang untuk menaikkan satu artikel butuh waktu yang tidak sedikit. Hanya tinggal mengulangi pola yang ada saat ini.

Peluang Agen dan Reseller

Dengan memposisikan diri sebagai distributor madu, kami juga menawarkan kepada kawan – kawan untuk menjadi agen dan reseller. Untuk agen mesti mengambil minimal 15 kg madu, sedangkan untuk reseller cukup pernah membeli salah satu produk di refillmadu.com dan mendaftarkan diri sebagai member (gratis).

Untuk reseller kami juga melayani dropship, dikirim dari Medan, sehingga memudahkan kawan kawan yang ingin punya usaha namun tidak mau repot mengurusi stok dan pengemasan.

Ada cerita menarik tentang reseller madu ini, kawan kami adalah seorang guru di sebuah SMP. Ia ingin menjadi reseller tapi tidak percaya diri, dengan alasan “tidak pandai jualan”.

Waktu itu, kami cuma mengatakan  :

“Letakkan saja madunya di meja kerja, kalau memang tidak laku, tidak apa apa, kembalikan saja barangnya.”

Dan alhamdulillah, dalam 1 hari, habis madunya. Kemudian beliau order lagi, alhamdulillah dalam 3 minggu berhasil menjual hingga 10 kg. Dengan keuntungan xx ribu, maka keuntungannya tembus angkar ratusan ribu. Untuk yang mengaku tidak pandai jualan, jelas ini adalah prestasi yang bagus bukan.

Jadi dalam cerita hari ini, saya membagikan 2 hal, pertama strategi seo yang kami pakai web ini, sehingga mampu bertengger dihalam pertama google dengan kata kunci distributor madu. Selain karena memang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi, kualitas konten yang hasilkan oleh tim kami cukup bagus. PR kami selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan konversi di web.

Hal kedua adalah cerita soal reseller yang mengaku tidak pandai jualan, tapi mampu menjual hingga 10kg dalam waktu 3 minggu. Trik ini dapat juga anda gunakan di tempat kerja anda. Namun, saya tetap menyarankan untuk tetap serius bekerja, jika memang saat ini masih bekerja di perusahaan orang lain, jangan mendua…hehe

Mungkin itu dulu ya, semoga sharing ini bermanfaat.

Salam dari kami

Bag Kinantan, founder refillmadu.com

Please Login to Comment.

1 × 2 =