menikmati madu dan kopi

Kopi memang saat ini sedang booming, hampir setiap sudut kota ada orang membuka gerai seduh kopi. mulai dari bangunan permanen hingga Cuma gerobak kecil. Ditengah boomingnya kopi itu terselip cerita, kami menjadi pemasok madu salah satu kede kopi d kota medan. Madu ini akan mereka gunakan sebagai campuran untuk produk espresso dan jadilah salah satu produk best seller mereka : espresso madu.

Kopi, selain dikenal sebagai sumber caffein yang bisa bikin mata melek dan kepala terus berputar. Ternyata memiliki banyak manfaat yang belum banyak orang mengetahuinya. Tapi, beberapa manfaat ini mungkin akan sedikit berbeda dengan apa yang kawan – kawan temukan selama ini.

Berhubung saya menjual madu, saya coba telusuri beberapa pendapat, madu dan kopi memiliki manfaat yang positif bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

Kopi dan madu memiliki manfaat sebagai “obat tidur”

Saya yakin kawan – kawan bakal sedikit terkejut. Bagaimana mungkin kopi yang dikenal dengan kandungan caffein justru memiliki manfaat sebagai obat tidur? Begini kawan, kopi secara umum memiliki dua varian, arabica dan robustra.

Menurut kawan seorang pengusaha kopi (eksportir) mengatakan bahwa “kopi enak itu justru bikin enak tidur bang” begitu kata beliau saat saya berkunjung ke rumahnya.

Harus saya akui bahwa kalau sudah nikmati kopi jenis arabica, bisa dipastikan lebih cepat ngantuk. Berbeda memang dengan kalo kita minum yang jenis robusta. Coba aja rasain bedanya.

Nah, Madu ternyata memiliki manfaat yang sama. Madu itu membantu menurunkan tingkat stress. Artinya membuat pikiran kita lebih rileks. Orang kalau pikirannya penuh dengan pikiran yang membuat stress, biasanya sulit tidur. Coba tenangkan dengan madu.

Baca juga : khasiat madu untuk tidur nyenyak meningkatkan kualitas kesehatan

kenapa mengkonsumsi madu sebelum olahraga menjadi bahasan menarik

Kopi dan Madu memiliki manfaat sebagai “Fat Burner”

Dulu waktu masih aktif di twitter, sering ikuti kultwit dari salah satu dokter. Dan yang saya dapatkan waktu itu salah satunya adalah bagi yang ingin menurunkan berat badan dan membutuhkan suplemen alami, maka madu dan kopi adalah fat burner (pembakar lemak) alami yang beliau rekomendasikan.

Kapan konsumsinya? Sebelum olahraga.

Nah, buat kawan – kawan yang pengen kurangi berat badan, boleh juga untuk mulai merutinkan mengonsumsi madu atau kopi sebelum berolahraga, tujuannya agar pembakaran lemak tubuh kita menjadi lebih cepat.

Baca juga : Mengkonsumsi madu sebelum olahraga

Mengombinasikan kopi dan madu

Sebenarnya masih ada beberapa manfaat lain, insyaallah akan dilanjutkan pada tulisan berikutnya. Untuk anda yang hobi ngopi, bisa juga dicoba mengganti gula yang biasa anda gunakan dengan madu. Dulu saya sempat ragu merekomendasikan madu sebagai teman kopi, karena salah seorang yang barista pernah mengatakan bahwa ia belum menemukan komposisi yang pas saat mencampurkan madu dengan kopi.

Tapi beberapa waktu ini setelah kami menjadi pemasok kede kopi, madu plus kopi ternyata memiliki rasa yang unik. Di satu sisi aroma kopi tidak hilang, disisi yang lain rasa asam dan pahit kopi diserap manis madu, namun kopi secara umum tidak berubah jadi manis.

Tapi, saya menemukan beberapa orang tidak mau mengonsumsi kopi atau madu dikarenakan ada asam lambung. Dikhawatirkan akan menaikkan asam lambung saat mengonsumsinya. Memang kopi dan madu ini ada asam – asamnya, ini yang sering kali membuat takut. Setahu saya, jika konsumsi berlebih yang akan menyebabkan efek negatif, kalau sedikit – sedikit, tak perlulah terlalu takut. Kalau sudah dirasa lain tinggalkan. hehe

Baca juga : madu dan asam lambung

Ini sebagian manfaat yang dapat kawan – kawan rasakan jika nanti mulai mengubah cara minum kopi. Pada awalnya menggunakan gula/ susu kental manis, beralih menggunakan madu sebagai pemanisnya.

 

Please Login to Comment.

5 × two =