0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

7 MANFAAT MADU UNTUK IBU HAMIL

Manfaat madu untuk ibu hamil sudah banyak yang membuktikannya. Meskipun ada sebagian orang yang mengkuatirkan efek samping yang dialami apabila wanita yang sedang hamil mengkonsumsi madu, namun sejauh ini lebih banyak yang membuktikan manfaatnya.

Kehamilan pasti membawa beragam respon dari ibu hamil berikut keluarganya. Proses kehamilan yang dialami wanita itu sendiri sudah tentu akan membawa perubahan besar secara hormonal maupun perubahan kebutuhan nutrisi dan perubahan penampilan.

Kondisi yang dialami oleh masing-masing wanita berbeda-beda. Ada yang mengalami morning sickness, mual, muntah dan gejala alergi yang timbul semenjak awal kehamilan, meskipun ada pula yang tidak mengalaminya.

7 manfaat madu untuk ibu hamil

Yang perlu dipahami adalah saat seorang wanita dalam kondisi hamil, otomatis akan terjadi peningkatan kebutuhan nutrisi akibat adanya janin yang sedang berkembang di dalam rahimnya. Pertumbuhan janin sangat tergantung pada asupan nutrisi seimbang yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Dipengaruhi pula oleh kondisi psikis yang dialami oleh ibu hamil. Jika sebelum kehamilan, sang ibu terbiasa makan sesukanya, maka setelah mengalami kehamilan, harus mulai mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat.

Makanan sehat dan seimbang mutlak dibutuhkan, begitupula dengan suplemen alami yang dapat membantu menjaga kondisi kesehatan ibu hamil berikut janinnya. Contohnya selalu menyediakan madu alami yang terjaga kemurnian dan keamanannya untuk dikonsumsi perhatikan betul darimana sumber madu murni tersebut agar lebih besar khasiatnya.

Perubahan demi perubahan akan memunculkan konsekuensi baru bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin yang tumbuh di dalam rahimnya. Untuk itulah diperlukan informasi yang jelas tentang manfaat madu untuk ibu hamil dan janinnya. Begitu banyak zat yang terkandung dalam madu yang memiliki keunggulan dan  khasiat bagi wanita yang sedang menjalani proses kehamilannya hingga saat kelahiran tiba.

baca juga: Memilih Madu Yang Baik

manfaat madu untuk ibu hamil

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

  1. Meningkatkan stamina, kekebalan tubuh, mengatasi insomnia dan mencegah keguguran.
    Kehamilan yang memiliki rentang waktu normal hingga 40 minggu tentu saja membutuhkan stamina yang sangat prima. Rasa mual, gangguan nafsu makan, beban berat badan yang meningkat sekaligus aktifitas rutin tentu saja akan lebih menguras energi dan mempengaruhi stamina badan ibu hamil.Madu mengandung Thiamin, Riboflavin, Asam Askorbat, mineral, antibakteri, antioksidan dan zat-zat lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menjaga stamina badan.Kondisi hamil seringkali menimbulkan gangguan istirahat malam (insomnia). Vitamin B6 pada madu memiliki efek relaksasi otot, mengendorkan ketegangan otot badan, sehingga membantu ibu hamil untuk lebih nyaman dalam beristirahat. Vitamin K yang ada dalam kandungan madu, juga membantu mencegah terjadinya keguguran pada janin
  2. Mengurangi efek Morning Sickness.
    Sebagian ibu hamil pada awal kehamilan mengalami gejala mual dan muntah di pagi hari, atau yang lebih dikenal dengan istilah Morning Sickness. Ada yang hanya mengalaminya di pagi hari, ada pula yang mengalaminya sepanjang hari. Sehingga sangat mempengaruhi jalannya aktivitas sehari-hari.Mual disertai muntah akan menimbulkan rasa tidak nyaman sekaligus melelahkan.Gejala ini secara normal akan menghilang di bulan ketiga. Perkiraan penyebab gejala ini adalah kehamilan yang pertama kali, mengandung janin kembar, obesitas, adanya stress pikiran, maupun adanya riwayat keturunan dalam keluarga dan penggunaan obat-obat kontrasepsi sebelum masa kehamilan.Ibu hamil yang mengalami gejala morning sickness bisa mengatasinya dengan minum air hangat yang dicampur dengan madu murni di pagi hari sebelum perut terisi makanan, baik juga bila air madu hangat itu dicampur dengan jahe yang berkhasiat menghangatkan badan dan baik untuk pencernaan. Sering-seringlah minum di waktu-waktu lain untuk menghindari dehidrasi. Selain itu jaga pola makanan sehat , konsumsi makanan sedikit demi sedikit untuk mengurangi resiko munculnya rasa mual, gunakan pakaian yang nyaman dan jaga ketenangan pikiran selama hamil.

Baca Juga: Diet Sehat dengan Madu

madu untuk ibu hamil

  1. Mengurangi rasa mual akibat naiknya asam lambung.
    Keberadaan janin dalam perut akan mendorong organ-organ bagian dalam ke atas, sehingga meningkatkan resiko naiknya asam lambung dari dalam lambung ke kerongkongan yang bisa mengakibatkan rasa pahit dan seperti terbakar pada kerongkongan dan mulut akibat iritasi dari asam lambung yang bersifat keras.Pada saat efek naiknya asam lambung yang lebih berat, bisa terjadi gejala sesak nafas.Madu alami mengandung zat anti peradangan yang baik untuk diminum ibu hamil untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi sekaligus membantu melindungi dinding saluran pencernaan dari kemungkinan iritasi lebih lanjut.
  2. Mengatasi anemia pada ibu hamil.
    Anemia seringkali dialami oleh wanita yang sedang mengandung.Pada taraf ringan gejala anemia seringkali diabaikan, namun saat anemia sudah terlalu berat, akan muncul sakit kepala, badan terasa gatal-gatal, indera perasa mengalami gangguan, rambut rontok, lekas lelah, pernapasan terasa sesak, dan denyut jantung tidak teratur.Anemia yang dialami wanita hamil ini sangat mempengaruhi perkembangan janin. Karena saat seseorang mengalami kurang darah, maka supply oksigen yang diperlukan tubuh dan janin akan berkurang, sehingga membahayakan perkembangan janin.Kekurangan darah yang dialami ibu hamil bisa memicu kelahiran bayi prematur dan meningkatkan kemungkin stres pasca melahirkan.Untuk itulah ibu yang sedang mengandung membutuhkan pasokan zat besi (Fe) untuk meningkatkan produksi sel darah merah.Madu alami memiliki kandungan zat besi yang dapat digunakan sebagai solusi yang aman bagi ibu hamil yang mengalami anemia. Penyerapan zat besi pada tubuh akan lebih maksimal dengan bantuan vitamin C. Madu murni mengandung asam askorbat (vitamin C) yang dapat membantu penyerapan zat besi.

manfaat madu untuk kesehatan janin

  1. Membantu perkembangan fisik dan mental janin dan menghindarkan resiko cacat pada janin.
    Kandungan asam folat, kalsium dan magnesium pada cairan bening hasil olahan lebah berperan dalam pembentukan sel darah merah pada bayi, jaringan sel, rambut dan perbaikan DNA bayi.
  2. Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki metabolisme tubuh.
    Konsumsi madu secara teratur dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh termasuk metabolisme pencernaan. Apabila rasa mual yang dialami ibu hamil bisa ditekan seminimal mungkin, maka asupan makanan yang diperlukan oleh ibu dan janin akan lebih terjamin. Madu juga memiliki efek meningkatkan selera makan bagi orang yang rutin mengkonsumsinya.
  3. Menjaga kesehatan kulit ibu hamil.
    Salah satu yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah perubahan kulit.Pada beberapa kasus menimbulkan jerawat, strechmarks akibat kulit yang melebar serta hiperpigmentasi pada wajah.Penggunaan kosmetika dengan kandungan bahan kimia sintetis tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dikuatirkan bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Maka madu bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan kulit pada ibu hamil.Gunakan madu alami sebagai pembersih, pelembab dan penyegar kulit wajah dan tubuh selain dikonsumsi langsung untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Oleskan pada kulit wajah dan bagian kulit lain yang membutuhkan nutrisi untuk menjaga kebersihan dan kecantikannya.

Baca Juga: Madu Untuk Kulit

madu aman dikonsumsi oleh ibu hamil

Madu Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Masih banyak lagi khasiat madu murni untuk ibu hamil. Beberapa manfaat madu untuk ibu hamil diatas baru sebagian kecil dari manfaat madu secara luas. Jadi tidak perlu kuatir lagi untuk mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Namun pastikan kualitas madu alami yang anda gunakan, dapatkan hanya dari distributor madu alami terjamin reputasinya.

Leave a response

12 − ten =