Madu mengobati batuk adalah salah satu pendapat yang dipercaya oleh sebagian masyarakat yang semakin sadar penggunaan bahan alami untuk kehidupannya. Lalu seperti apa penjelasan yang dapat menjadi alasan penggunaan cairan bening dan pekat yang menjadi salah satu zat yang dihasilkan oleh koloni lebah ini?

benarkah madu mengobati batuk yang mengganggu kesehatan kita

Batuk, adalah sebuah bentuk pertahanan tubuh dalam mengatasi gangguan yang masuk ke saluran pernapasan. Coba anda perhatikan saat tiba-tiba hidung anda mencium debu, asap, bubuk merica, atau mencium aroma menyengat dari cabe yang sedang digoreng. Apa yang menjadi refleks tubuh anda? Ya..benar,  biasanya anda akan batuk-batuk atau bersin.

Batuk juga menjadi sebuah cara bagi tubuh kita untuk menyingkirkan benda-benda asing yang masuk atau muncul di dalam saluran pernapasan bagian dalam seperti lendir, mikroba, kotoran lain dan sebagainya. Benda-benda asing itu akan menimbulkan rasa gatal dan gangguan kenyamanan pada saluran pernapasan kita. Batuk hanya menjadi sebuah gejala akan adanya gangguan saluran pernapasan.

Lalu kapan batuk menjadi pertanda akan adanya penyakit yang serius di dalam saluran pernapasan kita?  Tandanya adalah saat frekuensi batuk sudah terlalu sering sehingga menjadi indikasi awal akan adanya penyakit serius.

Bagaimana Madu Bisa Digunakan Untuk Membantu Mengatasi Batuk

madu mengobati batuk yang mengganggu kesehatan

Pada umumnya batuk yang menjadi sebuah gejala penyakit, disebabkan oleh adanya virus pada saluran pernapasan kita. Sehingga pemberian antibiotik tidak dianjurkan untuk penyakit yang disebabkan oleh virus ini karena justru akan menimbulkan reaksi dan efek gangguan kesehatan lain seperti alergi, rasa mual, muntah, mulut menjadi kering dan sebagainya.

Tubuh manusia di desain untuk mampu menyembuhkan diri sendiri. Infeksi virus yang menyebabkan batuk biasanya akan reda dengan sendirinya saat tubuh kita cukup nutrisi teratur dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, cukup istirahat dan memiliki stamina yang kuat untuk menyembuhkan diri sendiri. Disinilah manfaat madu untuk meningkatkan stamina tubuh kita dalam mengatasi virus yang menyerang tubuh kita.

Namun jika batuk bertambah parah, berlangsung selama beberapa minggu disertai dengan gejala lain seperti demam, kesulitan bernapas, penurunan berat badan, dan lain sebagainya, anda patut waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter langganan keluarga anda.

Ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi batuk yang menyerang tubuh kita sesegera mungkin. Beberapa diantarannya adalah:

  • Minum air putih hangat sesering mungkin untuk mencegah dehidrasi dan membantu mencairkan lendir/dahak yang ada di dalam saluran pernapasan kita.
  • Minum air hangat yang dicampur dengan madu murni dan air perasan jeruk lemon. Kandungan anti radang pada madu dan kandungan vitamin C dosis tinggi pada lemon mampu mengatasi gejala batuk dan meningkatkan stamina tubuh.
  • Mengkonsumsi madu langsung tanpa campuran sebelum tidur dengan dosis madu sebanyak 1-2 sendok makan untuk anak diatas usia 1 tahun dan 2-4 sendok makan untuk orang dewasa, agar gejala batuk berkurang dan mereka bisa tidur lebih nyenyak. Untuk poin ini, upayakan memilih madu yang baik dari segi kualitas agar saat dikonsumsi benar-benar memberikan manfaat.
  • Istirahat yang cukup dengan menggunakan bantal yang agak tinggi untuk meredakan frekuensi batuk.
  • Gunakan masker saat keluar rumah, agar virus batuk tidak menular ke orang-orang di sekitar anda.

Beberapa Bahan Alami Yang Baik Untuk Campuran Madu Sebagai Obat Batuk

madu mengobati batuk

Selain dikonsumsi tanpa campuran, madu bisa digunakan sebagai pemanis alami untuk meracik ramuan minuman sehat yang terbuat dari bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Perlu juga mengetahui cara mengkonsumsi madu yang ternyata ada banyak caranya dan efektif. Herbal yang sering dicampur dengan madu sebagai bahan pembuat minuman herbal untuk mengatasi batuk adalah lemon, jahe dan cengkeh.

  • Lemon mengandung asam askorbat dan vitamin c dosis tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem  kekebalan tubuh manusia dalam mengatasi virus yang menjadi penyebab batuk. Bila dicampur dengan madu yang juga mempunyai fungsi sebagai antiradang maka perpaduan 2 zat ini akan mampu menjadi obat batuk sederhana.
  • Jahe mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti gingerol yang berfungsi sebagai zat anti radang. Jahe juga mengandung minyak atsiri yang bisa menghangatkan tubuh sehingga akan membantu melonggarkan saluran pernapasan agar frekuensi batuk lebih reda.
  • Cengkeh mengandung zat flavanoid yang mempunyai sifat anti radang, baik untuk meredakan gejala peradangan di tenggorokan sekaligus bisa digunakan sebagai ekspektoran, obat untuk gangguan saluran pernapasan.
  • Serai mengandung minyak atsiri yang menghangatkan badan dan dipercaya mampu mengatasi gejala batuk dan flu.

Resep Minuman Sehat dan Lezat dari Campuran Madu Untuk Meredakan Batuk dan Menjaga Kesehatan

  • Resep minuman untuk menjaga kekebalan tubuh
    – 1 gelas air hangat
    – 1-2 sendok air perasan jeruk nipis / jeruk lemonMinumlah campuran 2 bahan diatas setiap pagi sebelum perut terisi makanan. Minuman ini dipercaya mampu memperbaiki fungsi lever kita sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh kita melawan penyakit yang datang.
  • Resep minuman penghangat badan
    – 2 ruas jahe
    – jeruk nipis atau jeruk lemon dipotong kecil-kecil
    – 1 – 2 sendok teh madu (sesuai selera)
    – 1 gelas air putih
    Cara pembuatan:
    – Masukkan jahe ke dalam gelas dan tuangkan air panas diatasnya. Tunggu sampai air menjadi hangat.
    – Tambahkan jeruk nipis/jeruk lemon dan madu murni ke dalamnya
    – Aduk sampai merata.Minuman ini baik dinikmati pada kondisi udara yang dingin, atau di malam hari karena manfaatnya yang mampu menghangatkan badan kita. Sehingga kondisi badan akan terasa lebih nyaman dan lebih segar.
  • Resep minuman untuk flu dan batuk
    – 2 potong jahe seukuran jari digeprek (dimemarkan)
    – 2 batang serai digeprek
    – 500 ml air
    – 1 buah jeruk nipis
    – 2 sendok makan madu asliCara pembuatan:
    – Masukkan jahe dan serai ke dalam panci berisi 500 ml air.
    – Masak sampai mendidih dan tunggu sekitar 10 menit
    – Biarkan air turun suhunya.
    – Tuangkan air jahe serai ke dalam gelas/cangkir
    – Tambahkan madu dan air jeruk nipis sesuai selera.Minuman ini baik dikonsumsi saat tubuh sedang terkena flu dan batuk, karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menghangatkan badan dan meredakan gejala flu yang muncul.

madu untuk kesehatan

  • Resep minuman untuk obat batuk
    – 2 ruas jahe ukuran besar dimemarkan
    – 2 butir cengkeh
    – 2 gelas air
    – 1 sendok makan air perasan jeruk lemon
    – madu secukupnyaCara membuat :
    – Masak air, jahe dan cengkeh hingga mendidih
    – Biarkan air menyusut hingga kira-kira tinggal 1 gelas
    – Tuangkan ke dalam gelas
    – Tunggu sampai suhunya menurun dan air berubah menjadi hangat
    – campurkan dengan air perasan jeruk dan campur dengan madu secukupnya.Biasakan mengkonsumsi minuman tradisional yang sehat ini untuk mengatasi batuk dan flu yang menyerang tubuh kita. Saat ingin membelinya, upayakan untuk mempelajari tentang siapa pihak yang memasarkannya misalnya mencari tahu distributor madu alami yang menawarkan madu kualitas terbaik.

Kesimpulan Mengapa Madu Mampu Mengobati Batuk Ringan

Batuk tidak selalu harus disembuhkan dengan cara medis karena kemampuan manusia dalam memperbaiki kondisi tubuhnya secara alami. Madu adalah salah satu zat alami yang bila dipadukan dengan bahan-bahan alami yang lain, mampu menjadi obat tradiional untuk mengatasi virus yang menyerang tubuh. Jadi tak perlu ragu lagi untuk percaya bahwa madu mengobati batuk. Selalu sediakan madu murni di rumah anda, sebagai solusi sehat dan aman untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi gangguan kebugaran tubuh anda.

Please Login to Comment.

1 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.