0 item in the bag

No products in the cart.

Join Member untuk dapatkan tambahan potongan harga.

KAPAN LAGI MULAI HIDUP SEHAT DENGAN MADU JIKA BUKAN SEKARANG?

Hidup sehat dengan madu adalah cara yang mudah dan relatif murah untuk merawat kesehatan demi kualitas hidup lebih baik. Kebutuhan akan madu dan bahan makanan organik sebagai solusi masalah kesehatan trend nya semakin meningkat, sebagai makanan/mimuman maupun sebagai bahan perawatan tubuh bagian luar. Begitupun dengan makin menjamurnya minat pada bahan makanan organik maupun kuliner sehat.

Ada beberapa hal yang menarik untuk diamati di lingkungan kehidupan sekitar kita saat ini. Ternyata semakin tinggi tingkat ekonomi, keilmuan dan wawasan seseorang, semakin tinggi pula kesadaran untuk kembali pada gaya hidup sehat. Kesadaran bahwa kesehatan adalah sebuah kemewahan yang tidak ternilai harganya. Sebanyak apapun harta dan investasi yang dimiliki, tidaklah nikmat saat tubuh kita tergerus penyakit dan justru kehilangan momen untuk merasakan hasil jerih payah kita sendiri.

kapan lagi mulai hidup sehat jika bukan sekarang

Kemudahan jaringan dan akses internet dan maraknya aktifitas jejaring sosial membuat informasi tentang cara menjaga kesehatan secara alami menjadi sangat mudah didapatkan. Hampir setiap orang yang menggunakan gadget sudah terbiasa untuk mencari informasi dengan mengakses internet. Ditambah lagi adanya sejumlah komunitas offline maupun online yang mengangkat tren gaya hidup sehat sebagai simbol tingkat kemapanan ekonomi dan karir.

Orang-orang inilah yang aktif membagikan informasi di jejaring sosial tentang bagaimana  memilih dan mengatur jenis bahan makanan yang dikonsumsi berikut pola hidup yang dijalani. Maka tidaklah mengherankan bila makin menjamur jumlah komunitas olahraga selepas jam kerja, komunitas food combining, komunitas konsumen makanan organik, komunitas hidroponik dan kembali berkebuh, dan lain sebagainya.

Mengapa Harus Menjaga Hidup Sehat Dengan Konsumsi Madu Alami

Meningkatnya kesibukan yang hadir di lingkungan hidup maupun lingkungan kerja, baik di sektor formal maupun informal di kota-kota besar, berdampak pada kesehatan jasmani dan rohani para pelakunya. Tingkat polusi udara akibat asap kendaraan bermotor dan asap buangan industri dan menurunnya kualitas air di perkotaan memberikan pengaruh yang signifikan pada ancaman penurunan kualitas kesehatan penduduk.

mulai hidup sehat dengan madu sekarang

Beragamnya zat aditif yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari serta kurangnya perhatian pada dampak jangka panjang atas jenis makanan yang dikonsumsi, memunculkan berbagai gangguan kesehatan yang diderita oleh manusia saat ini.

Seiring waktu dan meningkatnya wawasan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik menjadi pemicu gerakan untuk kembali mengonsumsi makanan sehat bebas dari zat sintetis dan menjalankan pola hidup sehat dan teratur.

Hal paling mendasar yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mencermati jenis makanan yang masuk ke dalam perut kita. Karena sebagian besar penyakit muncul berawal dari isi perut, dalam artian penyakit yang muncul sebagian besar adalah akibat pola makan manusia itu sendiri yang tidak menjaga keseimbangan nutrisi yang dikonsumsi.

hidup sehat dengan madu

Mulailah dengan memilih makanan dan minuman dengan seminimal mungkin kandungan zat aditifnya. Zat aditif yang perlu dihindari semampu mungkin berupa zat pewarna sintetis, zat perasa buatan, pengawet makanan, dan penyedap rasa.

Selanjutnya adalah mengatur jumlah garam dan gula yang masuk ke dalam tubuh kita. Jika terlalu banyak melebihi batas kebutuhan tubuh manusia, dalam jangka waktu puluhan tahun, akan menjadi pemicu munculnya penyakit darah tinggi, diabetes dan penyakit lainnya.

Berikutnya adalah mulai menghitung nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh badan secara seimbang. Karbohidrat, lemak, protein, buah dan sayuran diusahakan porsinya seimbang. Hal ini dilakukan untuk menjaga metabolisme dan kesehatan sel-sel dalam tubuh kita agar terhindar dari resiko munculnya penyakit dalam maupun penyakit lainnya.

Bagaimana Cara Hidup Bugar Dengan Madu Menurut Aturan Yang Benar

Madu alami / madu murni, baik untuk dikonsumsi oleh manusia diatas usia 1 tahun. Mengapa disarankan untuk menunda pemberian madu alami pada bayi dibawah usia 1 tahun? Alasannya adalah karena kematangan dan produksi asam pada saluran pencernaan bayi dibawah usia 1 tahun belum cukup kuat untuk mencerna madu alami. Tunggu hingga usia bayi beranjak di atas 1 tahun untuk menambahkan madu alami dalam menu makanannya atau konsultasikan pada dokter yang anda percayai.

manfaat madu yang benar

Sebelum mengkonsumsi madu alami, pastikan dulu kemurnian dan kualitas madu alami yang anda beli pada penjualan maupun distributor madu terpercaya. Saat ini ratusan merek madu baik alami maupun campuran yang ada lengkap dengan petunjuk manfaat yang dimilikinya. Untuk mendapatkan madu dengan kualitas terbaik, sebaiknya anda menghubungi distributor madu alami yang terpercaya.

Kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi madu? Sebenarnya madu boleh saja dikonsumsi kapan saja. Namun, akan lebih terasa manfaatnya jika madu dikonsumsi setiap pagi hari (langsung maupun dicampur air hangat) dalam kondisi perut kosong sebelum sarapan. Rutinitas ini dipercaya mampu memperbaiki metabolise pencernaan dan menghindarkan tubuh dari penyakit maag. Waktu terbaik berikutnya adalah malam hari sebelum tidur. Diluar kedua waktu itu, madu boleh dikonsumsi kapan saja. Sebaiknya madu jangan langsung ditelan, berikan waktu agar madu dapat bercampur dengan enzim-enzim dalam saliva (air liur) di mulut agar lebih mudah dicerna.

Gunakan air hangat, jangan gunakan air panas langsung utnuk mencampur madu. Air panas dapat merusak enzim-enzim yang terdapat dalam madu alami ini. Hindarkan penggunaan alat makan/minum yang terbuat dari logam untuk tempat menampung madu sebelum kita konsumsi. Lebih baik gunakan sendok plastik daripada sendok logam. Karena dikuatirkan logam yang digunakan dapat merusak kandungan zat yang terdapat dalam madu alami tersebut. Ini berlaku juga untuk wadah pencampuran madu yang digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan tubuh. Pelajari tentang madu untuk kecantikan

Konsumsilah madu secara teratur dan konsisten setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Meskipun tidak selalu terjadi, bisa terjadi pada awal rutinitas mengkonsumsi madu, pencernaan kita mengalami gangguan kenyamanan. Bisa berupa diare ringan atau perubahan waktu buang air besar/ air kecil yang dialami. Selama masih dalam batas kewajaran, ini adalah mekanisme alami tubuh untuk menyesuaikan diri dengan jenis makanan yang masuk ke saluran pencernaa.

Meskipun madu dipercaya sebagai pengganti gula putih yang relatif lebih aman, namun tahukah anda bila penderita penyakit diabetes tidak disarankan untuk sering mengkonsumsi madu murni sebagai pengganti gula? Karena pada dasarnya, penderita diabetes perlu mengontrol kadar gula dalam darah agar tidak melonjak melebihi batas yang aman. Nah, madu alami secara umum mengandung senyawa gula (glukosa) yang mudah terserap oleh tubuh dalam kadar yang tinggi.

Kabar baiknya, jika penderita diabetes ingin mengkonsumsi madu, saat ini sudah tersedia jenis madu dengan rasa pahit yang relatif lebih aman untuk penderita diabetes. Penderita diabetes untuk kebutuhan rutin sehari-hari, disarankan mengganti gula putih dengan jenis gula yang disarankan oleh para dokter.

Jadi Kapan Anda Akan Memulai Hidup Sehat Dengan Madu?

sehat dengan madu alami

Selain menjaga pola makan dan memilih jenis makanan yang dikonsumsi, barengi dengan olahraga yang cukup berikut menjaga pola pikir agar selalu positif dan menikmati hidup dengan sudut pandang yang memberdayakan.

Dengan sekian banyak manfaat madu, masihkah anda menunda untuk hidup sehat dengan madu dengan cara memasukkan madu dalam daftar kebutuhan hidup anda sehari-hari? Perawatan kesehatan sedari awal sebelum muncul penyakit, biayanya jauh lebih murah dibandingkan biaya pengobatan akibat pola hidup yang salah.

Leave a response

four − two =