Manfaat madu untuk tidur nyenyak adalah sebuah solusi alami bagi anda yang ingin bebas dari gangguan tidur. Bermanfaat pula bagi anda yang ingin lebih sehat dengan meningkatkan kualitas istirahat yang cukup di waktu yang tepat. Nutrisi yang terdapat di dalam madu berupa vitamin, mineral dan enzim lainnya membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi.

khasiat madu untuk tidur meningkatkan kualitas kesehatan

Seperti kita ketahui, kualitas tidur sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Berapa banyak penyakit badan maupun kejiwaan yang muncul akibat buruknya kualitas tidur kita. Mulai dari yang ringan, seperti kehilangan fokus dan konsentrasi, gangguan kesehatan kulit, hingga penyakit berat yang membutuhkan pengobatan serius dengan biaya mahal seperti serangan jantung dan hipertensi.

Saat tidur, secara umum tingkat kesadaran kita menurun, fungsi dari syaraf sensorik maupun syaraf motorik yang memiliki koordinasi dengan sistem syaraf bagian pusat akan mengalami blokade sementara. Ketika tidur, badan kita cenderung tidak bergerak, kemampuan merespon pengaruh dari luar tubuh pun menjadi lemah. Tubuh benar-benar dalam kondisi relaksasi, istirahat secara alami untuk memulihkan kembali kinerja bagian badan dan organ-organnya.

Namun ternyata, saat kita tidur nyenyak, ingatan / sistem penyimpanan memori kita tidak sepenuhnya beristirahat. Menurut sebuah penelitian, saat kita tertidur terjadi seleksi memory yang akan disimpan dalam pikiran kita. Sebagian besar informasi yang kita dapatkan saat kita sadar bersifat short term memory. Hanya sebagian kecil dari memory itu yang bersifat sebagai long term memory dan akan terus tersimpan oleh sistem ingatan kita. Semakin baik kualitas tidur kita, makin bagus pula kualitas ingatan kita.

Khasiat Madu Untuk Tidur Nyenyak

khasiat madu untuk tidur nyenyak

Pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dengan komposisi yang seimbang, olahraga yang teratur dan cukup, rutin menambah asupan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi suplemen alami yang bermutu tinggi, seperti madu yang diperoleh dari distributor yang jual madu terjamin murni , berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi maupun minyak zaitun yang baik untuk pencernaan, dan untuk menjaga kesehatan jantung dan kulit.

Tidur memiliki dua fase utama, yaitu Non Rapid Eye Movement (NREM) dan fase Rapid Eye Movement (REM). Dalam satu siklus kita bisa mengalami 2-3 kali Non Rapid Eye Movement sebelum mencapai kondisi Rapid Eye Movement. Selama waktu tidur, seseorang bisa mengalami 3 sampai 4 kali siklus perubahan dalam satu malam. Masing masing siklus memiliki rentang waktu 1 – 2 jam.

Fase Non Rapid Eye Movement (NREM) memiliki beberapa tahapan dalam 1 siklus:

  1. Fase mulai tertidur, berlangsung dalam waktu yang singkat hanya beberapa menit. Gerakan mata di bawah kelopak mata semakin melambat dan otot-otot badan mulai relax. Tingkat kesadaran yang ada membuat kita masih mudah terbangun.
  2. Fase awal masuk kondisi benar-benar tertidur, membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 30 menit. Pada kondisi ini kita cukup sulit untuk terbangun. Gerakan mata di bawah kelopak sudah berhenti, nafas mulai melambat, detak jantung juga melambat, suhu tubuh pun menurun.
  3. Fase masuk ke tidur nyenyak / deep sleep, pada kondisi ini kita sangat sulit terbangun. Bahkan saat kita terbangunpun, kita membutuhkan waktu penyesuaian supaya tidak mengalami disorientasi. Aktifitas otak kita pada kondisi ini sangat lambat, aliran darah digunakan untuk mengisi energi tubuh. Pada fase deep sleep, tubuh kita menggunakan waktunya untuk meregenerasi pertumbuhan sel-sel pada tubuh sekaligus memperkuat sistem imunitas tubuh.

Fase Rapid Eye Movement (REM)
Fase ini ditandai dengan mata yang bergerak-gerak dibawah kelopak mata, nafas juga menjadi tidak teratur. Kegiatan otak dan detak jantung juga meningkat. Fase REM ini berlangsung kira-kira menit ke 70 hingga menit ke 90 dari mulai awal tidur. Mimpi terjadi pada fase ini.

Tubuh manusia yang sedang tidur mengalami berbagai perubahan secara fisiologis, diantaranya: pernapasan menjadi melambat, tekanan darah tubuh menurun, otot-otot yang melekat pada rangka tubuh mengalami relaksasi, begitu pula aktifitas metabolisme tubuh kita pun akan melambat.

Saat tidur nyenyak di waktu malam dalam kondisi gelap, tubuh memiliki kesempatan untuk menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi untuk:

  • Menjaga kualitas kesehatan sel tubuh dan menjaga efisiensi sel tubuh.
  • Menjadi pengatur kinerja hormon lainnya, sehingga diberi sebutan sebagai regulator hormon.
  • Menormalkan dan menstabilkan kinerja sel tubuh.
  • Membantu memperlancar sistem peredaran darah.
  • Menurunkan dan menstabilkan temperatur tubuh.
  • Menurunkan kadar kolesterol

Tidur nyenyak memiliki peran untuk mengurangi tingkat stress, karena tidur dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan produksi hormon antistress. Relaksasi yang dialami oleh otot dan syaraf-syaraf pada tubuh menurunkan kemungkinan terjadinya stress karena tubuh memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan kondisinya. Madu asli memiliki kandungan vitamin B, apabila diminum sebelum tidur sebanyak 1-2 sendok makan, mempunyai kemampuan untuk merilekskan otot dan syaraf sehingga proses relaksasi lebih mudah tercapai.

Pada saat tidur, tubuh melakukan regenerasi sel-sel badan secara menyeluruh. Sehingga tidur dengan kuantitas dan kualitas yang cukup akan membantu tubuh untuk memperbaiki. Mengkonsumsi madu secara rutin saat pagi setelah bangun tidur sebagai sumber energi yang mudah diserap dan malam hari sebelum tidur agar nutrisinya membantu proses regenerasi sel dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Bila waktu tidur kita tidak teratur, tidak nyenyak dan terganggu prosesnya. Maka akan muncul ketidak seimbangan dalam tubuh akibat kinerja organ-organ tubuh, termasuk otot dan syaraf menjadi terganggu siklusnya.

Lalu apa saja yang berpotensi menjadi gangguan kualitas tidur manusia? Beberapa diantaranya adalah :
madu untuk tidur nyenyak

  • Mendengkur, bisa disebabkan karena saluran pernafasan terganggu.
  • Insomnia, dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Penyebabnya bisa karena faktor lingkungan yang tidak nyaman, efek tekanan psikologis, gangguan kesehatan maupun karena pengaruh penggunaan obat-obatan yang berlebihan.
  • Kelainan ritme tidur akibat pola kerja sistem shift yang tidak tetap, karena kondisi sedang hamil, karena pengaruh obat-obatan ataupun pengaruh perjalanan yang melampaui zona waktu.
  • Hipersomnia, saat seseorang mengalami pola tidur yang berlebihan di siang hari. Bisa disebabkan karena obesitas, penggunaan obat-obatan, kurang istirahat malam ataupun efek minuman beralkohol/tinggi kafein.
  • Parasomnia, pada umumnya ini ditandai dengan mimpi buruk, berjalan saat tidur, menggeretakkan gigi saat tidur, ataupun lumpuh tidur (tindihan/susah bergerak walaupun seharusnya sudah dalam fase bangun dari tidur).

Pemanfaatan Madu Untuk Tidur Nyenyak agar Bebas Dari Gangguan Istirahat

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, beberapa tips dibawah ini:

  • Rutinkan waktu tidur dan bangun agar tubuh menjadi lebih terbiasa dan teratur ritmenya.
  • Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda. Lakukan olahraga teratur maksial 4 jam sebelum tidur malam.
  • Hindari minum minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Hindari pula kegiatan merokok karena bisa mempengaruhi kualitas tidur anda.
  • Makan malam terakhir maksimal 2 jam sebelum tidur, jangan terlalu banyak garam yang bisa menyebabkan dehidrasi dan lemak yang membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh lambung. Minum pun dibatasi karena terlalu banyak minum sebelum tidur bisa jadi akan membuat anda sering terbangun untuk buang air kecil.
    makanan sehat untuk meningkatkan kualitas tidur
  • Makan makanan yang bisa meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin maupun yang merilekskan badan seperti : biji-bijian (misal beras merah), pisang, buah cherry, anggur, kacang almond dan susu hangat.
  • Minum madu yang membantu proses penyimpanan glikogen dalam hati, sehingga menekan produksi hormon stress yang mengurangi kualitas tidur. yang bisa dicampur dengan aneka herbal lain yang meningkatkan imunitas tubuh, misalnya:
    – madu dicampur dengan air hangat dan ekstrak jahe
    – madu dicampur dengan teh chamomile (tidak disarankan untuk  ibu hamil)

Demikianlah manfaat madu untuk tidur nyenyak yang bisa meningkatkan kualitas tidur anda. Silakan dicoba, dan jangan lupa untuk menggunakan madu terbaik yang bisa anda peroleh dari refillmadu, distributor madu yang terjamin kualitasnya.

Please Login to Comment.

8 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.