Sejak dahulu manfaat madu untuk sakit kepala sudah digunakan sebagai obat tradisional dengan resep yang dipercaya kemanjurannya. Sakit kepala / pusing / pening sebenarnya adalah sebuah bentuk gangguan yang terjadi pada salah satu bagian syaraf yang mengalami penegangan.

manfaat madu untuk sakit kepala sebagai pengganti obat kimia

 

Sakit kepala tidak selalu harus diobati dengan obat-obat kimia yang banyak dijual di apotik, toko dan warung di sekitar lingkungan rumah. Karena bila terlalu sering menggunakan obat-obatan kimia sebagai solusi instan sakit kepala, jika dosisnya tidak terkontrol, lama-lama akan mengganggu fungsi kerja organ ginjal. Ngeri kan efeknya?

Untuk itulah akan lebih baik jika kita menggunakan cara pengobatan alami seperti herbal (jamu) yang dicampur dengan madu untuk obat sakit kepala. Memang khasiat bahan herbal dan madu untuk menghilangkan sakit kepala tidaklah secepat penggunaan obat-obatan kimia, namun akan lebih aman bagi organ-organ tubuh kita jika digunakan dalam jangka panjang.

manfaat madu untuk sakit kepala sebagai pengganti obat

 

Sebagian besar gangguan sakit kepala yang muncul tidak termasuk dalam gangguan kesehatan yang berat, sehingga kadang diabaikan. Sakit kepala sering dianggap sebagai penyakit yang biasa saja, sama seperti halnya serangan batuk, sariawan, asam urat, maag, jerawat, maupun demam. Padahal bisa jadi akan berkembang menjadi gangguan kesehatan serius bila tidak segera diatasi gejalanya.

Manfaat Madu Untuk Sakit Kepala

Madu yang dijadikan minuman rutin sehari-hari setiap pagi dan malam, bisa digunakan sebagai pengganti gula tebu maupun sebagai pelengkap nutrisi bagi tubuh. Madu bisa juga digunakan sebagai sumber energi instant yang baik untuk segala usia. Manfaat dan khasiat madu untuk pengobatan pun menjadi salah satu yang di

Bagi penderita sakit kepala, madu dapat digunakan karena manfaatnya untuk:

  • Menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh yang menjadi salah satu pemicu terjadinya sakit kepala.
  • Meningkatkan kualitas istirahat karena madu berkhasiat untuk mengendurkan syaraf dan otot sehingga tidur bisa lebih lelap sehingga mengurangi resiko stres akibat kurangnya istirahat.
  • Kandungan kalium dan magnesium dalam madu dapat mengurangi kemungkinan terjadinya migrain.
  • Zat antiinflamasi yang ada di dalam madu alami bisa mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh serangan sakit kepala.
    manfaat madu untuk sakit kepala

 

Secara umum ada 2 jenis pengelompokan sakit kepala. Yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.

  1. Sakit kepala primer
    adalah sakit kepala yang bukan disebabkan oleh efek penyakit lain. Seringkali disebabkan oleh gangguan pada otot leher dan kepala, pengaruh aktifitas kimia hormon dalam otak, atau gangguan pada pembuluh darah dan syaraf. Yang termasuk jenis sakit kepala primer diantaranya adalah :
    • Sakit kepala Tension/Tegang.
      Sakit kepala ini muncul dengan tanda-tanda kepala terasa nyeri seakan-akan ada tali yang sangat kuat mengikat sekitar kepala.
      Penyebab dari sakit kepala jenis ini biasanya adalah :
      – dehidrasi (kurang minum)
      – stres pikiran
      – kurang istirahat (gangguan pola tidur)
      – jadwal makan tidak teratur
      – terlalu banyak minum minuman beralkohol
      – merokok yang berlebihan
      Orang yang terlalu lama mengendarai kendaraan atau terlalu sering beraktifitas dengan menatap layar komputer beresiko besar untuk mengalami sakit kepala jenis ini.
    • Sakit kepala Migrain
      Migrain adalah sebuah istilah untuk menjelaskan gejala sakit kepala yang menyerang bagian satu sisi atau kedua sisi kepala hingga terasa seperti berdenyut-denyut. Sampai saat ini belum ditemukan penyebab pasti penyebab migrain. Namun ada dugaan bahwa ini terjadi akibat kekurangan zat magnesium, adanya gangguan syaraf pada rahang atas, adanya fluktuasi kadar hormon pada wanita (karena haid/menstruasi) dan rendahnya kadar serotonin yang mengatur kondisi suasana hati dan kualitas tidur).
      Migrain yang ringan, bisa disebabkan oleh:
      – kondisi stress yang tinggi
      – terlambat makan dan dehidrasi
      – pola tidur yang berantakan/tidak teratur
      – terkena pancaran cahaya yang terlalu terang
      – dan lain-lain.
      Gejala Migrain ini muncul secara periodik dan berulang-ulang hingga mengganggu jalannya aktifitas sehari-hari.
    • Sakit kepala Cluster
      Ini adalah jenis sakit kepala primer yang berat. Ditandai dengan rasa sakit kepala yang luarbiasa pada bagian kepala di sekitar salah satu bagian bola mata. Biasanya diikuti dengan produksi air mata yang berlebihan pada salah satu mata dan berlangsung dalam waktu yang lama. Rasa sakit itu akan menjalar ke leher, menuju bahu, sekitar wajah dan bagian lainnya.
      Ini terjadi akibat adanya pelebaran pembuluh darah yang membawa darah menuju bagian otak dan bagian wajah.
  2. Sakit kepala Sekunder.
    Ini adalah jenis sakit kepala yang disebabkan karena pengaruh penyakit lain. Misalnya sakit kepala karena:
    – Efek virus influenza
    – Penyakit sinusitis
    – Infeksi yang terjadi pada telinga
    – Pengaruh sakit gigi
    – Gangguan penglihatan mata karena penyakit Glaukoma
    – Penyumbatan pembuluh darah pada otak
    – Benturan yang menyebabkan gegar otak
    – Penyakit Meningitis
    – Penyakit radang otak
    – Dan sebagainya.

Apa Saja Manfaat Madu Untuk Sakit Kepala Yang Mudah Untuk Dibuat?

 

manfaat madu alami untuk pengobatan

Saat sakit kepala sudah terlanjut terjadi, sebagian orang langsung menanggulanginya dengan meminum obat-obatan kimia yang mudah diperoleh di toko dan warung terdekat. Efeknya yang cepat meredakan sakit kepala seringkali menjadi solusi instant.

Untuk beberapa kasus sakit kepala dengan gejala-gejala seperti kesulitan untuk berjalan, nafsu makan hilang secara signifikan, aktifitas terganggu selama berhari-hari, kejang, mati rasa di salah satu bagian tubuh, ataupun yang muncul karena benturan, maka anda sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut sebelum terlambat diatasi.

Namun untuk serangan sakit kepala ringan, sebaiknya anda jangan terlalu sering menggunakan obat kimia sebagai solusi instant sakit kepala. Lama kelamaan dosisnya akan semakin tinggi. Sehingga organ-organ dalam tubuh pun harus bekerja keras menetralkan sisa zat kimia dalam obat yang pada akhirnya akan menjadi racun dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh melalui ginjal.

Sebenarnya untuk sakit kepala ringan maka yang dibutuhkan penderitanya adalah istirahat dari aktifitas yang sedang dijalankan di tempat teduh dan yang cukup baik sirkulasi udara bersihnya. Cari tahu apa kira-kira penyebabnya dan lakukan tindakan untuk mengatasi penyebab sakit kepala yang menyerang.

Beberapa resep campuran madu murni berkualitas beberapa herbal atau bahan alami dibawah ini bisa dijadikan pengganti obat kimia untuk mengatasi serangan sakit kepala.

Untuk mengatasi gejala sakit kepala yang disertai dengan demam, buatlah campuran 1-2 sendok makan madu dengan air hangat dalam 1 gelas kemudian diminum. Lakukan beberapa kali hingga demam dan sakit kepala mereda.

manfaat madu dan jeruk untuk sakit kepala

 

Saat rasa sakit kepala disertai dengan batuk dan gejala pilek/hidung tersumbat, anda bisa membuat resep ini : campurkan 1 sendok makan madu, dan air perasan sebutir jeruk nipis ke dalam 1 gelas air hangat. Kandungan vitamin C di dalam jeruk adalah anti oksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus yang menyebabkan penyakit flu yang berimbas pada munculnya sakit kepala.

Madu juga bisa dicampurkan dengan air jahe, untuk menghangatkan badan dan mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala yang terjadi.

Manfaat madu untuk sakit kepala sangat baik sebagai pengganti obat kimia dan bisa anda lakukan kapan saja. Mengingat manfaat dari kandungan nutrisi di dalam madu, maka akan lebih baik bila dilakukan secara rutin sebagai sarana pencegahan dari penyakit sekaligus untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh anda.

Please Login to Comment.

4 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.