Manfaat madu untuk rambut berketombe dipercaya mampu mengembalikan kemilau rambut dan kesehatan kulit kepala. Mau tahu alasannya? Tapi sebelumnya yuk kita pahami dulu apa sih ketombe atau dandruff itu.

Ketombe seringkali membuat penampilan seseorang menjadi terlihat kurang sempurna. Bagaimana tidak, ketika rambut sudah tersisir rapi, mengenakan baju berwarna gelap yang elegan, penampilan sudah terlihat keren, tapi tunggu…. kok terlihat serpihan-serpihan kecil, berwarna putih dan lembut berjatuhan di bahu dan sebagian lagi menempel di  bagian rambut ya? Cukup memalukan juga jadinya.

mau tahu manfaat madu untuk rambut berketombe

Kadang-kadang serpihan putih itu sulit ditepis dan dibersihkan dari permukaan baju,  karena cenderung berminyak. Bahkan diikuti pula dengan rasa gatal pada kulit kepala yang membuat tangan terasa ingin menggaruknya. Rambut pun menjadi lebih mudah rontok karena tangan yang sering menggaruk kulit kepala. Kemungkinan bisa terjadi infeksi pada kulit kepala juga saat jari yang menggaruk kulit kepala tidak bersih sehingga bisa mendatangkan bakteri.

Serpihan kecil berwarna putih dan lembut yang berjatuhan itu ternyata adalah sel-sel kulit mati di bagian kepala yang terkelupas. Inilah yang disebut sebagai ketombe / dandruff. Ketombe bukan penyakit menular, namun seringkali membutuhkan waktu yang lama untuk mengatasinya. Penyebab utama ketombe tidak terletak pada rambut, pangkal masalahnya terletak pada kondisi kulit kepala orang yang mengalaminya.

Ketombe tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja lho… bayi pun bisa memiliki masalah yang mirip dengan ketombe. Nama penyakitnya adalah Cradle Cap, saat kepala bayi terlihat bersisik karena sebab khusus. Pada bayi, cradle cap ini biasanya akan menghilang seiring berjalannya usia bayi (umumnya menghilang saat bayi sudah berusia diatas 3 tahun).

Manfaat Madu Untuk Rambut Berketombe

manfaat madu untuk rambut berketombe

Madu memiliki banyak khasiat untuk digunakan sebagai bahan perawatan kesehatan dan kecantikan, termasuk kulit dan rambut. Kandungan vitamin, mineral dan enzim-enzim yang ada didalam madu terbukti berkhasiat sejak jaman nenek moyang kita. Beberapa diantaranya adalah manfaat madu untuk mengatasi iritasi dan menyembuhkan luka pada kulit, begitu juga manfaat madu untuk melembabkan, membersihkan dan menyehatkan rambut.

Secara teoritis, sel-sel kulit manusia pada umumnya memiliki waktu 28 hari sekali untuk mengelupas dan digantikan dengan sel-sel yang baru. Sel-sel kulit yang mengelupas ini disebut sebagai sel kulit mati. Nah, jika kecepatan pengelupasan sel kulit ini lebih cepat daripada periode normal, maka muncullah ketombe. Pada orang berketombe, periode pengelupasan sel kulit biasanya sekitar 14 hari.

Walaupun penyebab utama mengapa periode peremajaan sel kulit dan pengelupasan sel kulit mati ini lebih cepat daripada waktu normal belum diketahui secara pasti, ada beberapa hal yang ditengarai menjadi faktor pemicunya. Diantaranya adalah:

  • Kondisi kulit yang terlalu kering.
    Kondisi ini bisa diamati bukan hanya pada kulit kepala namun pada kulit pada bagian tubuh lainnya seperti tangan dan kaki.
  • Infeksi jamur.
    Jamur Malassezia yang tumbuh di kulit kepala dan berkembang biak secara cepat dapat menyebabkan iritasi pada permukaan kulit kepala. Iritasi ini akan meningkatkan kecepatan pertumbuhan sel baru. Jika jumlah sel-sel baru ini berlebihan jumlahnya, sebagian sel akan mati dan rontok, menempel pada rambut atau berjatuhan.
  • Psoriasis.
    Psoriasis adalah penyakit kronis yang menyerang kulit manusia. Penyebabnya ditengarai karena sistem imunitas tubuh justru menyerang badannya sendiri. Gejalanya adalah munculnya ruam berwarna merah, kulit terkelupas, menebal, dan kering , bahkan bersisik. Ini terjadi tidak hanya pada kulit kepala saja, namun juga pada kulit tubuh bagian lain.
  • Dermatitis Seboroik.
    Kadang disebut sebagai psoriasis seboroik. Gejalanya adalah kulit terlihat berwarna merah, bersisik dan mengelupas. Ini bukan penyakit menular dan kehadirannya kadang dikaitkan dengan bertumbuhan jamur malassezia. Dermatitis Seboroiki menjangkiti kulit dengan kadar produksi minyak yang tinggi. Dermatitis seboroik yang menjangkiti bayi sering disebut sebagai Cradle Cap.
  • Eksim /peradangan kronis pada kulit yang mengakibatkan kulit kepala menjadi terasa sangat gatal dan mulai mengelupas.
  • Pemakaian produk perawatan dan penataan rambut yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala bisa memperparah ketombe. Karena produk-produk ini seringkali meninggalkan residu yang menumpuk di kulit kepala atau mengakibatkan reaksi kulit akibat alergi.
  • Stress juga ditengarai menjadi penyebab makin parahnya ketombe.
  • Kekurangan nutrisi pada makanan terutama vitamin B dan mineral Zinc.

Biasanya orang yang mengalami ketombe akan cenderung mencoba mengatasinya dengan menggunakan shampo antiketombe yang mengandung

  • Asam salisilat untuk mengilangkan kulit yang terkelupas sekaligus melembutkan kulit, namun penggunaannya harus dibarengi dengan penggunaan pelembab rambut untuk menghindari kulit semakin kering.
  • Zinc pyrithione untuk membasmi jamur yang menyerang
  • Tar dan Selenium Sulfida untuk memperlambat terjadinya penumpukan sel kulit mati, namun tidak disarankan untuk digunakan pada rambut yang sering mengalami pewarnaan.
  • Ketokonazol untuk mengatasi jamur saat berbagai cara sudah dilakukan.

Meskipun bisa menjadi solusi yang cepat, shampoo dengan bahan kimia sintetis ini belum tentu cocok untuk setiap orang yang mengalami ketombe.

Penggunaan Madu Untuk Rambut Berketombe Tenyata Sangat Mudah dan Aman

madu untuk rambut berketombe

Sebenarnya ada cara alami untuk membasmi ketombe dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di alam, lebih natural dan aman digunakan. Tentu saja hasilnya tidak bisa instant seperti penggunaan shampo antiketombe yang ada, butuh waktu lebih lama untuk melihat efek dan pengaruhnya. Namun cara alami ini lebih minim resiko terutama untuk orang-orang yang mudah alergi.

Salah satunya adalah madu, cairan bening dengan rasa manis alami yang merupakan salah satu hasil yang bisa diambil dari sarang lebah. Khasiat madu untuk rambut berketombe diantaranya adalah:

  1. Madu yang rutin diminum langsung mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan rambut untuk tumbuh sehat. Diantaranya adalah kandungan vitamin B dan mineral Zinc.
  2. Cairan manis alami ini mempunyai sifat merileks kan dan menenangkan otot serta syaraf sehingga bila dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan kualitas istirahat dan kestabilan emosi.
  3. Hasil produksi lebah ini paling sering digunakan untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan badan sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi serangan jamur dan infeksi lain yang menyertainya. Minumlah secara rutin 2-3 sendok di awal pagi dan malam hari sebelum tidur, upayakan mendapatkannya dari distributor madu terpercaya kualitas langsung agar mendapatkan hasil yang baik.
  4. Zat alami yang lazim digunakan sebagai pemanis pengganti gula tebu ini bersifat melembabkan kulit saat dioleskan secara rutin. Kulit kepala yang tadinya terlalu kering bila diolesi dengan madu murni dan dibiarkan hingga nutrisinya meresap sebelum dibilas kembali akan menambah kelembaban kulit kepala. Anda bisa mencampurkan minyak zaitun juga di dalamnya sehingga akan menambah khasiatnya untuk melembabkan kulit kepala.
    khasiat madu dan minyak zaitun untuk rambut berketombe
  5. Madu memiliki khasiat sebagai pembersih bagi rambut, menghilangkan residu zat-zat perawatan rambut yang tertinggal dan menempel pada rambut dan kulit kepala. Oleskan madu secara rutin pada kulit kepala dan rambut, lalu biarkan selama kira-kira 1 jam sebelum kemudian dibilas dengan air dingin.
  6. Campurkan madu dengan air perasan jeruk lemon dan dioleskan pada permukaan kulit kepala. Air perasan jeruk lemon akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang mengelupas. Sementara madu berfungsi sebagai conditioner yang mencegah kondisi kulit kepala agar tidak menjadi kering.
  7. Campurkan madu dengan lendir yang terdapat pada daun lidah buaya, lalu oleskan pada kulit kepala. Biarkan beberapa saat hingga meresap, kemudian bilas dengan air dingin. Selain berfungsi mendinginkan dan meredakan iritasi pada kulit kepala, lidah buaya bermanfaat untuk menekan pertumbuhan jamur pada bagian kulit kepala yang berketombe. Sementara sifat antibakterial pada madu akan mempercepat penyembuhan infeksi yang bisa terjadi saat tangan penderita ketombe sibuk menggaruk rasa gatal pada kulit kepala.

manfaat madu dan lidah buaya untuk rambut berketombe

Penggunaan madu untuk rambut berketombe ternyata mudah sekali kan untuk dipraktekkan? Sehingga penampilan anda akan semakin sempurna dengan kondisi rambut yang bebas ketombe, sehat dan berkilau hanya dengan memanfaatkan khasiat madu untuk kesehatan rambut.

Please Login to Comment.

11 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.