Minum madu sebelum tidur secara rutin ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain aktivitas rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan berserat, Kita juga dapat menambahkan madu ke dalam daftar suplemen harian yang aman dikonsumsi secara teratur.

Madu dikenal baik dalam dunia kesehatan herbal sebagai zat kaya manfaat yang dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit. Namin banyak orang yang hanya mengonsumsi madu ketika sakit saja, padahal madu yang dikonsumsi setiap hari juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh dan mencegah terjangkitnya penyakit.

minum madu sebelum tidur berkhasiat menjaga tubuh tetap prima

 

Bagi yang belum terbiasa mengonsumsi madu mungkin akan mengalami reaksi awal sebagai healing crisis, hal ini wajar, karena madu berperan dalam detoksifikasi alami untuk memperbaiki sistem dan sel-sel dalam tubuh. Perlu kita ketahui, madu merupakan cairan alami yang aman dan tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi secara benar dan tepat. Hanya saja belum banyak yang mengetahui bagaimana cara yang baik supaya Kita benar-benar mendapatkan manfaat dari cairan yang dihasilkan perut lebah ini.

Nah, bagaimana mengonsumsi madu supaya aman bagi tubuh kita dan apa saja manfaat yang akan kita dapat dengan rutin minum madu sebelum tidur?. Kita patut simak ulasan berikut.

Cara Minum Madu Sebelum Tidur dengan Benar

Mengonsumsi madu memang disarankan ketika perut dalam keadaan kosong, sebelum tidur maupun saat pagi sesudah bangun tidur, hal ini terbukti sangat optimal untuk penyerapat zat-zat multivitamin yang terkandung pada madu ke dalam tubuh. Ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan sebelum mengonsumsi madu, antara lain :

  1. Minum madu dianjurkan sesuai dosis yang wajar. Dosis untuk orang dewasa yakni berkisar antara 100-200 gram perhari. Jika dalam sehari mengonsumsi madu sebanyak 2x, maka menggunakan aturan dosis antara 50-100 gram sekali minum.
  2. Mengonsumsi madu bisa dengan cara langsung mengulum di mulut dan biarkan bercampur dahulu dengan air ludah supaya mudah dicerna dalam lambung karena bercampur dengan enzim pencernaan yang dihasilkan oleh air ludah. Bisa juga dengan menyampurkan madu dengan air.  Hal ini dapat mempercepat proses penyerapan madu ke dalam tubuh, tidak disarankan menggunakan air es atau air panas karena merusak kandungan enzim dalam madu. Lebih baik menggunakan air suhu biasa atau air hangat-hangat kuku (tidak terlalu panas).
  3. Menggunakan sendok plastik, kayu, atau berbahan porselen untuk mengambil madu. Tidak disarankan menggunakan sendok logam karena akan merusak unsur-unsur penting dalam madu.cara mengonsumsi madu sebelum tidur dengan benar
  4. Ketika proses menyampurkan madu dengan air, upayakan untuk mengaduknya berlawanan dengan arah jarum jam karena hal ini dapat mengikat oksigen lebih baik, sehingga akan memberikan energi lebih pada madu.
  5. Mengonsumsi madu dalam perut kosong akan lebih baik untuk penyerapana, meski juga tidak ada larangan untuk mengonsumsinya pada siang hari. Upayakan untuk memberi jeda selama 1-2 jam dari minum madu dengan aktivitas makan. Jika pada malam hari upayakan tidak makan minimal 3 jam sebelum tidur.
  6. Pastikan jenis madu yang Kita konsumsi adalah madu hutan asli terbaik yang kaya manfaat, hati-hati saat pemilihan madu karena banyak beredarnya madu palsu di pasaran.

Setelah mengetahui cara mengonsumsi madu dengan benar, diharapkan kita akan mendapatkan banyak manfaat dari madu yang kita konsumsi secara rutin. Lalu apa saja sih manfaat rutin minum madu sebelum tidur?

Manfaat Mengonsumsi Madu Sebelum Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan Imunitas dalam Tubuh

Madu dikenal sebagai zat anti biotik alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat pada tubuh. Hal ini dikarenakan madu mengandung zat inhibine atau yang biasa kita kenal dengan istilah hidrogen peroksida. Hidurogen peroksida yang terbentuk akibat efek osmosis inilah yang mempengaruhi kekentalan dan pH asam pada madu, sehingga kuman maupun bakteri tidak dapat berkembang pada keadaan asam tersebut.

Penggunaan antibiotik kimia sangat rentan menjadikan tubuh mengalami resistensi, yakni keadaan dimana bakteri akan kebal terhadap antibiotik kimia tersebut apabila terus dikonsumsi dalam dosis yang sama dan rentang waktu yang panjang. Maka dari itu, madu dijadikan alternatif utama antibiotik alami yang aman bagi tubuh.

2. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring sisa-sisa metabolisme dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin. Fungsi ginjal akan mudah rusak apabila terlalu sering mengonsumsi obat kimia, zat pengawet pada makanan, zat pewarna, dan minuman bersoda tinggi.

Rusaknya fungsi ginjal tersebut dikarenakan ginjal bekerja lebih keras untuk membersihkan sisa metabolisme tersebut dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Gejala ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri di bagian pinggang, dan untuk kasus yang sudah parah biasanya disertai dengan air kencing yang berdarah atau bernanah. Madu, terutama madu hutan asli, terdapat zat vitamin dengan kualitas yang baik dan kandungan mineral yang cukup membantu memperbaiki fungsi ginjal. Madu dapat meregenerasi sel dan jaringan yang rusah serta menetralisir organ ginjal dari zat-zat kimia yang terdapat dalam makanan yang kita supplai ke dalam tubuh.

3. Mencegah Penyakit Bronkitis

minum madu sebelum tidur

 

Bronkitis terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernafasan yang menyebabkan inflamasi atau peradangan dan membuat saluran nafas tersumbat oleh lendir (mucus). Hal ini ditandai dengan batuk, demam, flu, bahkan sesak napas. Mengonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat dapat membantu menghilangkan lendir yang berlebih pada saluran pernafasan. Sehingga madu dipercaya dapat membantu mencegah serta menyembuhkan penyakit bronkitis secara efektif. Oleh karena itu, upayakan untuk mendapatkan langsung dari penjual atau distributor madu terpercaya agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Tingginya proses oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan plak dalam darah akan berpotensi mengakibatkan penyakit jantung maupun stroke. Mengonsumsi madu secara rutin sebelum tidur dapat membantu mencegah gumpalan kolesterol di dalam pembuluh arteri karena adanya zat flavonoid dan anti oksidan yang terkandung di dalam madu.

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Perlu kita ketahui bahwa panjang saluran pencernaan dalam tubuh manusia yakni 10 kali tinggi badan atau kurang lebih sekitar 10 meter. Dalam jangka waktu yang panjang akan dikotori oleh sisa makanan yang tidak terbuang akibat kurangnya asupan makanan berserat, yang akan membusuk dan membuat kerak pada dinding usus, serta dapat mengeluarkan zat-zat beracun di dalam usus kita. Zat racun/toxin ini apabila tidak segera ditangani akan terserap oleh usus dan menjadi sumber segala penyakit yang berbahaya. Madu memiliki kemampuan yang prima untuk melindungi usus besar dari infeksi yang diakibatkan oleh sisa limbah makanan yang beracun. Bahkan madu seringkali digunakan untuk asupan program pembersihan usus atau dalam istilah medis sering disebut dengan Colone Cleansing Programe (CCP). Penggunaan madu untuk CCP memang disarankan mengonsumsinya ketika sebelum tidur. Madu akan bekerja efektif salam proses sekresi di malam hari, dan mengeluarkannya ketika pagi hari melalui sistem ekskresi.

6. Mencegah Perut Kembung

Perut kembung disebabkan oleh penumpukan gas (flatus) pada lambung dan usus kecil. Gas ini dihasilkan dari proses pencernaan makanan menjadi energi. Penyebab perut  kembung biasanya terjadi karena menderita sembelit, sehingga gas tidak dapat keluar dengan normal, yang menjadikan perut terasa penuh (sesak), biasanya ditandai dengan sering bersendawa. Minum madu dengan air hangat akan membantu mengatasi sembelit dan memperlancar buang air besar, sehingga dapat mencegah terjadinya perut kembung yang membuat tidak nyaman.

7. Menurunkan Berat Badan

Sama halnya dengan manfaat madu dalam menangani kolesterol, mengonsumsi rutin madu sebelum tidur ternyata juga sangat baik untuk meluruhkan lemak dalam tubuh. Zat vitamin dan mineral yang terkandung dalam madu sangat baik untuk melarutkan gula dan kalori yang terkandung dalam makanan sehingga dapat mencegah terjadinya timbunan lemak berlebih dalam tubuh.

Minum madu sebelum tidur akan lebih baik apabila disinergikan dengan pola makan yang sehat juga olahraga yang rutin, sebagai upaya untuk menjaga tubuh sehat kita dan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Please Login to Comment.

10 + 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.