Efektifitas madu mengobati maag mulai semakin dipahami sebab khasiat madu yang mampu memperbaiki sistem cerna. Maag terjadi akibat adanya infeksi pada lambung (sehingga kadang maag disebut dengan penyakit tukak lambung).

Bakteri gram negatif Helicobacterphylori merupakan bakteri yang disebut-sebut sebagai penyebab dari terjadinya tukak lambung. Bakteri Helicobacterylori ini memiliki struktur tubuh berupa dinding sel membran yang diselubungi oleh lipida dan hidup di bawah lapisan mukosa (lapisan lendir yang terdapat pada dinding lambung bagian dalam). Selain itu, maag juga muncul akibat kesalahan dalam pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat sehingga terjadi iritasi pada sistem cerna terutama lambung.

Di dunia kedokteran maag juga disebut dengan istilah gastritis, peradangan pada lambungyang  terjadi akibat kadar asam lambung sangat tinggi. Seringkali penyakit maag menyerang secara tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu yang cenderung singkat. Biasanya dapat segera sembuh cukup dengan makan saja.

Tapi pada beberapa kasus tertentu, penyakit ini dapat berubah menjadi sakit yang cukup serius serta membahayakan apalagi jika kemudian sampai terjadi luka lambung dan mengakibatkan pendarahan yang tidak sedikit. Hal ini yang dalam dunia medis disebut dengan Ulkus Peptikum, kondisi luka akibat lapisan lambung ataupun usus dua belas jari menjadi rusak akibat asam lambung berlebih dan getah pencernaan.

bagaimana madu mengobati sakit maag secara efektif

Maag atau disebut juga indigestion sendiri pada beberapa literatur tidak hanya membahas rasa nyeri yang berasal dari lambung namun pada organ pencernaan lain yakni rasa sakit yang dapat berasal dari usus halus ataupun kerongkongan akibat sejumlah kondisi tertentu. Penggunaan obat anti-imflamasi pun dapat menjadi penyebab penyakit yang memiliki sebutan lain dyspepsia ini.

Madu sebagai obat alami penyakit maag

Apakah madu bisa mengobati sakit maag? Jawabannya, iya. Madu mengobati sakit maag baru mencuat di bidang kedokteran setelah sebelumnya hanya dianggap pengobatan alternatif saja. Kenapa para dokter mulai melirik madu sebagai obat maag yang cukup efektif? Sebab dari hasil penelitian atas kinerja dan kandungan zat di dalam madu, sudah dapat diklarifikasi bahwa madu memiliki beberapa zat yang dapat membantu menstabilkan jumlah asam lambung.

baca juga: Madu Mengobati Batuk

Sifat madu yang mengandung anti bakteri membantu tubuh melawan bakteri penyebab maag: Helicobacter Pylori. Kemampuan madu memperbaiki sistem imunitas tubuh dapat melindungi lambung dan sistem pencernaan dari berbagai macam kuman dan bakteri yang membahayakan tubuh.

madu untuk mengobati maag

Madu asli alam memiliki kandungan senyawa keren untuk manusia. Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini mengandung glukosa, fruktosa, belerang, zat besi, sodium, magnesium dan lain sebagainya. Sifat madu yang mudah dicerna membuatnya mudah diserap tubuh dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit maag. Mari kita coba telusuri bagaimana madu mengobati sakit maag secara efektif.

Hanya madu yang benar-benar asli memiliki kandungan tersebut sehingga bagi yang baru mencoba konsumsi madu sebaiknya mengetahui dengan jelas perbedaan madu asli dan palsu karena banyak dan beraneka ragam yang di jual di pasaran.

Madu mengandung alkali dan mampu melakukan reaksi alkali sehingga dapat menetralisir asam pada lambung dengan membentuk garam. Semakin cepat ditangani, semakin baik dan tidak perlu khawatir akan hasil infeksi pada lambung maupun usus dua belas jari.

Sebagai tambahan informasi untuk mendapatkan madu yang kualitasnya bagus, bisa mencari tahu tentang distributor madu asli terpercaya dimana biasanya akan memberikan jaminan apabila tidak enak saat dikonsumsi maka uang pembelian bisa dikembalikan, ataupun juga melihat dari berbagai respon konsumen mereka.

Bagaimana menjadikan madu sebagai obat maag?

Mengkonsumsi sebelum makan merupakan salah satu cara efektif madu untuk mengobati maag. Hal ini dilakukan agar reaksi madu dapat langsung berefek untuk lambung bahkan menghilangkan nanah akibat infeksi pada lambung dan mengurangi zat asam pada lambung.

Kandungan kalium pada madu menyebabkan sifat alkali di dalam madu sebagaimana disebutkan sebelumnya. Kalium membantu memperbaiki kinerja pencernaan dan membentuk lapisan alkali guna melakukan penyembuhan pada asam lambung. Cara mengkonsumsi madu untuk penderita maag dengan meminumnya 1-2 sendok teh kala penyakit lambung ini menimpa. Rasa sakit dapat berkurang secara signifikan.

madu mengobati maag

Kemampuan viskositas pada madu dapat mengurangi rasa sakit kala gejala asam lambung menghampiri. Kandungan gula alami di dalam madu sudah digunakan sejak berabad lalu sebagai obat. Campurkan madu dan air hangat guna mengurangi rasa sakit saat maag melanda karena campuran ini dapat melindungi lambung dan menghentikan rasa sakit.

Bagaimana cara mengkonsumsi madu untuk penderita maag?

Cara mengobati maag dengan madu cukup mengkonsumsinya secara langsung, dicampur air (seperti yang pernah disebutkan sebelumnya) atau dicampur dengan ramuan tradisional seperti kunyit. Mengobati maag dengan kunyit dan madu dapat semakin meningkatkan efektivitas kesembuhannya sebab 2 jenis ramuan ini memang secara alami dapat membantu mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit maag kronis sekalipun. Penyajian madu dalam kondisi hangat menurut penelitian akan lebih baik dalam hal efek basa larutan madu.

Adapun cara minum madu untuk mengobati maag, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pilihlah madu hutan ataupun madu ternak yang benar-benar murni asli dari alam. Konsumsi madu untuk maag sekitar 1-3 sendok makan setiap kali hendak menikmati makan besar (sebaiknya 1 jam atau setengah jam sebelum makan). Madu juga dapat dikonsumsi langsung saat maag menyerang.
  • Hindari kondisi stress maupun tegang karena dua hal tersebut dapat menjadi pemicu diproduksinya asam lambung secara berlebihan. Hindari makanan yang dapat menjadi penyebab iritasi lambung. Pastikan anda juga menjalankan olahraga teratur, cukup makan, minum dan beristirahat.
  • Konsumsi madu murni secara terus menerus dan teratur. Dengan demikian, penyakit maag yang diderita dapat berkurang secara perlahan bahkan sembuh total tanpa akan kambuh lagi sebab mengkonsumsi madu secara teratur juga membantu tubuh mendapat asupan makanan secara teratur pula.

Madu Mengobati serta Cegah Maag Menyerang

Anda dapat mencegah terjadinya penyakit maag diantaranya sebagai berikut.

  • Makan secara teratur. Sadari alarm lapar alami, bukan lapar emosi. Ada 2 manfaat dari mengenali rasa lapar ini yakni mengetahui kapan tubuh butuh makan juga mengajarkan tubuh makan di saat yang benar-benar di butuhkan sehingga tidak akan menyebabkan overweight (kelebihan berat badan karena terlalu banyaknya lemak menumpuk akibat terlalu sering makan bukan pada waktunya).
  • Kopi, teh, semangka, melon, kentang, kubis, kol, jeruk asam, dan coklat adalah beberapa diantara makanan yang dapat merangsang diproduksinya asam lambung sehingga disarankan untuk menghindari konsumsi makanan tersebut. Boleh dikonsumsi tapi sesekali saja, tidak terlampau sering. Alkohol bagi anda yang sering mengkonsumsinya juga sebaiknya dihindari. Apalagi jika anda seorang muslim, meminum alkohol adalah hal terlarang.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi es karena dapat merusak lambung secara perlahan.
  • Hindari berbagai macam makanan instan sebab dikhawatirkan akan mengganggu sistem pencernaan.
  • Olahraga secara teratur dapat merangsang rasa lapar dan haus alami sekaligus menjadi upaya agar tubuh senantiasa sehat terjaga dan bugar.
  • Kelola pikiran se-efisien mungkin agar selalu positif sehingga tidak mudah stress.

mencegah maag dengan madu

Dalam tubuh manusia terdapat radikal bebas. Senyawa radikal bebas ini reaktif sekali dalam mengkatalisa reaksi oksidasi dan reduksi. Saat mengkonsumsi makanan tertentu, kadang tanpa disadari kita mengaktifkan dan memicu terbentuknya radikal bebas yang kemudian dapat menyerang berbagai lini subtrat tubuh seperti lemak, protein dan asam nukleat. Jika zat ini tidak dikendalikan maka akan memicu munculnya berbagai penyakit kronis lain. Pemberian madu dengan jumlah konsentrasi sekitar 20% terbukti secara klinis dapat melemahkan bakteri philory. Mari gunakan madu mengobati maag dengan cara alami.

Please Login to Comment.

18 − fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.