Penggunaan madu untuk wajah berminyak adalah salah satu solusi yang sering dilakukan untuk merawat wajah dengan produksi minyak berlebihan. Pada umumnya kulit wajah manusia digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu jenis normal, jenis kering dan jenis berminyak.

Wajah berminyak bisa diamati langsung dari tanda-tanda wajah yang terlihat berkilap karena produksi minyak berlebih meskipun baru saja dibersihkan/dibasuh air, pori-pori terlihat besar, mudah berjerawat dan muncul komedo dan terkadang terlihat kusam karena debu yang mudah menempel pada wajah yang berminyak.

cantik dengan madu untuk wajah berminyak yang mudah dilakukan

Perawatan yang aman untuk wajah berminyak akan lebih baik bila dilakukan dengan penggunaan paduan bahan-bahan alami. Termasuk diantaranya memanfaatkan khasiat madu untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Kondisi wajah berminyak cukup mengganggu penampilan jika tidak segera diatasi, karena memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif menghasilkan minyak sepanjang waktu maka walaupun baru saja dibersihkan, dalam waktu beberapa menit sudah terlihat berkilau lagi karena produksinya.

Wajah berminyak membutuhkan perawatan yang lebih kompleks karena kecenderungannya untuk mudah meradang dan berjerawat bila tidak sering dibersihkan dan dirawat dengan baik. Apabila jerawat yang muncul tersebut terkontaminasi oleh bakteri yang ada di tangan kita yang usil memencet bagian kulit yang meradang/berjerawat, dikuatirkan akan muncul infeksi dan peradangan yang semakin parah.

baca juga: Madu Mengobati Jerawat

cantik dengan madu untuk wajah berminyak

 

Jika anda memiliki wajah yang cenderung berminyak, perlu disadari betul tentang pentingnya menjaga kebersihan wajah, kebersihan tangan dan kualitas bahan-bahan yang digunakan saat merawat wajah. Selain itu jenis-jenis makanan yang dikonsumsi pun perlu diatur komposisinya agar produksi minyak tidak berlebihan. Salah satu solusi untuk merawat wajah berminyak adalah dengan menggunakan madu murni yang berkhasiat sebagai antiinfeksi, antioksidan, antiradang, pembersih kulit, penyegar kulit dan segudang manfaat lainnya.

Manfaat Madu Untuk Wajah Berminyak

Sebenarnya apa saja penyebab jenis wajah berminyak itu? Ada berbagai macam hal yang menjadi pemicu kelebihan produksi minyak.  Diantaranya adalah:

  1. Faktor genetik.
    Jenis wajah berminyak bisa terjadi karena faktor genetik yang diturunkan dari orangtua. Begitu juga kecenderungan wajah mudah berjerawat juga bisa karena faktor genetik. Kabar baik untuk pemilik wajah berminyak adalah produksi minyak pada wajah ini akan menghambat proses penuaan dini. Sehingga proses terjadinya kerut-kerut wajah menjadi lebih lambat, apalagi jika dirawat dengan cara yang tepat.
  2. Jumlah kelenjar minyak yang aktif dan ketidakstabilan hormon.
    Jumlah kelenjar minyak pada wajah manusia itu berbeda-beda jumlah dan keaktifannya. Begitu juga dengan ketidakstabilan hormon. Biasanya terjadi pada rentang usia remaja, saat kelenjar ini lebih aktif memproduksi minyak. Pada masa menstruasi , kehamilan dan stress berat, terjadi pula kondisi hormonal yang tidak stabil sehingga produksi minyak pada wajah akan meningkat tak terkendali. Sehingga sering didapati timbulnya jerawat pada wajah wanita di masa-masa tersebut.
  3. Kesalahan pemilihan produk kosmetika yang digunakan
    Beragamnya produk kosmetik saat ini memunculkan kebiasaan baru yaitu kebiasaan mencoba-coba kosmetik yang berbeda merek. Tidak setiap wajah cocok dengan produk kosmetik tertentu. Pengaruh iklan seringkali membuat para konsumen tidak berpikir panjang untuk mencoba sebuah produk kosmetik. Kandungan zat yang terdapat dalam masing-masing produk berbeda satu sama lain, perlu dicermati agar tidak muncul masalah pada wajah karena hal ini. Pemilihan kosmetik yang kurang tepat bisa membuat wajah mengalami iritasi dan merusak lapisan kulit sehingga produksi minyak pada wajah menjadi tidak terkontrol lagi.
  4. Perawatan wajah yang berlebihan.
    Semakin menjamurnya salon-salon kecantikan yang ada di sekitar kita berikut standar gaya hidup yang semakin beragam, membuat sebagian orang ingin menggunakan cara-cara instan untuk mendapatkan wajah yang bersih, putih dan cantik. Terkadang salah satu caranya adalah dengan mengelupas lapisan epidermis kulit wajah dengan bahan-bahan kimia dan memberikan cream-cream perawatan yang terbuat dari bahan-bahan kimia sintetis mengakibatkan keseimbangan alami kulit wajah menjadi terganggu dan wajah malah jadi memproduksi minyak secara berlebihan.
  5. Faktor jenis makanan
    Jenis makanan yang mengandung banyak minyak (gorengan), berlemak, bersantan dan pedas sangat mudah memicu naiknya produksi minyak pada kulit. Sehingga ada baiknya anda mengontrol  jenis makanan yang disantap sehari-hari dan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan alami ataupun juga bisa mulai dengan membuat pola hidup sehat dengan madu yang sudah terbukti memiliki banyak khasiat.

madu untuk wajah berminyak

 

Lalu bagaimana cara memanfaatkan madu untuk mengatasi masalah wajah berminyak? Karena penyebab wajah berminyak bisa berasal dari dalam dan dari luar tubuh, maka solusinya pun harus dilakukan dari dalam dan luar tubuh.

Solusi dari dalam tubuh adalah dengan rutin mengkonsumsi 1-2 sendok makan madu murni secara langsung ataupun dicampur dengan air hangat untuk minuman, dipadukan dengan herbal (jahe, serai, cengkeh dan lain sebagainya) maupun digabungkan dengan jus buah-buahan tanpa gula dan susu.

Di dalam madu alami terdapat kandungan vitamin C, vitamin B, vitamin K, berbagai enzim dan  mineral (Natrium, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Kalium, zat besi dan lain sebagainya. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah, memperbaiki metabolisme, menyeimbangkan hormon sekaligus sebagai sumber energi, sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Waktu terbaik adalah di waktu pagi hari sebelum beraktifitas dan sebelum perut terisi makanan.

Penggunaan Madu Untuk Wajah Berminyak Dalam Bentuk Perawatan dari Luar

Madu bisa digunakan sebagai pembersih, penyegar dan pelembab wajah dengan mengoleskannya secara langsung setelah wajah dibersihkan. Biarkan selama 30 menit- 1 jam kemudian bilas dengan air hangat.

Bisa juga dengan cara memanfaatkan madu sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan madu dengan buah-buahan tertentu yang dihaluskan yang cocok untuk wajah berminyak. Masker campuran madu dan buah ini bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak pada wajah berminyak.

Beberapa jenis masker yang mudah dibuat dan bahan-bahannya mudah diperoleh adalah:

  1. Masker madu dan jeruk lemon.
    Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan air perasan 1 butir jeruk lemon dengan madu murni secukupnya hingga menjadi campuran yang cukup kental. Oleskan dengan kuas masker pada seluruh permukaan wajah, hindari area dekat mata. Biarkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
    Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk lemon mampu mencerahkan dan menyegarkan kulit sekaligus membantu menyembuhkan jerawat. Sangat baik bila dipadukan dengan madu yang bisa melembabkan wajah sekaligus berfungsi sebagai anti bakteri, anti radang dan anti infeksi.
  2. Masker campuran madu dan putih telur.
    Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan bagian putih telur ayam mentah dengan madu berkualitas tinggi, hingga tercampur rata. Kemudian mengoleskannya pada permukaan wajah hingga merata dan membiarkannya hingga masker mengering sendiri.
    Kandungan protein pada putih telur membantu proses regenerasi sel-sel kulit, membantu memperkecil ukuran pori-pori sekaligus menyerap minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Sangat baik dipadukan dengan madu murni kualitas tinggi.

Kedua masker dari madu untuk wajah berminyak tersebut sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya ada di sekitar kita. Madu berkualitaspun sudah ada yang menyediakan, anda tinggal menghubungi kami untuk mendapatkan madu hutan asli yang berkualitas tinggi dan terjamin kemurniannya.

Please Login to Comment.

two × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.