Beranda » Blog » Efektifkah Madu Untuk Penyakit Campak Dalam Proses Penyembuhan?

Efektifkah Madu Untuk Penyakit Campak Dalam Proses Penyembuhan?

Diposting pada 4 January 2017 oleh / Dilihat: 1.246 kali

Efektifkah Madu Untuk Penyakit Campak Dalam Proses Penyembuhan? Madu untuk penyakit campak berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan karena beberapa khasiat yang terkandung di dalamnya. Sebelum membahas tentang manfaat madu untuk penyakit campak, perlu dipahami dulu penyakit campak itu seperti apa.

Sebagian orang masih sulit membedakan antara penyakit campak (rubeola / morbili / measles / gabagen) dengan penyakit Campak Jerman (Rubella). Antara kedua jenis penyakit campak itu gejalanya memang ada beberapa kemiripan, namun keduanya adalah penyakit yang berbeda dan memiliki tingkat resiko yang berbeda pula.

Campak Jerman (rubella) menyerang kulit dan kelenjar getah bening dan berbahaya bila menulari ibu hamil, karena dapa menyebabkan sindrom rubella kongenital yang akan mengakibatkan kelainanan bawaan pada bayi yang akan lahir. Penyakit Campak Jerman sering juga disebut sebagai campak 3 hari.

Penyakit campak yang akan kita bahas kali ini adalah penyakit campak yang disebabkan oleh virus Measles yang sangat menular. Penularannya melalui media percikan air liur / bersin yang terpapar di udara atau menempel pada baju/kain/barang disekitarnya dan terhirup oleh orang lain. Virus Measles tahan hidup beberapa jam di udara terbuka, sehingga kemungkinan untuk menulari orang lain sangatlah besar.

Efektifkah Madu Untuk Penyakit Campak Dalam Proses Penyembuhan?

Efektifkah Madu Untuk Penyakit Campak Dalam Proses Penyembuhan?

Penderita penyakit campak ini memiliki kemungkinan untuk menularkan virusnya pada orang lain dalam rentang waktu kira-kira 4 hari sebelum ruam muncul hingga 4 hari setelah ruam muncul. Maka sebaiknya tidak pergi kemana-mana dulu agar tidak menulari orang lain terutama yang beresiko tinggi seperti balita, anak-anak dan ibu hamil.

Jika seseorang sudah pernah mengalami penyakit campak jenis ini, maka sudah terbentuk antibodi dalam tubuhnya sehingga dia tidak akan mengalami penyakit campak lagi di kemudian hari. Ada vaksinasi  campak yang dianjurkan untuk diperoleh oleh bayi dan anak-anak untuk mencegah serangan penyakit campak ini.

Manfaat Madu Untuk Penyakit Campak

Gejala awal penyakit campak ini muncul setelah 7 sampai 14 hari dari mulai tertular virus campak. Gejalanya mirip dengan penyakit influenza, sehingga kadang salah mendeteksinya. Diantaranya adalah:

  • Badan lemas
  • Batuk
  • Panas demam
  • Hidung pilek
  • Radang tenggorokan
  • Konjungtivitis (mata terlihat merah dan meradang)
  • Radang saluran pencernaan dan diare
  • Pandangan menjadi peka terhadap cahaya,
  • Muncul Koplik’s spot (bintik putih kebiruan yang muncul di lapisan pipi bagian dalam.

Gejala awal berlangsung sekitar 2 sampai 3 hari dan akan berlanjut pada fase erupsi, yaitu munculnya ruam / bintik-bintik merah di sekujur badan, demam meningkat, diare dan kadang muntah-muntah. Ruam berwarna merah ini akan menghilang sekitar 3 hari.

Fase berikutnya adalah fase penyembuhan. Yaitu saat suhu badan kembali normal, ruam merah menghilang dan berubah menjadi kulit yang bersisik kehitaman.

Penyakit campak ini sebenarnya tidak ada obat khusus untuk membunuh virus penyebabnya. Obat-obatan yang ada fungsinya untuk mengurangi efek dari gejala-gejala yang menyertainya.

madu untuk penyakit campak dalam penyembuhan

Obat-obatan yang biasa diberikan pada pasien penyakit campak diantaranya adalah antibiotik (bila ditemukan infeksi akibat bakteri), obat penurun panas demam (paracetamol, ibuprofen atau naproxen), hindari pemberian aspirin pada anak-anak.  Vitamin A dosis tinggi diberikan untuk penderita penyakit campak untuk mempercepat pemulihan kesehatannya.

Obat-obatan tersebut membantu pasien untuk mengurangi efek gejala yang dideritanya. Sementara itu yang paling dibutuhkan oleh penderita penyakit campak adalah istirahat yang cukup dan banyak minum agar tidak dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi dan mencukupi kebutuhan energinya, pasien penyakit campak perlu banyak minum air hangat yang dicampur dengan madu. Karena kandungan gula alami di dalam madu mudah diserap oleh tubuh sehingga nutrisi yang ada di dalamnya mampu membantu tubuh mencukupi kebutuhannya.

madu untuk penyakit campak

Madu yang digunakan haruslah merupakan madu berkualitas tinggi yang bisa anda peroleh dari penyedia jual madu terbaik dan aman dikonsumsi.

Manfaat madu untuk mempercepat penyembuhan penyakit ini berada pada bagian mengurangi dampak gejala yang mengikuti penyakit ini. Pemanis alami ini memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh dalam melawan virus yang menyerang tubuh.

Madu juga memiliki manfaat untuk mengurangi efek batuk, demam dan pilek karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Kandungan vitamin B di dalam madu membantu tubuh untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Yang mana ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit campak.

Kandungan zat antiinflamasi dalam cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan aktifitas virus campak ini. Peradangan yang terjadi pada tenggorokan dapat dikurangi dengan meminum madu sehingga efek peradangan yang menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan akan berkurang.

Baca Juga : Madu Untuk Menyusui

Manfaat madu untuk memperbaiki metabolisme dan menetralkan peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya muntah.

Selain pengobatan secara medis dan menggunakan madu sebagai tambahan suplemen, untuk mempercepat proses penyembuhan, ada beberapa mitos yang sebenarnya perlu dibenahi di masyarakat sekitar kita tentang penyakit ini. Diantaranya adalah:

  1. Penderita penyakit campak tidak boleh terkena air/mandi.
    Justru penderita penyakit campak harus mandi agar badan lebih segar dan nyaman. Mandi juga berfungsi untuk mencegah infeksi yang bisa diakibatkan saat tangan penderita menggaruk kulit yang gatal akibat keringat dan kotoran yang melekat.
  2. Ada kepercayaan bahwa bila ruam merah pada kulit itu belum keluar semua maka pasien belum bisa sembuh. Padahal justru banyaknya ruam merah yang terlihat pada kulit inilah yang menjadi salah satu indikasi seberapa parah tingkat serangan penyakit ini.
  3. Tidak mengisolasi anggota keluarga yang terkena penyakit campak, sehingga menulari orang-orang di sekitarnya. Dengan alasan bila tertular penyakit ini maka akan kebal penyakit campak seumur hidup. Seharusnya pasien penyakit campak itu harus dipisahkan selama masa rentan menularkan virusnya. Karena ada sebagian orang yang bila tertular dikuatirkan akan mengalami komplikasi.

Mitos-mitos diatas seharusnya tidak diikuti karena memang penyakit campak ini bisa menimbulkan komplikasi bila salah dalam penanganan.

Resep Herbal Madu Untuk Penyakit Campak Yang Layak Dicoba

Beberapa resep madu untuk penyakit campak di bawah ini layak dicoba untuk membantu pengobatan dan pemulihan dari efek penyakit campak. Resep madu yang layak anda coba diantaranya adalah:

  1. Mencampurkan madu dan air kelapa hijau yang masih muda dan memberikannya pada pasien penyakit campak. Air kelapa muda ini memiliki banyak manfaat bagi pasien penyakit campak. Salah satunya adalah kandungan larutan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa muda. Larutan elektrolit yang mengandung ion-ion kalsium, magnesium, kalium, zat besi, dan lain sebagainya. Air kelapa bersifat isotonis, yang berarti memiliki kondisi yang mirip dengan cairan infus sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Air kelapa juga berfungsi sebagai zat anti racun yang menetralkan zat-zat yang bersifat racun yang ada dalam pencernaan pasien yang bisa menyebabkan mual dan muntah.
    manfaat kunyit untuk penyakit campak
  2. Madu yang dicampur dengan air perasan dari kunyit.
    Seperti sudah diketahui, menurut penelitian, kunyit adalah antibiotik dan anti radang yang alami. Terutama bermanfaat untuk memperbaiki kondisi pencernaan. Meminum madu yang dicampur dengan air perasan kunyit akan sangat baik untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada pencernaan dan tenggorokan. Sehingga gejala-gejala yang menyertai pasien akan lebih ringan akibatnya.

Begitu banyak manfaat madu sebagai suplemen mimuman untuk membantu proses penyembuhan pasien yang menderita penyakit campak. Masih banyak manfaat madu alami dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka sebaiknya selalu sediakan stok madu murni yang cukup yang ada dalam persediaan kebutuhan rumah anda.

Bagikan ke

Efektifkah Madu Untuk Penyakit Campak Dalam Proses Penyembuhan?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

2 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Efektifkah Madu Untuk Penyakit Campak Dalam Proses Penyembuhan?

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: