Apakah mengkonsumsi madu sebelum olahraga itu bagus? Demikian pertanyaan di sebuah forum olahraga. Berbagai jawaban muncul. Ada pro ada kontra. Yang kontra pun bukan melarang tapi lebih pada menganjurkan minum madu bukan sebelum olah raga melainkan setelahnya. Sang penanya pada forum tersebut menambahkan pertanyaan lanjutannya: jika ternyata meminum madu sebelum melakukan aktifitas olahraga itu tidak baik, maka sebaiknya mengkonsumsi apa? Madu nampak menjadi konsumsi yang oke untuk sumber energi sebelum berolahraga, ujarnya.

Lalu, apa jawaban yang baik mengenai hal ini? Coba cari mereka yang jual madu asli terbaik sekitar anda, dan ngobrollah sejenak mengenai makanan sebelum olahraga. Atau berdiskusi dengan teman dan pelatih anda.

kenapa mengkonsumsi madu sebelum olahraga menjadi bahasan menarik

Madu memiliki index glikemik yang lebih rendah dibandingkan jenis gula lainnya sehingga dapat menjadi cadangan karbohidrat yang sangat baik, nilainya sekitar 55. Index glikemik sendiri merupakan sebuah metode mengecek rating makanan berdasarkan efeknya terhadap glukosa dalam darah. Dengan nilai Glikemik Index yang rendah, konsumsi madu menjadi makanan yang baik sebelum olahraga dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat selama berolahraga. Nilai glikemik index yang rendah juga menandakan akan dicerna secara perlahan sehingga dapat berada di usus kecil dengan rentang waktu yang jauh lebih lama sehingga glukosa dilepaskan secara perlahan selama kegiatan olahraga berlangsung.

Konsumsi madu sebelum olahraga, kenapa?

Konsumsi madu sebelum aktifitas fisik merupakan bagian dari perlengkapan atletik. Selama bertahun-tahun para ahli nutrisi telah merekomendasikan konsumsi karbohidrat sebelum aktifitas olahraga guna tambahan peningkatan energi. Dan madu murni menjadi salah satu daftar bentuk karbohidrat efektif dan mudah dicerna. Jika anda mengkonsumsi campuran madu dan air putih sebelum olah raga, madu akan dilepaskan ke dalam sistem tubuh dalam jumlah yang tetap dan terus menerus selama aktifitas olahraga tersebut berlangsung.

Selain dikonsumsi sebelum olahraga, konsumsi madu saat olahraga dan meminum madu setelah olahraga juga tetap dapat dilakukan dan tentu tetap memiliki manfaat tersendiri. Hanya saja kita tidak akan membahas terlalu dalam mengenai konsumsi madu di dua waktu tersebut.

Madu sebelum olahraga, bagaimana tipsnya?

Saat anda merencanakan program pelatihan atletik atau olahraga secara teratur, ingat bahwa madu merupakan salah satu sumber karbohidrat yang menyediakan 17 gram dengan 64 kalori di setiap satu sendok makan yang dikonsumsi. Mengkombinasikan konsumsi madu dengan buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, gandum utuh, dan makanan yang baik lainnya dapat menambah nilai nutrisi yang masuk serta memberikan energi alami yang luar biasa bagi anda.

kenapa perlu madu sebelum olahraga

Anda dapat mencoba beberapa tips berikut guna memenuhi diet sehat anda dengan kebaikan manisnya madu. Diet artinya makan sehat berimbang ya. Catat itu.

  1. Terjaga dari rasa haus dan tetap berhidrasi adalah penting bagi seorang yang sedang melakukan olahraga, maka anda dapat menambahkan madu ke dalam air di botol minum anda guna memperoleh peningkatan energi selama berolahraga.
  2. Camilan merupakan hal yang baik selama camilan itu mengandung tambahan buah dan sayur ke dalam menu diet alias makan sehat anda. Cobalah mencampurkan selai kacang dengan madu, atau madu dengan cream cheese alias keju krim sebagai dressing untuk raw salad buah dan sayur anda.
  3. Roti gandum utuh lapis yang diisi dengan selai kacang plus madu sangat oke untuk dikonsumsi karena perpaduan tersebut dapat menjadi makanan dengan energi tinggi lengkap dengan kombinasi kece dari karbohidrat, protein dan lemak.
  4. Karena madu merupakan sumber energi yang enak dan dapat dibawa kemana saja, bawalah selalu madu selama anda berolah raga, bertanding, turnamen atau berbagai aktifitas padat lainnya guna menjadi suplai berkesinambungan untuk energi tubuh anda.

madu sebelum olahraga

Cairan madu membantu suplai energi yang perlahan tapi berkesinambungan dalam pelepasan glukosa dalam tubuh ke dalam darah saat dikonsumsi sebelum olahraga. Bisa dibilang, madu menjadi sumber energi yang tahan lama. Hal ini membantu tubuh anda menggunakan glikogen pada otot sebagai sumber bahan bakar gerak. Dengan penggunaan glikogen otot secara efektif dan hemat dapat menjaga tubuh dari kelelahan dan perut buncit. Minum madu saat olahraga pun berguna dalam meningkatkan energi secara efektif, meningkatkan tenaga otot dan memperbaiki penampilan anda.

Minum madu sebelum olahraga terbukti oke

Sebuah uji klinis yang dilakukan menyatakan bahwa mereka yang mengkonsumsi madu sebelum melakukan aktifitas fisik dapat  bersepeda lebih jauh dibandingkan mereka yang menggunakan suplemen glukosa. Maka minuman yang ditambahi madu berfungsi lebih efektif dibandingkan minuman elektrolit jika dinikmati sebelum berolahraga.

Sejak zaman dulu, madu sudah dimanfaatkan sebagai sumber energi dan suplemen peningkat stamina. Konon, para atlet Yunani senantiasa mengkonsumsi madu sebelum pertandingan dan setelah selesai tanding. Kandungan madu dapat menjadi peningkat performa olahraga mengingat kandungannya yang terdiri dari karbohidrat, vitamin dan mineral serta zat-zat berguna lainnya.

Konsumsi madu dalam meningkatkan performa olahraga dikatakan memiliki efektifitas yang setara dengan konsumsi karbohidrat glukosa (alias dekstrosa). Dalam sebuah studi yang melakukan simulasi bapal sepeda trial sejauh 64 km, para atlit yang diberikan konsumsi madu sebelum pertandingan (kombinasi air putih 250 ml dengan ditambahkan 15 gram madu maupun 15 gram glukosa dektrosa), setiap 16 km mampu menyelesaikan tahapan simulasi dengan waktu pencapaian yang lebih cepat dibandingkan dengan mengkonsumsi larutan yang tidak mengandung madu maupun glukosa. Angka yang dicapai para atlit sepeda tersebut:

  1. Atlit yang mengkonsumsi air madu sebelum bertanding mencapai target dengan waktu 128 menit 42 detik
  2. Atlit yang meminum larutan glukosa mencapai finish dengan waktu 128 menit 18 detik
  3. Atlit yang diberikan larutan pembanding membutuhkan waktu 131 menit 18 detik

tips konsumsi madu sebelum olahraga

Dalam perkembangan lain mengenai madu di bidang nutrisi, madu juga merupakan salah satu komponen utama yang dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan menggunakan sebuah metode diet yang disebut dengan hibernation diet, mengkonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu menurunkan berat badan melalui sebuah proses pemecahan lemak yang biasanya terjadi saat tengah tidur. Ketika anda tidur, karbohidrat terutama fruktosa dalam madu dapat membantu menyimpan glikogen hati yang nantinya berfungsi membantu menjaga lever glukosa dalam darah.

Otak yang mendapatkan asupan suplai energi dari glukosa darah akan mengeluarkan sebuah hormon yang disebut growth hormone. Hormon inilah yang nantinya mendorong terjadinya proses lifofisis alias pemecahan simpanan lemak sehingga dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Mengkonsumsi madu sebelum olahraga baik untuk asupan energi yang baik

Target asupan nutrisi sebelum olahraga sebaiknya dikonsumsi 3-4 jam sebelum kegiatan olahraga ini dilakukan. Pastikan asupan nutrisi sebelum olahraga mengandung karbohidrat dalam jumlah sedang atau tinggi sebagai sumber energi dan cadangan energi sebelum dan saat kegiatan olahraga berlangsung, konsumsi makanan kaya protein dalam jumlah sedikit guna memperbaiki dan membangun jaringan otot serta mengurangi rasa sakit otot setelah berolahraga, serta makanan rendah lemak dan serat guna mempermudah pencernaan nutrisi yang masuk.

Berdasarkan berbagai penelitian yang mengatakan bahwa campuran makanan berkarbohidrat sangat baik untuk meningkatkan energi selama kegiatan olahraga, terutama olahraga yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Nah, daripada memikirkan minuman berenergi, akan lebih baik jika anda mulai mencoba mengkonsumsi larutan madu sebelum olahraga. Karena selain kandungan karbohidrat, kandungan madu lainnya bermanfaat untuk tubuh. Cukup 1 sendok dan anda siap berolahraga penuh energi. Selamat mencoba!

Please Login to Comment.

7 + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.