Khasiat madu untuk bibir kering mungkin belum banyak diketahui dan digunakan, padahal saat ini sudah banyak bermunculan produk-produk pelembab bibir yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan baku pembuatannya.

Madu asli adalah bahan organik yang sangat aman untuk digunakan sebagai kosmetik alami. Salah satu hasil olahan lebah penghasil madu ini sangat mudah diperoleh saat ini di tempat-tempat yang menyediakan produk madu kemasan.

Berbagai macam bentuk kemasan berikut daftar khasiat produk yang ditawarkan mudah didapatkan di tempat-tempat tersebut. Anda tinggal memastikan saja bila produk madu yang anda dapatkan ini benar-benar asli, alami, dan berkualitas tinggi. Akan lebih baik bila anda mendapatkan produk-produk tersebut dari distributor / supplier terpercaya yang jual madu terbaik berkualitas tinggi dan aman untuk dikonsumsi.

Selama ini penggunaan madu murni lebih banyak digunakan sebagai makanan tambahan. Dicampurkan dalam bumbu masakan dan makanan olahan, sebagai bahan olesan menemani roti, maupun sebagai pemanis alami pengganti gula untuk minuman yang sehat dan lezat. Madu juga aman untuk dikonsumsi pasien penderita penyakit Diabetes Mellitus dalam jumlah terbatas dan dengan pengawasan ketat.

Kandungan zat-zat yang ada  di dalam madu memang sudah sejak beribu-beribu tahun yang lalu digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, untuk merawat kecantikan maupun sebagai sumber energi yang mudah diserap oleh tubuh.

Khasiat Madu Untuk Bibir Kering

khasiat madu untuk bibir kering sebagai pelembab alami

Penampilan fisik seseorang ditentukan oleh berbagai aspek, diantaranya adalah kesehatan badan, kesehatan kulit, rambut dan bibir. Wajah manusia, seringkali menjadi pusat perhatian saat berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Kondisi kesehatanan bagian-bagian dari wajah akan sangat membantu memberikan kesan yang baik saat bertemu dengan orang lain.

Kulit pada bibir manusia berbeda dengan kulit tubuh manusia pada umumnya. Kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang bermanfaat untuk mempertahankan kelembabannya, bibir juga tidak memiliki pigmen yang mampu menahan paparan sinar Ultra Violet. Sehingga bibir sangat mudah kehilangan kelembabannya yang mengakibatkan munculnya berbagai masalah seperti bibir kering, kulit bibir pecah-pecah, sehingga bisa menyebabkan luka berdarah maupun perubahan warna bibir.

Bibir yang sehat dan lembut merona pasti menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun ada kalanya kulit bibir berubah menjadi kering dan sudah pasti akan menimbulkan efek pada penampilan dan kesehatan.

Permukaan bibir yang terlalu kering lama kelamaan bisa mengelupas dan pecah-pecah lapisannya yang menimbulkan rasa perih. Secara estetika juga menjadi tidak indah dilihat sehingga mengganggu penampilan kita.

khasiat madu untuk bibir kering

Penyebab bibir kering biasanya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), pengaruh perubahan cuaca dan temperatur (terlalu dingin, cuaca terlalu kering, ataupun terpapar angin dalam waktu lama), pengaruh penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit bibir, atau bisa juga karena kekurangan gizi.

Apa saja upaya yang bisa digunakan untuk mencegah bibir kering itu? Beberapa diantaranya adalah:

  1. Cukup minum.
    Pada umumnya manusia membutuhkan asupan minum sekitar 2 liter (8 gelas air). Sumber referensi lain menyebutkan bila kebutuhan manusia akan minuman per hari adalah 1 liter/25 kg berat badan. Jenis minuman yang dikonsumsi pun tidak boleh sembarangan, hindari minuman beralkohol, kurangi minuman bersoda, batasi minuman kopi dan teh.
    Lebih baik konsumsi air putih maupun jus buah-buahan tanpa gula. Bila membutuhkan rasa manis,  bisa dicampur dengan cairan madu murni sebagai pemanis alami yang jauh lebih sehat daripada gula tebu.
    Cara mengetahui apakah tubuh kita ini tercukupi kebutuhan airnya adalah dengan memperhatikan warna air seni (urine) yang keluar dari tubuh kita. Bila warnanya bening (tidak kuning) maka kebutuhan air kita sudah cukup terpenuhi.
  2. Mencukupi kebutuhan nutrisi pada komposisi makanan.
    Kebutuhan kita akan nutrisi perlu dipenuhi dengan mengatur pola makan yang seimbang dan kaya akan buah dan serat. Bibir kering biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin B, zat besi dan mineral lainnya. Vitamin A juga diperlukan untuk mempercepat pemulihan bila sudah mengalami bibir kering. Perbanyak makan biji-bijian, tomat, wortel dan sayur-sayuran.
    Tambahkan juga madu sebagai suplemen alami untuk menutupi kekurangan asupan vitamin, mineral dan enzim-enzim lainnya bagi tubuh kita.
  3. Lindungi bibir dengan menggunakan lipbalm dan tabir surya.
    Saat kita melakukan kegiatan di luar rumah, kadang kita lupa untuk melindungi bibir kita dengan pelembab bibir yang sekaligus mengandung tabir surya. Paparan sinar matahari maupun terkena angin dalam waktu yang terlalu lama bisa membuat bibir menjadi kering dan kehilangan kelembabannya. Oleskan lipbalm / pelembab bibir sesering mungkin saat kita beraktifitas.
  4. Hindari penggunaan produk-produk yang mengandung zat yang dapat menimbulkan alergi.
    Gunakan kosmetik yang bebas dari zat aditif seperti menthol, pewarna dan pemanis buatan yang bisa menimbulkan gejala alegi pada bibir. Pilihlah produk yang alami, atau mengandung gliserin, ekstrak lidah buaya, minyak esensial, ataupun sorbitol yang mampu menjaga kelembaban bibir.
    Gunakan juga produk kebutuhan sehari-hari seperti pasta gigi yang bebas zat aditif yang tidak cocok untuk kulit bibir.
  5. Jika bibir terasa kering, hindari membasahi bibir dengan air liur karena akan semakin membuat kering. Biasakan juga bernafas lewat hidung (bukan mulut) untuk mengurangi paparan udara yang melewati bibir. Hindari juga mengelupas kulit bibir yang kering karena bisa menimbulkan infeksi akibat tangan yang kurang higienis maupun munculnya luka terbuka akibat kulit bibir terkelupas.

madu untuk bibir kering

Penggunaan Madu Untuk Bibir Kering Bisa Mengembalikan Kelembaban dan Kesehatan Bibir Anda

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering. Diantaranya adalah:

  1. Gel / cairan pada daging tanaman lidah buaya.
    Lidah buaya mengandung zat yang dapat melembabkan kulit dan mencegah infeksi bakteri yang menyertainya. Oleskan gel daging tanaman lidah buaya pada bibir. Rasanya agak pahit, sehingga kita perlu berhati-hati menggunakannya.
  2. Minum air kelapa muda murni tanpa gula.
    Air kelapa muda berfungsi layaknya zat elektrolit pengganti cairan tubuh yang keluar bersama keringat. Sehingga mampu mencegah dehidrasi yang dialami oleh tubuh kita.
  3. Buah Mentimun.
    Buah mentimun juga bermanfaat untuk melembabkan bibir kita. Oleskan potongan buah mentimun ke bibir untuk melembabkan kulit bibir dan mencegah terjadinya kondisi kering dan pecah-pecah atau kulit mengelupas.
  4. Madu memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kita, zat yang terkandung di dalam madu juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti infeksi dan kaya akan enzim untuk membantu proses regenerasi kulit.
    Cara penggunaannya sangat mudah, cukup oleskan madu alami pada permukaan bibir dan biarkan hingga beberapa menit. Lakukan di waktu-waktu luang anda dan rasakan bedanya.
    Rutinkan juga minum air madu setiap pagi sebelum perut terisi sarapan dan malam sebelum tidur agar nutrisinya terserap tubuh dan membantu proses perbaikan sel-sel tubuh.

Manfaat madu untuk bibir kering adalah salah satu dari begitu banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bibir kering. Madu adalah salah satu yang mudah diperoleh sekaligus tahan lama untuk disimpan. Sediakan selalu madu di rumah anda, dan dapatkan madu yang berkualitas dengan menghubungi nomer kontak refillmadu.com , distributor madu terpercaya yang menyediakan produk madu terbaik dan berkualitas tinggi.

 

Please Login to Comment.

one × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.