minyak zaitun dan madu untuk kesehatan

Jika kita mengetikkan kata “manfaat minyak zaitun” maka yang muncul di halaman pertama google adalah informasi seputar kecantikan dan kesehatan. Ya, umumnya memang minyak zaitun digunakan untuk kecantikan. Namun ada satu manfaat yang luarbiasa menurut kami dan ini jarang di eksplore banyak orang.

Salah satu manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu untuk “membersihkan usus besar”

Seperti kita ketahui bersama bahwa sumber dari banyaknya penyakit di tubuh manusia berasal dari pencernaan. Jika pencernaan kita baik, maka tubuh akan lebih sehat dan begitu juga sebaliknya.

Tentang Usus Besar

Usus besar adalah bagian dari sistem perncernaan kita, lambung, usus besar, dan usus kecil. Usus besar atau yang biasa disebut juga kolon berada di antara usus buntu dan rektum, atau berada pada akhir dari sistem pencernaan. Fungsi utamanya adalah menyerap air dari feses.

manfaat minyak zaitun dan madu bagi usus besar

Selain itu, fungsi usus besar adalah :

  1. Menyimpan dan mengeleminasi sisa makanan
  2. Menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dengan cara menyerap air
  3. Mendegradasi bakteri
  4. Tempat tinggal bakteri baik penghasil vitamin B dan K
  5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  6. Daur ulang dari berbagai nutrisi
  7. Mengeluarkan K+ dan Cl-
  8. Memadatkan Feses

Penyakit di Usus Besar : Sembelit

Ada beberapa penyakit yang biasanya menyerang usus besar, yang paling sering kita temui adalah sembelit. Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk buang air besar secara rutin. Umumnya seseorang yang mengalami sembelit hanya buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Penyebab sembelit umumnya karena kurang minum air putih, kurang mengonsumsi makanan berserat, dan juga perubahan pola makan yang tidak teratur. Cara paling murah untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengonsumsi air putih dan makanan berserat yang cukup.

Penyakit di Usus Besar : Radang Usus Besar

Selain sembelit, penyakit yang sering menyerang usus besar adalah peradangan. Radang usus besar adalah peradangan yang terjadi di dalam usus besar. Radang usus biasanya terjadi dalam jangka panjang. Biasanya muncul dan hilang dalam beberapa saat.

Pada penderita radang usus besar akan mengalami beberapa gejala diantaranya nyeri pada bagian perut, nafsu makan yang semakin berkurang, mengalami penurunan berat badan yang signifikan, diare yang bercampur dengan darah dan tubuh mudah lelah.

Mengingat pentingnya fungsi dari usus besar, penting bagi kita untuk secara sadar menjaga agar fungsi usus besar tetap baik.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Beli Minyak Zaitun Di sini

minyak zaitun dan madu untuk kesehatan

Bagaimana proses pencegahan penyakit di dalam Usus Besar?

Pertama, Mulai mengonsumsi makanan yang sehat, kaya serat dan rendah lemak buruk. Mengonsumsi makanan yang ‘berat’ akan membebani usus sehingga bekerja lebih berat dari sebelumnya. Sama seperti halnya tubuh manusia yang dipaksa untuk bekerja keras, akan mengalami penurunan fungsi yang jauh lebih cepat dari tubuh yang bekerja pada batas kemampuannya.

Kedua, Mengonsumsi suplemen terbaik dari alam yaitu madu. Mengapa madu, karena madu memiliki beberapa manfaat bagi sistem pencernaan seperti :

  • Memiliki sifat antibakteri terhadap beberapa kuman yang menyebabkan infeksi pada usus. Selain itu juga dapat mengurangi peradagan pada usus besar.
  • Madu mengandung prebiotik yang merupakan makanan bagi probiotik, bakter baik dalam sistem pencernaan.¬†Menurut penelitian, madu dapat meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas dari Bifidobacteria, salah satu probiotik yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.
  • Mengonsumsi air yang dicampur madu dapat membantu mengatasi dehidrasi dan kehilangan kalium akibat dehidrasi. Selain itu, meminum air yang dicampur madu juga dapat membantu mempercepat penyembuhan mukosa usus yang rusak akibat bakteri dan virus penyebab diare.
  • Madu mengandung enzim yang dapat membantu proses pencernaan karbohidrat.
  • Madu dapat berfungsi sebagai pencahar ringan.

Ketiga, Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin yang ternyata memiliki manfaat sebagai suplemen untuk membersihkan usus besar.

minum madu untuk pencernaan

Bagaimana agar Konsumsi Minyak Zaitun lebih Efektif?

Nah, masuklah kita pada pembahasan utama. Sebelumnya sudah pernah kami singgung tentang manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Dalam artikel ini juga kami singgung tentang bagaimana cara mengonsumsi minyak zaitun.

Agar minyak zaitun bekerja maksimal dalam membersihkan usus besar,

pertama pilih minyak zaitun jenis extra virgin atau biasa kenal dengan singkatan EVOO (extra virgin olive oil). Minyak zaitun jenis ini adalah jenis terbaik karena didapat dari perasan pertama dan dengan menggunakan metode dingin. Selain itu, jenis ini memiliki nutrisi yang lebih lengkap dari jenis yang lain.

Beli minyak zaitun extra virgin

Kedua, konsumsi minyak zaitun secara bertahap, artinya konsumsi dalam jumlah kecil terlebih dahulu misalnya dimulai dengan konsumsi sebanyak satu sendok teh, lalu ditingkatkan menjadi satu sendok makan dan seterusnya.

Ketiga, Konsumsi di pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini lebih disarankan karena minyak zaitun akan mudah tercampur dengan enzim pencernaan dan dapat memperbaiki sistem kerja pankreas. Mengonsumsi dalam keadaan perut kosong akan lebih optimal untuk penyerapan ke dalam tubuh. Lalu beri jeda sekitar 1 Р2 jam sebelum mengonsumsi makanan seperti biasa.

Inilah cara memaksimalkan kerja dari minyak zaitun dalam membersihkan usus besar. Konsumsi makanan berserat, tambahkan madu murni dan minum minyak zaitun dipagi hari setelah bangun tidur. InsyaAllah kerja usus besar akan lebih baik dan kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit usus besar.

Sistem pencernaan yang baik akan membuat tubuh jadi lebih sehat, karena kesehatan bermula dari sehatnya sistem pencernaan. Jaga pola makan sehat dan olahraga teratur.

Beli Madu Murni

Please Login to Comment.

8 + sixteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.