Penggunaan madu untuk wajah kering adalah satu di antara sekian banyak manfaat madu yang dapat kita rasakan dalam hal perawatan kecantikan wajah. Selain mudah dan murah, bahan alami madu sangat aman digunakan dalam jangka panjang, sekalipun untuk kulit yang cenderung sensitif. Kulit wajah kering ini terjadi karena kelenjar minyak dalam kulit (sebum) tidak bekerja secara optimal, sehingga kelembaban kulit menjadi terganggu. Kulit kering biasanya ditandai dengan gejala kulit terlihat bersisik, mengelupas, dan terlihat pecah-pecah.

baca juga: Manfaat Madu Untuk Kulit

perawatan alami madu untuk wajah kering yang patut dicoba

Penyebab kulit wajah kering di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Faktor cuaca dan pergantian iklim
  • Faktor usia, karena jumlah produksi minyak dalam kulit akan berkurang sejalan dengan penuaan pada kulit
  • Terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung
  • Terlalu sering berendam atau mandi dengan air panas
  • Kurangnya asupan air, buah dan sayur yang mengandung vitamin B2 dan vitamin E
  • Faktor penyakit tertentu, seperti dermatitis atopik atau yang biasa disebut dengan penyakit eksim dan psoriasis (peradangan kronis pada kulit)

Dari beberapa faktor penyebab yang telah disebutkan di atas, ada satu lagi faktor yang dapat menyebabkan gangguan kulit kering, yakni karena pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Hal ini dapat memicu rusaknya jaringan lemak pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai pelembab alami dari dalam. Nah, untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang kandungan dan khasiat madu untuk mengatasi wajah kering.

Kandungan Madu untuk Wajah Kering

Kandungan madu untuk wajah kering

Banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa madu merupakan zat yang bersifat humectant, yang artinya madu memiliki kemampuan untuk menarik air dari lapisan tengah kulit (dermis) ke dalam lapisan luar kulit (epidermis) sehingga dapat menyeimbangkan kadar air ke seluruh jaringan kulit. Madu dikenal juga bersifat higroskopis, yakni zat yang memiliki kemampuan menyerap molekul air dengan sangat baik, sehingga jika ditilik dari segi kosmetika, madu sangat dipercaya menjadi bahan alami utama untuk pelembab wajah.

Selain bersifat humectant dan higroskopis, madu juga mengandung zat-zat lain di antaranya :

  1. Zat polyphenol (senyawa kimia yang ditemukan secara alami pada tumbuhan dan bersifat anti oksidan tinggi), hal ini sangat baik untuk menutrisi jaringan kulit dan meregenerasi sel kulit mati.
  2. Zat Flavonoid, yang berfungsi menetralisir radikal bebas, sehingga akan meminimalkan efek kerusakan sel jaringan sehat. Flavonoid ini juga dikenal sebagai zat anti inflamasi yang bekerja untuk mengatasi alergi atau iritasi penyebab kulit kering.
  3. Madu mengandung vitamin, seperti vitamin B1, B2, dan B6, vitamin C, juga vitamin E yang sangat baik digunakan sebagai serum dan pelembab alami untuk kulit wajah.

Dalam bukunya yang berjudul Natural Beauty at Home, Janice Cox menuturkan bahwa madu juga efektif sebagai zat antimicrobial agent, dimana madu akan berfungsi sebagai anti bakterial alami yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri jahat pada kulit. Inilah yang menjadi kelebihan madu, sangat cocok digunakan sebagai bahan perawatan alami kulit, salah satunya dengan memanfaatkan madu untuk melembabkan wajah kering. Oleh karena, itu upayakan untuk mengonsumsi yang benar-benar asli dengan membeli kepada penjuala ataupun distributor madu terpercaya.

Cara Pembuatan dan Penggunaan Masker Madu Untuk Wajah Kering

Setelah mengetahui banyak hal terkait kandungan yang terdapat di dalam madu, sekarang kita dapat mencoba membuat masker madu alami untuk perawatan kulit kering. Bahan yang digunakan tidak terlalu banyak, cukup dua sendok makan madu dan satu buah pisang yang sudah matang. Pisang dikenal sebagai buah yang mengandung zat probiotik sangat tinggi. Zat Probiotik dikenal sangat baik dalam mencegah peradangan saluran sistem pencernaan, namun belakangan ini probiotik mulai digunakan sebagai zat pelengkap untuk perawatan kulit yang ternyata memberikan efek luar biasa. Selain untuk menghambat tumbuhnya mikroorganisme, probiotik juga berfungsi untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan sebagai zat anti penuaan dini. Jadi tidak heran apabila madu dan pisang dijadikan sebagai andalan dalam mengatasi kulit wajah kering secara alami.

madu untuk wajah kering

Berikut cara pembuatan masker dan penggunaannya :

  • Siapkan mangkuk kaca yang bersih, campur dua sendok makan madu asli dengan buah pisang yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Aduk hingga kedua bahan ini tercampur rata.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat (suam-suam kuku) supaya pori-pori wajah terbuka dan membantu mengoptimalkan penyerapan masker ini ke dalam kulit wajah. Kemudian keringkan dengan handuk yang bersih dan lembut di kulit.
  • Oleskan masker secara perlahan dan merata ke seluruh wajah (kecuali mata dan bibir).
  • Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Upayakan tidak banyak melakukan gerakan pada wajah, rileks, dan atur nafas dengan teratur.
  • Setelah mengering, bilas wajah dengan air hangat dan biarkan air yang ada di wajah mengering dengan sendirinya.
  • Kemudian basuh wajah lagi menggunakan air dingin supaya pori-pori wajah tertutup kembali. Hal ini dilakukan supaya terhindar dari tumbuhnya jerawat pada kulit wajah.
  • Keringkan dengan menggunakan handuk bersih dan lembut. Upayakan untuk mengusap dengan perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya.
  • Lakukan perawatan ini 3x dalam seminggu secara rutin

Selain dengan membuat masker madu untuk wajah kering seperti yang sudah dipaparkan di atas, kita juga tidak boleh lupa untuk memenuhi asupan air dalam tubuh dengan memperbanyak minum air putih hangat. Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi atau kekeringan yang juga berdampak pada kulit yang akan terlihat bersisik. Penuhi juga asupan serat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin supaya kulit tetap terjaga kelembabannya dan merangsang regenerasi sel kulit mati, sehingga kulit akan tetap sehat dan wajah akan terlihat lebih segar.

Selamat mencoba

Please Login to Comment.

seventeen + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.