0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

BAGAIMANA CARA MUDAH MENGETAHUI MADU ASLI DAN PALSU?

Dewasa ini masyarakat mulai resah dengan beredarnya madu asli dan palsu yang sekilas nampak sama. Semakin baiknya kesadaran masyarakat tentang manfaat dari mengkonsumsi madu membuat beberapa pihak nakal mengakali madu demi keuntungan pribadi tanpa memikirkan akibat yang diderita konsumen. Sementara mereka yang ingin memulai hidup sehat dengan madu jadi kebingungan apakah produk yang dibelinya adalah madu asli atau palsu.

Ya, beberapa oknum nakal mendistribusikan madu oplosan alias bukan lagi madu murni melainkan sudah dicampur dengan gula, pemanis buatan atau air. Hal ini supaya mereka mendapat keuntungan  berlipat dengan modal yang kecil. Padahal tentu saja yang namanya barang palsu itu tidak baik. Misal, madu yang asli aman bagi penderita diabetes. Tetapi jika yang dikonsumsi ternyata madu oplosan yang sudah ditambahkan gula dalam jumlah yang tidak sedikit, tentu ini berbahaya.

bagaimana cara mudah mengetahui madu asli dan palsu

 

Seperti apa Madu Asli dan Ciri Madu Palsu

Sebelum kita membicarakan mengenai bagaimana tips membedakan madu asli dan tidak asli, anda perlu tahu bagaimana ciri madu asli dan bagaimana ciri madu buatan agar tepat saat memilih madu yang baik untuk dikonsumi. Madu asli dibuat oleh lebah dengan menggunakan bahan dasar nektar pada bunga dengan cara fermentasi yang dicampur dengan air liur dan zat alami pada tubuh lebah. Sedangkan madu palsu merupakan madu campuran atau bahkan tidak ada unsur madu sama sekali di dalamnya. Ada 3 jenis pemalsuan madu yang umum ada di masyarakat yakni pemalsuan dari sisi berikut:

  1. Kuantitas
    Pada pemalsuan jenis ini, oknum nakal membuat oplosan madu. Mereka mencampur gula dan air yang kemudian digabungkan dan diaduk ke dalam madu asli sehingga madu yang seharusnya 1 L bisa jadi 2 atau bahkan 3 liter. Lebih parah lagi jika gula yang dicampur tersebut adalah zat gula sintetis, sirup atau semacamnya. Pada beberapa kasus pemalsuan madu, komposisi madu 20% dicampur dengan madu palsu sebanyak 80%. Luar biasa profit yang bisa didapat si penjual tapi juga luar biasa kerugian yang diderita oleh konsumen. Sudah lah terlalu mahal membayar, ditambah khasiat yang jauh dari harapan.
  2. Kualitas
    Salah satu ciri madu asli adalah kadar airnya yang rendah sehingga memililki kekentalan yang tinggi. Hal ini menjadi bagian dari penentu kualitas produk madu. Sayangnya, beberapa oknum kemudian tidak siap menerima bahwa dalam proses ternak madu bisa jadi ada hasil yang belum maksimal. Maka kemudian madu yang ia miliki dengan kadar airnya masih sekitar 22-30% itu diotak-atik menggunakan sistem pemanasan agar kadar air pada produk madunya menurun sesuai dengan target kekentalan yang ditetapkan.
  3. Seluruhnya
    Di poin satu sempat disinggung bahan campuran pada madu palsu. Ya, gula dan air. Maka oknum nakal ini membuat madu palsu yang benar-benar palsu tanpa ada unsur madunya sedikitpun. Kekentalan diakali dengan cara pemanasan hingga mencapai titik kental yang ditetapkan. Tentu saja ini jauh lebih berbahaya dibandingkan 2 jenis pemalsuan sebelumnya mengingat tentu saja tidak ada sama sekali khasiat madu di dalamnya. Sehingga ini betul-betul madu sintetis.

Maka untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diharapkan dan tentu saja agar khasiat madu yang sedemikian banyak itu dapat dirasakan dengan baik oleh mereka yang mengkonsumsinya, anda perlu mengetahui bagaimana cara gampang mengetahui madu asli dan palsu. Ada 2 cara secara umum: saat akan membeli dan cek madu asli atau palsu jika sudah terlanjur ada di rumah.

  1. Sebelum membeli
    Coba anda perhatikan tampilan madu yang akan dibeli. Madu murni pada dasarnya hanya terdiri dari madu tanpa ada endapan tertentu. Hal ini perlu anda lakukan hanya jika anda sedang mencari madu murni, bukan madu yang sudah ditambahkan bahan lain seperti madu temulawak misalnya. Jika pada madu murni yang akan anda beli terdapat endapat (biasanya berwarna kecoklatan) maka kemungkinan besar madu tersebut sudah dicampur dengan zat tambahan lain, gula buatan misalnya.
    Di awal mungkin bisa saja tidak nampak karena penjual sudah melakukan trik tertentu sebelumnya. Maka diamkan sejenak agar nampak apakah ada atau tidak ada endapan.
    Jika anda terbiasa mengecek label expire date pada makanan yang dibeli, maka khusus untuk produk madu seharusnya tidak ada expire mengingat madu asli secara umum tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Jika tanggal kadaluarsa pada produk madu yang akan dibeli sangat pendek, kemungkinan besar madu tersebut sudah dicampur dengan bahan pengawet, jadi berhati-hatilah.
  2. Cek yang di rumah
    Anda memiliki stok madu di rumah dan ingin mencoba cara cek madu asli dan palsu pada produk tersebut? Cukup percayakan pada tubuh anda. Kenapa? Sebab rasa manis alami pada madu tidak terasa asam di tenggorokan atau menyebabkan kita seperti tersedak saking manisnya. Pada produk madu palsu, saat dikonsumsi madu ini membuat tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh adanya bahan campuran dalam madu. Sayangnya bagi yang pertama kali atau masih pemula dalam hal mengkonsumsi madu, cara ini mungkin terkadang tidak efektif karena lidah dan tubuh merespon sama: manis. Tapi semakin lama, anda akan semakin mudah membedakan madu asli dan palsu.

Cara Mudah Mengetahui Madu Asli dan Palsu

Adapun cara lain yang dapat anda coba untuk melakukan tes madu asli dan campuran, bisa dicek pada daftar berikut.

  1. Cek kelengketan madu
    Komposisi madu yang memiliki kadar rendah membuat madu memiliki kekentalan cukup pekat sehingga kadar kelengketannya pun tinggi. Maka anda dapat mencoba meneteskan madu pada kulit. Madu asli biasanya sulit dibersihkan hanya dengan tangan kosong (ada sisa menempel di kulit).
    Anda juga dapat mencolek madu dengan jari selama kurang lebih 2 menit maka jika madu yang anda miliki asli, saat anda mengangkat jari dari celupan, madu meleleh secara perlahan tapi tidak terputus dari sumbernya seolah-olah terus tersambung.
    cara membedakan madu asli dan madu palsu
  2. Teteskan pada kertas
    Kandungan air yang sangat minim pada madu selain menyebabkannya menjadi kental juga ketika diteteskan ke atas kertas (kertas koran yang tipis sekalipun) tidak akan membuat bolong karena tembusan basah terkena air. Kalaupun ada sedikit nampak basah, itu tidak masalah. Berbeda dengan madu palsu yang memang dicampur air dan gula, kertas bisa berlubang.
    madu-asli-dan-palsu
  3. Rasa Madu tidak berubah
    Madu sebagian memiliki rasa manis (bahkan pada madu pahit sekalipun) dengan aroma khas tergantung sumber nektar yang digunakan oleh lebah. Pada madu asli, rasanya tidak berubah meskipun penutup wadahnya sudah dibuka selama beberapa menit. Sedangkan pada madu palsu, karena ada unsur gula dan air tambahan maka rasanya hilang sebab air menguap dan yang tersisa adalah rasa gula dengan aroma tambahan.
  4. Cek Kejernihan Madu
    Pada madu asli, warnanya cenderung lebih pekat dan ada sisa-sisa bekas sarang lebah yang hancur saat proses penyaringan serta kotoran sisa serbuk sari. Kedua “kotoran” tersebut sulit hilang karena daya lekatnya yang tinggi tercampur di dalam madu. Sedangkan pada madu palsu, biasanya warna lebih jernih dan bersih tanpa sisa apapun.
  5. Cari Bantuan Semut
    Madu asli tetap akan dirubungi semut mengingat memang ada zat gula alami disana. Hanya saja, pada madu alami semut tidak akan masuk ke bagian dalam madu sebab ada kandungan enzim murni dengan aroma menyengat bagi semut sehingga semut tidak menyukainya.
    membedakan-madu-asli-dan-palsu-dengan-semut

Bagaimana, apakah cara membedakan madu asli dan palsu yang kami sebutkan di atas mudah untuk dicoba? Jadi tidak ada istilah tertipu beli madu lagi ya. Selamat mencoba.

Leave a response

six − 3 =