Beranda » Blog » Ciri Ciri Madu Hutan yang Perlu Kita Ketahui

Ciri Ciri Madu Hutan yang Perlu Kita Ketahui

Diposting pada 14 August 2017 oleh bang mimin / Dilihat: 362 kali

Tak kenal maka kenalan, hehe. Bagi anda yang ingin membeli madu hutan asli dan murni, ada baiknya anda membaca ciri-ciri madu hutan asli dan murni di artikel ini. Karena sering kali ada beberapa pemahaman yang salah tentang madu hutan sehingga kita sebagai konsumen sering tersesat.

Mengenai cara mengenali madu asli dan palsu dapat anda baca dalam artikel ini.

madu untuk liver

Madu seperti kita ketahui bersama memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia, rutin dikonsumsi dapat menjadikan tubuh lebih fit dari sebelumnya. Dan untuk beberapa jenis penyakit dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi madu.

Namun, ditengah upaya kampanye minum madu, ada pihak yang gak bertanggungjawab memanfaatkan momen dengan menjual madu palsu. Dan jumlah madu palsu yang beredar sangat banyak sehingga membuat kepercayaan konsumen terhadap penjual madu asli menjadi tergerus.

Dalam artikel ini kami akan sharingkan pengalaman kami bersentuhan dengan madu hutan, mudah-mudahan sharing ini dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang madu hutan.

Sejak 2014, kami memfokuskan diri menjual madu hutan murni, baik madu hutan yang manis maupun madu pahit. Walau madu herbal tetap kami jual, namun fokus utama kami adalah menjual madu murni.

Madu yang kami jual seluruhnya berasal dari hutan sumatera yang tersebar di provinsi Riau, sumatera barat, hingga jambi. Madu dari hutan riau biasa juga disebut sebagai madu hutan sumatera. Karena walaupun disebut madu hutan riau, terkadang ada juga madu yang sebenarnya bersumber dari hutan jambi, hingga sumatera barat.

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Lebah yang menghasilkan madu terdapat dua jenis, lebah yang memiliki sengat dan lebah yang tidak memiliki sengat. Lebah yang memiliki sengat umumnya dari jenis Apis.

Lebah yang menghasilkan madu hutan sumatera umumnya adalah jenis lebah apis dorsata. Lebah ini adalah lebah liar yang sampai hari ini belum dapat diternakkan. Hidup berkoloni di pohon-pohon sialang berusia puluhan tahun.

ciri ciri madu hutan dari segi warna?

Sering kali kami mendapat pertanyaan ini. Karena sudah terbiasa membeli madu hutan yang memiliki warna coklat tua, saat ada madu hutan yang warnanya lebih muda, merasa ini bukan madu asli. Padahal tidak demikian.

Madu hutan umumnya bersumber dari nektar berbagai bunga yang ada di dalam hutan. Karena dari banyak bunga, maka disebut madu multiflora.

Nah, untuk masalah warna madu hutan, amat tergantung dari bunga yang paling dominan. Ada yang warnanya merah kecoklatan gelap, ada juga yang berwarna merah coklat agak terang, merah, hingga yang berwarna kuning seperti minyak goreng.

Apakah semua asli? Ya, anda bisa uji lab terlebih dahulu atau mengikuti kaidah yang kami ceritakan pada artikel sebelumnya.

Jadi, apakah warna dapat dijadikan standar ciri ciri madu hutan yang asli? jawabnya tidak kawan, madu memiliki banyak warna tergantung jenis nektar bunga dominan yang dihisap lebah.

Bagaimana Ciri ciri madu hutan dari Rasanya?

Pertanyaan yang sering muncul lagi kepada kami adalah soal rasa. kembali lagi harus kami sampaikan bahwa untuk warna, rasa dan sifat-sifat fisik lainnya dari madu hutan, sangat tergantung kepada nektar bunga yang dihisap oleh lebah.

Namun, umumnya untuk madu hutan sumatera yang berasal dari riau dan sekitarnya memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Bahkan untuk beberapa daerah sangat asam.

Rasa asam ini bukan karena madu sudah rusak (terfermentasi menjadi alkohol) tapi memang secara alami rasanya sedikit asam. Ada perbedaan aroma dan rasa jika madu sudah rusak/ berubah menjadi alkohol. Pertama dari gas yang lebih tinggi dari sebelumnya, busa yang berlimpah, rasa yang asam dan aroma yang sudah mirip alkohol.

Kami juga pernah mendapatkan madu hutan yan baru dipanen memiliki busa yang berlimpah dan gas yang tinggi. Ini juga berbeda dengan madu yang sudah terfermentasi ya. Karena bagi sebagian pengepul madu menjadikan gas dan busa sebagai patokan itu madu asli atau palsu. Walau teap perlu diuji di lab untuk memastikannya.

Ketiga hal diatas yang selama ini sering kami temui dilapangan dan menjadi sumber ketakutan para calon konsumen madu. Mereka takut membeli madu palsu, karena memang peredarannya sudah sangat luas dan secara fisik sulit kita membedakan mana madu asli dan mana madu yang palsu.

jadi kesimpulannya adalah Warna, Rasa dan aroma tidak dapat dijadikan patokan ciri ciri madu hutan untuk menilai madu yang kita beli tergolong madu hutan asli atau bukan. Tapi, dari pengalaman kami selama ini, untuk madu hutan memang memiliki ciri seperti yang kami gambarkan diatas. Semua tergantung nektar bunga dominan yang dihisap oleh lebah apis dorsata.

Semoga artikel kali ini ada manfaatnya, dan kita dapat mengenali ciri madu hutan, serta mampu menjadikan kita konsumen yang cerdas, tidak mudah termakan isu/ mitos yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Bagikan ke

Ciri Ciri Madu Hutan yang Perlu Kita Ketahui

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

4 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ciri Ciri Madu Hutan yang Perlu Kita Ketahui

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Admin Refillmadu
● online
Admin Refillmadu
● online
Halo, perkenalkan saya Admin Refillmadu
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: