Sering kali kami mendapati konsumen yang menganggap bahwa madu hutan pahit sama dengan madu hitam pahit. Mungkin karena madu hitam pahit lebih dulu populer sehingga persepsi konsumen mengatakan bahwa ini adalah dua jenis yang sama.

Awalnya saya juga berpikir seperti itu, saya mulai mengetahui perbedaannya saat saya mencoba menawarkan produk madu hitam pahit ke salah satu toko herbal di Kota Medan.

Dalam obrolan dengan pemilik toko, saya sampaikan bahwa saya memiliki produk madu hitam pahit, dengan harga sekian ribu rupiah.

Lalu pemilik toko balik bertanya, itu madu pahit murni atau madu murni di tambahkan herbal?

Dengan pertanyaan ini saya jadi berpikir, apakah madu yang saya tawarkan ini madu murni atau madu plus herbal? Tapi untuk meyakinkan beliau saya katakan saja bahwa ini adalah madu hutan pahit murni.

Lalu beliau melanjutan, bahwa madu hutan pahit yang murni memiliki harga yang sangat mahal. Sedangkan harga yang saya tawarkan ternyata tergolong murah. Itu sebabnya beliau curiga. Selanjutnya beliau berkata, silahkan antar ke toko nanti kita lihat.

Dengan pertanyaan di atas, saya jadi berpikir ulang dan mempelajari ulang dan benar ternyata bahwa madu hitam pahit memang tidak tergolong madu murni, tapi madu + herbal. Bahkan ada yang hanya sirup gula yang ditambahkan herbal pahit sehingga mirip madu.

Herbal pahit yang ditambahkan ke dalam madu tadi adalah jenis herbal brotowali dan sambiloto. Kadang ada tambahan kapulaga atau ekstrak mahoni.

Memang, menurut informasi yang saya dapatkan waktu itu, madu hutan pahit yang terkenal berada di pulau bangka, panennya setahun sekali dan langka sehingga memiliki harga yang relatif mahal. Waktu itu harga madu pahit dari pulau bangka ini dihargai hingga 500 ribu per kg.

Belakangan, saya mendapati beberapa sumber madu hutan pahit lainnya di pulau sumatera ini, seperti di riau dan di sumatera barat.

Beberapa sumber madu pahit berasal dari hutan mangrove atau hutan bakau. Jadi ada lebah yang menghisap nektar bunga bakau. Sayangnya pasokannya tidak banyak dan rutin.

Madu hutan Pahit Murni

Ciri Ciri Madu Hutan Pahit

Untuk warna ternyata madu hutan pahit tidak melulu hitam pekat seperti madu hitam pahit yang banyak beredar. Kami menjual madu hutan pahit murni yang memiliki warna merah dan terang. Serta dengan kadar air dan gas yang agak tinggi dibandingkan madu pada umumnya.

Untuk rasa, pahit dan diujung – ujung terasa manis. Mirip sekali rasanya dengan madu hitam pahit di pasaran.

Untuk harga madu hutan pahit memang sedikit berbeda dan relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan harga madu hitam pahit.

Madu Murni atau Madu Plus Herbal?

Jika harus memilih sebenarnya sebaiknya kita memilih madu murni karena memang yang murni tetap lebih baik. Namun, jika kita membutuhkan pasokan dalam jumlah besar dan rutin, jelas madu plus herbal bisa jadi pilihan lain.

Secara khasiat, kedua madu ini memiliki khasiat yang realtif sama. Namun saya belum menemukan testimoni langsung dari konsumen yang sudah mengonsumsi madu hutan pahit murni dan madu hitam pahit (herbal). Saya meyakini keduanya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh selama produsen madu hitam pahit dan pemanen madu hutan pahit tetap amanah.

Seperti saya singgu pada artikel sebelumnya soal ciri madu asli dan madu palsu, salah satu indikatornya adalah siapa yang menjualnya.

Ini dulu penjelasan kami soal madu hutan pahit dan madu hitam pahit, sepintas lalu kelihatnnya sama, tapi sebenarnya ini adalah dua produk yang berbeda, semoga dapat memberikan informasi yang anda butuhkan. Salam.

 

BK

Please Login to Comment.

17 − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.