Kami bersyukur, hari ini kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya manfaat semakin meningkat. Salah satu produk makan yang memiliki banyak manfaat adalah Madu, baik madu (asli) murni atau madu yang sudah ditambahi herbal. Ditambah dengan kemudahan mendapatkan produk madu baik secara online maupun offline.

Lalu, apa saja manfaat minum madu secara rutin baik dipagi hari maupun menjelang tidur di malam hari?

Mengurangi  Insomnia, Membuat Tidur Lebih Lelap (Deep Sleep)

Tidur yang nyenyak memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Saat tidur, tubuh menjadi rileks, tekanan darah berkurang, memproduksi hormon antistress. Selain itu, tubuh yang kurang tidur akan mengalami gangguan metabolisme dan penurunan kemampuan otak dalam berpikir.

Di dalam madu ada kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan tubuh untuk relaksasi, sehingga lebih mudah untuk tertidur.

Kami yang dulu mengalami insomnia akut, tidak bisa tidur hingga menjelang subuh. Setelah rutin mengonsumsi madu, lebih mudah tidur dimalam hari. Kadang di pukul 11 malam sudah mulai muncul kantuknya. Jika dipaksa terjaga hingga lewat dinihari memang bisa saja, tapi efeknya ketika bangun tidur menjadi tidak nyaman.

Selain itu, kami juga merasakan tubuh lebih segar saat bangun. Capek capek/ pegal pegal yang kami bawa tidur menjadi berkurang drastis.

Deep Sleep, tidur lelap nyenyak

Mengurangi Gangguan Asam Lambung

Ada pertanyaan unik dari salah satu teman saya, beliau menanyakan “berapa persenkah kadar keasaman madu hutannya bang?”

Jujur agak geli mendengarnya.

Saya jawab,” kalau kadarnya kurang tau bang, cuma pengalaman dari salah satu konsumen kami, beliau memiliki asam lambung, setelah mengonsumsi madu hutan kami sejauh ini lambungnya baik-baik saja. Padahal, madunya juga kadang dapat yang sedikit lebih asam dari biasanya. Gak ada keluhan”

Akhirnya beliau membeli untuk awal coba-coba.

Dari pengalaman pelanggan ini kami jadi semakin yakin bahwa walau madu memiliki rasa yang sedikit masam, madu tetap aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki asam lambung atau maag. Dapat dikatakan salah satu manfaat madu adalah untuk mengurangi gejala maag.

Ada ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala sakit maag. Bahan yang digunakan adalah madu ditambah perasan kunyit. Nah, ramuan ini bisa juga kawan-kawan coba di rumah jika memang memiliki sedikit gangguan pada lambung.

baca juga : pengalaman pelanggan yang menderita maag dan madu hutan al hafizh

Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan

Manfaat madu yang banyak tidak diketahui banyak orang adalah madu sebagai obat luka. Secara alami, madu adalah antibiotik. Ini yang menyebabkan madu memiliki masa expired yang sangat lama. Bahkan dalam beberapa literatur kami temukan bahwa madu tidak memiliki expired, karena bakteri yang merusak makanan tidak dapat hidup di dalam madu karena ph madu yang rendah.

Sering kali saat kita terluka akibat pisau misalnya, luka tersebut di olesi madu untuk mencegah infeksi. Pun begitu, luka yang diolesi madu lebih cepat untuk sembuh.

Kaitannya dengan batuk dan radang tenggorokan, batuk yang hebat dapat menyebabkan luka pada tenggorokan kita. Kadang saat kita batuk terlalu keras, kita mendapati ada gumpalan darah yang ikut keluar bersama dahak. Ini bukan dahak berdarah pada orang yang terkena TBC, tapi darah karena luka di dinding tenggorokan. Luka ini dapat diobati dengan menggunakan madu.

Detoks Racun di Dalam Tubuh

Tema detoks racun dalam tubuh menjadi sesuatu yang sangat menarik saat ini. Banyak produk suplemen/ herbal mengedepankan tema ini. Bahwa produk mereka akan membuang racun di dalam tubuh. Produk yang kita konsumsi sehari-hari terkadang tidak sehat dan menyebabkan menumpuknya racun di dalam tubuh. Jika racun ini tidak dikeluarkan maka akan berakibat pada gangguan kesehatan hingga tumbuhnya bibit kanker.

Madu dipercaya sejak ribuan tahun lalu memiliki fungsi sebagai makanan yang dapat mendetox racun dalam tubuh kita. Beberapa pelanggan kami menceritakan pengalamannya dengan membuat infus lemon yang dicampur dengan madu lalu setiap pagi dikonsumsi. Campuran ini, menurut mereka membuat tubuh menjadi lebih ringan. Buang air besar menjadi lancar.

Untuk mendapatkan Madu Hutan Asli Murni, kawan kawan dapat memesan di halaman ini

Mengurangi Lemak Jahat Di Dalam Tubuh (Madu Untuk Diet)

Madu tergolong jenis karbohidrat kompleks, memiliki rantai sakarida tunggal. Sehingga lebih mudah diserap tubuh dan digunakan sebagai energi. Berbeda dengan karbohidrat biasa yang berantai ganda, untuk memecah menjadi tunggal dibutuhkan insulin dari pankreas. Jikat tidak digunakan seluruhnya, karbohidrat ini disimpan di otot sebagai cadangan energi. Sayangnya, jika terlalu lama bertumpuk, ia berubah menjadi lemak jahat dan membebani tubuh.

Ada dua jenis lemak di dalam tubuh, lemak baik dan lemak jahat. lemak sendiri dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi. Saat energi dari karbohidrat yang dikonsumsi terbakar habis, maka tubuh mengincar energi yang tersimpan dalam bentuk lemak. Jika lemak tubuh gak ada maka tubuh akan menghabiskan otot. Ini akan lebih bahaya, kalau otot tipis tubuh menjadi lebih lemah dan rentan.

Nah, dengan mengonsumsi madu secara rutin baik pagi maupun malam hari, ini akan membantu kerja pankreas agar tidak melepaskan insulin terus menerus untuk memecah rantai karbohidrat. Tentunya diimbangi dengan pola diet sehat yaitu dengan mengurangi karbohidrat dan menembah porsi protein dalam makanan.

Madu Hutan Al Hafizh Murni Asli Sumatera 500 Gram

Mengatur kadar gula dalam tubuh

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Madu tergolong karbohidrat berantai tunggal. Karbohidrat ini dapat langsung diserap tubuh dan dijadikan energi. Berbeda dengan karbohidrat berantai ganda. Karbohidrat ini memerlukan bantuan insulin untuk memecahnya sehingga mudah diserap tubuh dan dijadikan sebagai sumber energi.

Masalahnya, jika tubuh terus menerus harus mengeluarkan insulin untuk memecah rantai ganda karbohidrat, dalam beberapa waktu produsen insulin yaitu pankreas menjadi lebih cepat aus. Sama seperti mesin yang terus menerus harus bekerja keras, lama kelamaan akan “ngejim” dan inilah awal mula terjadinya penyakit diabetes. Ketika tubuh tidak lagi mampu mengendalikan kadar gula di dalam darah. Salah satu sebabnya karena pankreas sudah tidak bekerja maksimal lagi.

Kulit Lebih Cerah

Ini adalah salah satu manfaat madu yang paling disukai kaum wanita. Madu jika dikonsumsi langsung (diminum) akan membuat kulit lebih cerah dari dalam. Pun dapat juga dijadikan masker wajah sebelum tidur.

Menurut pengakuan salah satu saudara kami mengatakan bahwa beliau memiliki keluhan gatal-gatal di kaki. Telah diobati dengan obat luar berupa salep yang ada dipasaran, tapi tidak ada perubahan yang berarti. Kemudian anaknya menganjurkan untuk mengonsumsi madu dan perlahan gatal gatal tersebut hilang.

Masih banyak lagi manfaat minum madu secara rutin setiap hari. InsyaAllah akan kami tuliskan dalam kesempatan yang akan datang.

Pertanyaan yang sering kami terima adalah kapan sebaiknya minum madu? Dalam artikel sebelumnya pernah kami singgung soal manfaat minum madu di pagi hari.

Namun sebagai catatan juga, kawan-kawan harus hati-hati karena banyak beredarnya madu oplosan yang berbahaya bagi kesehatan, untuk itu perlu untuk memperhatikan dari siapa kita mendapatkan madu, dapatkan dari distributor madu yang terpercaya. Mereka dapat menjamin periwayatan madu hingga sampai ke mereka.

Untuk mendapatkan Madu Hutan Asli Murni, kawan kawan dapat memesan di halaman ini

Please Login to Comment.

nine + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.