0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

Informasi Lengkap Tentang Madu Hutan

Informasi Lengkap Madu Hutan

Madu Hutan-nya, Yakin Asli, bang?

Pertanyaan yang paling sering kami terima saat menerima telepon calon konsumen adalah “bang, madu hutan nya asli?” Sebenarnya sudah kami ceritakan semua, bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu. Tapi gak mungkin juga meminta konsumen untuk membuka link tersebut, kan bicaranya di telepon.

Kami cuma jawab, “Iya Madu kami madu hutan Asli.”

Maka muncul pertanyaan selanjutnya, “Bagaimana caranya kita tahu itu madu hutan asli bang?”

“Suplier madu kami ini sudah bertahun-tahun berhubungan dengan kami dan kamipun sudah melihat proses pemanennya di hutan. Dalam waktu dekat kami akan ke hutan lagi untuk lakukan proses dokumentasi.”

kekhawatiran itu wajar, karena memang sudah banyak sekali penemuan madu palsu di pasaran, selain itu mereka para konsumen ini beralasan bahwa madu hutannya akan digunakan sebagai obat. Dan tentunya, jadi kewajiban kami selaku penjual madu untuk memberikan edukasi yang tepat agar masyarakat tercerahkan.

Dalam wilayah bisnis apapun kita akan menemukan ada saja pihak tidak bertanggungjawab dengan menjalankan praktek bisnis tidak jujur demi keuntungan mereka sendiri. Tindakan segelintir orang ini merugikan banyak pihak, tidak hanya di sisi konsumen, termasuk juga kami selaku penjual/ distributor madu.

Karena hal tersebutlah kami tuliskan informasi lengkap tentang madu hutan yang selama ini telah kami pelajari, harapannya dapat memberikan inspirasi kepada semua pihak, baik dari konsumen madu ataupun penjual madu seperti kami.

Perbedaan Madu Hutan dan Madu Ternak

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara madu hutan dan madu ternak. perbedaannya hanya pada madu hutan dihasilkan oleh lebah hutan liar jenis Apis dorsata, lebah raksasa. Sedangkan madu ternak berasal dari lebah yang memang sengaja diternakkan (dibudidayakan), jenis lebahnya adalah Apis cerana (lokal) dan Apis melifera.

Lebah yang memiliki nama latin di awali ‘apis’ memiliki sengat, walau tingkat kekuatan racun dari sengat mereka berbeda-beda. Apis dorsata terkenal dengan sengat yang paling mematikan. Sedangkan jenis apis selanjutnya tergolong ringan dan dapat digunakan sebagai ‘terapi kesehatan sengat lebah’.

Perbedaan berikutnya, konsumen lebih menyukai produk yang dihasilkan oleh alam secara langsung tanpa campur tangan manusia. kesannya lebih natural. Sedangkan produk yang dibudidayakan ada campur tangan manusia yang memberi potensi ‘penipuan’. Wallahua’lam, kami tidak dapat men-generalisir, sejauh pengalaman yang ada, tidak terdapat perbedaan signifikan antara madu hutan liar atapun madu ternak.

Pesan Madu Hutan via Whatsapp

Proses pengolahan Madu hutan

Madu yang kami jual dapat dikatakan sebagai madu perawan (raw honey), karena kami tidak memberikan perlakuan berlebih selain proses penirisan/ pemerasan dan penyaringan madu. Beberapa produk madu memang mengalami proses pemanasan untuk mengurangi kadar air dan ‘gas’. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sertifikat SNI dari pemerintah, ada persyaratan kadar air 18%.

Produk madu hutan yang perawan memiliki kadar air antara 22-26% tergantung musim. Umumnya kadar air tinggi karena negara kita adalah negara tropis dengan kondisi hutan yang sangat lembab sehingga ini berpengaruh terhadap madu yang dihasilkan.

Apakah produk madunya menjadi tidak baik? tidak juga. Di dalam madu ada beberapa enzim baik yang akan rusak jika mengalami proses pemanasan. Kami sengaja tidak melakukan proses lebih jauh agar kealamian produk madu tetap terjaga. Di dalam madu ada enzim yang membuat madu tetap awet, enzim ini membuat bakteri perusak tidak dapat hidup.

Jadi proses yang terjadi pada madu yang kami jual terdiri dari proses pemanenan dari atas pohon sialang, proses penirisan dari sarang lebah yang dialirkan ke wadah seperti jerigen atau ember plastik, lalu proses penyaringan agar serpihan sarang dan lebah yang terikut pada madu dapat dibersihkan.

Kandungan Enzim Di Dalam Madu Hutan

Madu adalah salah satu penghasil enzim dari luar tubuh yang sangat bermanfaat. Di dalam ada enzim yang dihasilkan oleh ludah lebah dan sari tumbuhan.

Enzim yang dihasilkan dari madu antara lain:

Invertase, Enzim invertase berasal dari ludah lebah yang keluar pada saat memproses nektar. Enzim ini juga sudah ada dalam nektar tersebut. Enzim ini bertugas untuk memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa.

Diastase, Enzim diastase adalah suatu enzim yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi dekstrin dan maltosa. Enzim ini akan rusak jika berada dalam suhu 60-80 derajat Celcius. Mudahnya, enzim ini berfungsi untuk mengubah gula polisakarida menjadi gula monosakarida.  Gula polisakarida membutuhkan kerja insulin agar mudah diserap tubuh, sedangkan monosakarida tidak. Ini salah satu enzim yang akhirnya hilang jika madu dipanaskan untuk mendapatkan kadar air yang sesuai SNI.

Katalase, Enzim katalase bertugas untuk mengubah hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri (menghambat pertumbuhan bakteri). Enzim ini yang berfungsi sebagai ‘pengawet’ madu sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama. Bahkan bisa dikatakan madu dapat bertahan seumur hidup alias tidak ada masa expirednya.

Oksidase, Enzim oksidase berperan dalam mengkatalisis hidrogen dan juga sebagai akseptor ion hidrogen. Enzim peroksida berperan dalam menjaga lipid membran sel dan hemoglobin dari senyawa peroksida yang bersifat racun.

Protease, Adapun enzim protease adalah enzim yang bertugas untuk menghidrolisis protein.

Secara umum, enzim merupakan katalis dapat mengubah laju reaksi, tanpa ikut bereaksi di dalamnya. Aktivitas enzim dapat diatur. Enzim mampu meningkatkan laju reaksi pada kondisi yang biasa, yaitu dari tekanan, suhu, dan pH. Dan memiliki tingkat katalisasi lebih tinggi dibanding katalis biasa dalam segi peningkatan laju reaksinya yang diberikan oleh enzim.

penelitian dan manfaat madu untuk luka operasi

Warna, Rasa dan Aroma

Untuk penjelasan mengenai warna, rasa dan aroma, telah dituliskan di artikel ciri ciri madu hutan. namun, dapat kami jelaskan kembali bahwa untuk warna dan aroma madu, ini tergatung kepada sumber nektar yang diambil oleh lebah. Untuk nektar bunga akasia, cenderung lebih hitam (gelap), pun begitu madu yang dihasilkan oleh bunga tertentu akan berwarna khusus.

Untuk aroma juga sama, bunga yang dominan akan memberikan aroma dominan dari bunga tersebut. Contohnya madu dari bunga kopi, akan beraroma kopi, juga dari bunga rambutan atau klengkeng dan lain lain.

Tidak ada patokan bahwa madu harus berwarna apa, semua tergantung kepada jenis bunga yang dominan dihisap oleh lebah.

Pada musim bunga pahit, madu yang dihasilkan akan cenderung memiliki rasa pahit yang menyengat. Tidak manis seperti madu pada umumnya.

Apakah Madu Hutan Mengkristal?

Ini menjadi salah satu penyebab menurunnya kepercayaan konsumen terhadap madu hutan. Bermula dari ketidak tahuan mereka tentang sifat-sifat madu, terutama madu hutan. Seperti telah kami sebutkan sebelumnya bahwa madu hutan cenderung memiliki kadar air yang lebih tinggi daripada madu pabrikan.

Dikarenakan kadar air yang lebih tinggi tersebut, ikatan molekul gula di dalam madu menjadi sedikit renggang. Ada dua molekul gula dasar yang ada di dalam madu yaitu fruktosa dan glukosa. kedua gula ini diikat oleh molekul air.

Jika madu memiliki kadar air tinggi, maka ikatan antara fruktosa dan glukosa menjadi lebih renggang dan mudah dipisahkan.

Terkait madu mengkristal, sebenarnya ini adalah fenomena biasa dan alami. Bukan menjadi indikator bahwa madu hutan tersebut palsu. Hal ini terjadi jika madu disimpan dalam waktu yang lama atau disimpan di dalam kulkas. Umumnya madu yang disimpan di dalam kulkas akan mengalami kristalisasi. Jangan khawatir, cukup rendam madu di dalam air hangat (50 derajat celcius) maka kristal gula dalam madu akan kembali mencair dan madu dapat dikonsumsi seperti biasa.

Cara Mengetahui Keaslian Madu dari Uji Lab

Secara kasat mata memang sulit membedakan madu asli dan madu palsu, sehingga diperlukan pengujian kuantitatif untuk memastikan keaslian madu.

Lewat uji kuantitas, madu dapat diperkirakan dipalsukan atau ditambahkan sesuatu apabila; kadar sukrosa madu naik, kadar enzim naik/turun, kadar abu menjadi naik/turun, daya hantar listrik naik, kandungan pollen dalam sedimen turun, kandungan mineral turun, aroma dan rasa berubah, kandungan HMF (Hidroksi metal Furfuraldehid) berubah, kadar protein turun, warnanya terang, madu mengandung PbCl2, PbSO4, anion dan kation.

Kandungan HMF yang merupakan produk pemecahan glukosa dan fruktosa pada madu asli maksimal 3 mg/100 gram. Madu asli juga memiliki keasaman (pH) yang tetap berkisar 3,4-4,5, sedangkan pH madu palsu 2,4-3,3 atau diatas 5. Aktifitas enzim diastase pada madu asli yang berkualitas minimal 5 dengan rasio Kalium(K) dan Natrium(Na) sekitar 4,0. Pada madu palsu rasionya 0,05-0,1. Madu asli memiliki sifat khas memutar optic ke kiri yang bisa diperiksa dengan alat polarimeter.

Di laboratorium, kandungan glukosa pada madu murni agak dominan kelihatan dan kandungan sukrosa lebih menonjol pada madu palsu. Madu asli mengandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin dalam madu berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asamfolat dan vitamin K.

Madu asli mengandung enzim sedangkan madu palsu tidak. Enzim tidak bisa dibuat manusia, dan hanya bisa dibuat lebah madu. Enzim-enzim terpenting dalam madu; diatase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase dan lipase. Penjelasan tentang enzim telah kita singgung sebelumnya.

Cara paling efektif memang konsumen diminta untuk mencoba sendiri dengan menjadikan tubuh sebagai lab alam. Caranya, puasa selama 10 jam, lalu periksa gula darah. Kita anggap A adalah kondisi sebelum minum madu setelah puasa. Lalu minum madu sebanyak 2-3 sendok, sesudah 2 jam periksa lagi kadar gula darah. Katakan kadar gula darah setelah minum madu adalah B. Jika selisih antara A dan B sedikit (kecil) maka dapat dikatakan bahwa madu yang dikonsumsi adalah asli atau murni.

Pun begitu juga bagi penderita diabetes mellitus (DM) yang berpengalaman minum madu, akan dapat merasakan madu murni dan madu palsu. Bila setelah minum madu, badan jadi segar dan bertenaga kembali (sama seperti bukan penderita DM yang baru saja minum teh manis), itu menandakan madu yang baru diminum murni dan alami. Dalam tubuh penderita DM, madu diubah jadi tenaga (tanpa bantuan insulin).

Sayangnya, saat ini banyak madu palsu yang menyerupai madu asli hingga cara-cara tersebut hanya bisa sebagai bahan pertimbangan saja. Saran kami tetap, belilah madu di tempat yang sudah terpercaya. Selain itu juga pertimbangan harga madu, jika ada yang menjual dengan harga sangat murah, kita patut curiga dengan keasliannya.

Daerah Penghasil Madu Hutan : Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara

Indonesia adalah salah satu negera dengan total populasi lebah Apis dorsata terbesar di dunia. Sehingga produksi madu hutan liar tergolong tinggi. Apalagi dengan total luasan hutan yang masih sangat besar. Ada beberapa daerah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil madu hutan liar. Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara (sumbawa).

Beberapa daerah lain memang memproduksi madu liar juga, tapi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan ketiga daerah utama ini.

Kami di refillmadu.com memfokuskan untuk menjual madu hutan sumatera. Madu yang kami jual berasal dari beberapa hutan sumatera sepert daerah Riau (kuantan, teso nilo, siak, tembilahan, dll), Sumatera Barat (Pasaman, Dharmasraya) dan beberapa daerah Jambi.

Dengan populasi lebah yang sangat banyak, tidak heran jika daerah Riau terkenal sebagai penghasil madu hutan liar terbesar di Indonesia. Madu dari daerah sumatera ini biasa disebut sebagai madu sialang/ tualang dalam bahasa malaysia. Sialang adalah sebutan warga untuk pohon hutan yang sangat besar. Diameter pohon adalah sekitar 1-2 meter dan tinggi pohon mencapai 100 meter. Perpohon dapat menghasilkan madu hingga ratusan kilogram.

Harga Madu Hutan

Untuk pertanyaan setelah, apakah madu hutan kami asli adalah berapa harganya? Harga madu hutan sangat variatif, tergantung penjualnya. Namun, kami memiliki keyakinan bahwa semakin murah harga madu yang kami tawarkan maka semakin berkurang keyakinan konsumen akan keaslian madu kami.

Secara pasaran di tingkat petani madu juga saat ini ada kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi pula. Banyak petani yang selama ini hanya menjual ke pengepul madu, saat ini mampu melihat dunia luar melalui internet. Sehingga mereka dapat menemukan pasar yang lebih luas.

Namun walaupun demikian, peran pengepul tetap sangat penting, karena pasar diluar juga ternyata memiliki keterbatasan. apalagi jika mereka tidak dapat menemukan konsumen yang dapat secara masif dan kontinu menerima produk mereka.

Untuk detail Harga produk madu, dapat dilihat pada halaman Produk kami ini

Pesan Madu Hutan via Whatsapp

Penutup

Kami berharap dengan adanya informasi ini, tidak ada lagi keraguan dari konsumen terhadap produk madu yang ada di pasar. Konsumen dapat secara cerdas memilih dan memilah, mana produk yang benar-benar berkualitas dan mana produk yang abal-abal.

Tips membeli madu asli tetap tidak berubah, lihat siapa yang menjualnya. Jika kita yakin dengan penjualnya, insyaAllah kita akan mendapatkan produk yang baik.

Sekian.

 

BK