0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

Madu Untuk Gigi Berlubang; Kurangi Senut-Senut Menggoda

Madu untuk gigi berlubang, Pernah terpikir gak sih? ternyata, itu cara mudah untuk menguris rasa senut-senut saat gigi berlubang. Cairan kental manis seperti sirup ini ternyata sangat membantu mengatasi masalah gigi yang salah satunya adalah rasa senut-senut akibat infeksi.

Sakit gigi tentu sangat mengganggu kenyamanan. Makan jadi ribet, malas ngomong, kepala pusing, tidur tak nyenyak hingga mudah terpancing emosi. Tak heran kalau sampai Meggi Z menuangkan perasaannya dalam lagu yang populer itu, ‘Sakit Gigi’.

Daripada sakit hati

Lebih baik sakit gigi ini

Biar tak mengapa

Sudah…sudah, kalau mau lanjut pindah lapak sono. ^^

Gigi menjadi faktor penting dalam proses pencernaan makanan. Lambung tidak akan bekerja dengan baik jika makanan yang dikunyah sebelumnya oleh gigi. Ketika rasa senut-senut mulai terasa dimulut, pertanda gigi dalam kondisi kurang sehat.

Mengenal Anatomi Gigi

Gigi merupakan bagian dalam tubuh manusia yang cukup rumit. Gigi tidak hanya berfungsi untuk mengunyah makanan, tetapi gigi juga berperang penting menentukan kemampuan bicara.

Manusia memiliki dua kelompok gigi; gigi susu/bayi dan gigi dewasa/permanen. Pada umumnya gigi cenderung tumbuh secara simetris. Artinya gigi geraham atas bawah disisi kiri harus tumbuh bersamaan dengan gigi geraham sisi kanan.

Perkembangan gigi dimulai jauh sebelum gigi pertama terlihat. Gigi pertama bayi muncul pada usia kehamilan enam bulan, dimana perkembangan gigi tersebut telah dimulai sejak awal trisemester kedua kehamilan.

Mahkota gigi terbentuk terlebih dulu, dimana akarnya terus berkembang hingga gigi muncul. Antara usia 2,5 -3 tahun, 20 gigi utama mulai tumbuh dan menetap sampai usia 6 tahun. Antara usia 6-12 tahun, gigi susu berganti dengan gigi permanen.

Anatomi gigi dibagi menjadi dua bagian dasar. Bagian pertama mahkota, bagian gigi yang terlihat dan berwarna putih. Sedangkan bagian kedua akar gigi, bagian gigi yang tidak terlihat. Ditempat inilah akar meluas dibawah garis gusi dan membantu mengikat gigi ke tulang.

anatomi gigi

Manfaat Madu Untuk Gigi Berlubang

Seperti yang kita ketahui, mahakarya alam yang dihasilkan lebah ini memiliki rasa yang manis seperti gula. Tentu hal ini sangat wajar, sebab madu mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, madu identik dengan beragam khasiat.

Mengobati beragam penyakit, merawat kecantikan, menjaga kesehatan, pemanis makanan dan minuman, mempertahankan kekebalan tubuh adalah sebagian manfaat madu. Tak heran madu telah dimanfaatkan sejak beribu tahun yang lalu.

Madu dipercaya dapat mengobati gigi berlubang karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Kandungan lain yang membuat madu untuk gigi berlubang efektif mengurangi rasa sakit antara lain :

  • Glukosa dan fruktosa membantu menyerang bakteri jahat lactobacillus dan streptococcus di area mulut dan tubuh.
  • Kandungan antibakteri yang terkandung dalam madu membantu menurunkan produksi asam yang dapat menghentikan proses pembuatan dextan oleh bakteri. Dextan sendiri merupakan komponen plak gigi getah polisakarida hasil produksi bakteri untuk melekatkan dan menempelkan diri pada permukaan gigi.
  • Madu murni mengandung enzim yang memproduksi hydrogen peroksida dipercaya menjadi salah satu unsur penyebab utama aktivitas antimikroba.
madu untuk gigi berlubang

Lalu bagaimana memanfaatkan madu untuk gigi berlubang? Ramuan madu untuk mengurangi rasa senat-senut akibat gigi berlubang dibawah ini dapat dicoba dirumah.

  1. Mencampur air dan madu yang digunakan sebagai mouthwash alami. Berbeda dengan penyegar mulut yang mengandung alkohol, madu + air  dapat membasmi bakteri jahat didalam mulut namun tetap meninggalkan bakteri baik sebagai keseimbangan mikroorganisme secara alami dalam mulut tetap terjaga.
  2. Dengan mencampur 5 sendok teh madu dan 1 sendok teh kayu manis. Setelah tercampur dengan rata segera tempelkan sedikit keatas gigi yang berlubang. Lakukan 3 kali sehari, sisanya dapat disimpan untuk pemakaian selanjutnya.

Selain dapat mengatasi rasa senat-senut akibat gigi berlubang, madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gigi yang lain. Apa saja?

  • Memutihkan Gigi

Beberapa makanan dan minuman yang dikonsumsi serta kebiasaan buruk malas membersihkan gigi menjadi faktor terbesar gigi berwarna kusam. Madu ternyata bisa membantu menghilangkan warna kusam gigi.

Kandungan hidrogen peroksida alami yang terbentuk dari pelepasan enzim glukosa oksida pada madu dapat digunakan untuk mengembalikan warna gigi yang kuning menjadi lebih putih.

  • Menguatkan Gigi

Kandungan nutrisi seperti kalsium, zat besi dan magnesium pada madu dapat membuat gigi kuat. Ketiga kandungan nutrisi tersebut mampu mengembalikan serta mempertahankan kepadatan tulang gigi.

  • Mencegah Bau Mulut

Bau mulut disebabkan adanya gangguan kesehatan pada gigi dan mulut yang menyebabkan bakteri penghasil gas Volatile Sulfure Compound yang berbau tajam meningkat. Dengan kandungan zat anti bakteri, madu dapat dijadikan sebagai obat kumur alami.

  • Mengatasi Infeksi Gusi

Tanda telah terjadi infeksi gusi ditandai dengan adanya pembengkakan yang terjadi disekitar gusi. Jika tidak segera ditangani, infeksi ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi.

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi gusi dengan madu. Pertama dengan mengoleskan madu secara langsung pada gusi yang bengkak dan Kedua mencampur madu dengan segelas air hangat dan digunakan sebagai obat kumur.

  • Menghilangkan Plak Gusi

Sifat basa pada madu yang mengandung unsur alkali dapat dijadikan sebagai desinfektan terhadap rongga mulut. Hal ini tentu membantu menghilangkan plak gigi yang merupakan pemicu terjadinya berbagai penyakit gigi. Berkumur-kumur dengan madu dapat mencegah terjadinya plak gigi.

  • Mencegah Karang Gigi

Karang gigi terbentuk akibat plak yang mengeras. Jika sebelumnya dikatakan penggunaan madu dapat mencegah pembentukan plak gigi, maka secara otomatis juga akan mencegah terjadinya karang gigi.

Siapa saja tentu pernah mengalami gigi berlubang. Dengan perawatan gigi yang kurang maksimal, tentu dapat menyebabkan bakteri tumbuh hingga pada akhirnya merusak gigi. Madu untuk gigi berlubang diyakini dapat mengurangi rasa senut-senut saat gigi sakit.

Dengan penggunaan yang tepat, madu untuk gigi berlubang sangat efektif menghilangkan rasa senut-senut pada gigi. Tentu saja yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat akan membantu menghindarkan gigi dari berbagai penyakit.