0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

Manfaat Madu Untuk Asam Urat Yang Belum Diketahui

Madu untuk asam urat adalah salah satu dari sekian banyak manfaat cairan kental manis berwana coklat kekuningan yang dihasilkan oleh lebah. Produk olahan yang berasal dari hewan dengan semangat kerjasamanya merupakan hasil alam dengan kegunaan yang sangat banyak dan tentunya membantu manusia untuk menjaga tubuh tetap sehat. Terutama untuk mengatasi masalah kesehatan.

Memanfaatkan bahan-bahan dari alam untuk digunakan sebagai obat herbal kini semakin banyak dilirik orang untuk menjaga kesehatan. Bahkan kini telah menjadi gaya hidup. Masalah kesehatan yang kerap menyerang salah satunya adalah asam urat. Penyakit radang sendi yang umumnya menimpa orang yang telah berumur tiga puluh tahun keatas. Walaupun pada beberapa kasus dapat menimpa orang yang masih berusia muda. Lalu apakah madu bisa mengobati penyakit asam urat? Bukankah orang yang terkena asam urat tidak boleh mengkonsumsi madu?

Penggunaan Madu Untuk Asam Urat

Asam urat (gout) merupakan penyakit dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan dan timbul rasa panas di persendian. Biasanya menyerang di sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari tangan.  Bagaimana bisa timbul asam urat?

Tubuh manusia secara alami senantiasa memproduksi zat-zat baik untuk tubuh selama dalam jumlah yang tepat. Akan tetapi jika salah satu zat diproduksi secara berlebihan dari kadar yang seharusnya, maka tubuh akan merasakan rasa tidak enak. Biasa kita sering menyebutnya sakit badan. Salah satu zat yang diolah tubuh adalah zat purin menjadi asam urat. Ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka ginjal tidak akan sanggup untuk mengeluarkan seluruhnya. ketika ini terjadi maka zat asam urat akan menumpuk dan mengkristal di persendian yang pada akhirnya akan menyebabkan pembengkakan, peradangan dan rasa nyeri pada persendian.

Ketika seseorang terlalu sering mengkonsumsi jeroan, hidangan laut, daging merah dan minuman beralkohol maka zat purin yang dihasilkan akan melebihi dari batas normal. Sehingga sangat berpotensi untuk terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan diderita oleh penderita obesitas, diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal kronik. Perlu juga kita ketahui, laki-laki ternyata lebih berpotensi terkena asam urat dibandingkan dengan perempuan. Terutama ketika usia telah mencapai 30 tahun. Sedangkan pada perempuan biasanya beresiko terkena ketika telah mencapai masa menopause.

Jika seseorang terserang penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam saja. Rasa sakit yang timbul dapat berlangsung selama 3 – 10 hari. Ketika hal ini terjadi maka pembengkakan tidak hanya di sekitar sendi, tetapi juga di daerah sekitar sendi yang disertai dengan kulit memerah. Pada tahap ini, penderita tidak dapat bergerak dengan leluasa.

Untuk mengantisipasi rasa nyeri yang berkelanjutan ketika asam urat menyerang, ada baiknya dikenali terlebih dahulu gejal-gejala penyakit radang sendi ini.

  1. Rasa Nyeri di Persendian

Munculnya penyakit asam urat dapat ditandai dengan rasa nyeri di persendian. Rasa nyeri yang menjadi ciri utamanya ini akan disusul dengan rasa ngilu, linu, hingga kesemutan. Jika asam urat sudah dalam kondisi akut, pada persendian yang nyeri akan tampak kemerahan akibat peradangan yang terjadi.

Rasa nyeri, linu dan pegal-pegal terjadi di beberapa bagian tertentu persendian. Pada umumnya menyerang dibagian jari kaki, jari tangan, dengkul, bagian tumit, pergelangan tangan, dan juga bagian siku.

  1. Sakit Ketika Bergerak

Ketika tiap kali bergerak terasa sakit, maka telah berada dalam kondisi akut. Hal ini tentu sangat jelas terjadi. Sebab tiap kali bergerak, sendi-sendi yang yang mengandung zat asam urat yang telah mengkristal berkontraksi.

  1. Waktu Terjadi Nyeri

Rasa sakit berupa nyeri dan ngilu ketika terserang penyakit asam urat, biasanya terjadi di waktu pagi hari ketika baru bangun tidur. Hal ini dikarenakan pada saat itu zat purin menumpuk dan tidak teralirkan sama sekali. Karena faktor-faktor tertentu, rasa sakit terkadang juga terjadi di malam hari. Perlu kita ketahui, rasa nyeri ini terjadi berulang-ulang. Sehingga cukup mengganggu bagi penderita yang mengalaminya.

Bahan alami yang berasal dari olahan hewan kecil bernama lebah menjadi alternatif yang tepat untuk membantu mengobati penyakit asam urat. Kandungan yang terdapat didalam madu seperti glukosa, sukrosa, maltosa, karbohidrat dipercaya dapat mencegah radikal bebas. Sehingga dapat menetralisir zat yang mengandung racun, mengurangi kerusakan hati, melancarkan asupan oksigen ke otak, serta mampu menetralisir zat asam. Jadi tak mengherankan jika cairan kental manis ini digunakan dalam pengobatan asam urat.

Mengapa madu dapat membantu proses penyembuhan penyakit asam urat? Seperti yang telah disebutkan diatas, kandungan seperti maltosa, sukrosa, dan glukosa efektif membantu pembuangan kelebihan kadar asam. Selain itu, kandungan nutrisinya yang lengkap membantu penderita asam urat mengembalikan vitalitas tubuh. Hal yang perlu diperhatikan adalah madu yang digunakan untuk mengobati adalah madu asli berkualitas dari lebah.

Madu Untuk Asam Urat Solusi Tepat Mengobati Radang Sendi

Selain gejal-gejala yang  telah disebutkan diatas, asam urat juga dapat muncul disebabkan adanya penyakit lain yang sebelumnya diderita oleh pasien. Penyakit tersebut antara lain seperti diabetes, hipertensi dan ciri-ciri gagal ginjal. Pada beberapa kasus, orang yang terkena obesitas biasanya juga terkena penyakit dengan gejala asam urat tinggi.

Apa saja yang dapat menyebabkan seseorang terkena asam urat? Berikut beberapa hal yang menyebabkan penyakit ini menyerang kita.

  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan zat purin dengan maksimal.
  • Ketika zat purin yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya banyak, maka metabolisme tubuh akan merespon dengan merubahnya menjadi asam urat.
  • Peningkatan asam urat yang terjadi disebabkan karena ginjal tidak mampu menampung semua.
  • Asam urat yang akhirnya mengkristal menyebabkan rasa nyeri pada persendian.

Sebagai upaya antisipasi agar terhindar dari penyakit asam urat, pola makan harus kita perhatikan dengan seksama. Karena ada beberapa makanan yang dapat berpotensi menyebabkan penyakit ini bersarang dalam tubuh, dikarenakan tingginya zat purin yang terkandung didalamnya. Beberapa makanan yang perlu mendapat perhatian khusus, terlebih bagi mereka yang terkena asam urat.

Ketika penyakit asam urat telah menyerang, biasanya kebanyakan orang akan mengobatinya menggunakan obat-obatan kimia sampai dengan herbal. Salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah asam urat adalah dengan madu. Dengan khasiatnya yang beragam, tak salah jika memanfaatkan madu untuk mengobati asam urat. Adapun beberapa khasiat yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat antara lain :

  1. Memulihkan kerja ginjal

Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, madu dapat memulihkan kembali kerja ginjal. Ketika kerja ginjal pulih seperti sedia kala, maka zat purin yang masuk dapat diproses dengan maksimal. Sehingga kita terhindar dari penyakit asam urat. Sangat tidak nyaman bukan jika rasa nyeri menggerayangi tubuh kita.

  1. Membuang kelebihan purin dalam tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas, penyebab utama penyakit asam urat adalah kelebihan zat purin. Madu ternyata memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan zat purin dalam tubuh. Hal ini karena didalam madu terkandung gula fruktosa, maltosa, sukrosa dan glukosa. Dimana kandungan ini mampu mengurangi kelebihan zat purin di dalam tubuh.

  1. Menghancurkan kristal di persendian

Zat purin yang telah mengkristal di persendian dapat dihancurkan dengan menggunakan madu. Hal ini dapat dilakukan karena zat-zat yang terkandung dalam madu.

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Menjaga pola hidup sehat bukan hanya membantu kita terhindar dari berbagai macam penyakit, tetapi lebih jauh dari itu adalah bentuk kesyukuran kita atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Semoga artikel manfaat madu untuk asam urat yang belum banyak diketahui membuka wawasan kita dalam penggunaan bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Leave a response

four + eighteen =