0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

Menikmati Gurihnya Sarang Madu yang Kaya Manfaat

Minum madu langsung atau dicampur air sudah biasa, tapi minum dan makan sarang madu sekaligus itu sih maknyus namanya. Jarang-jarang kan ya makan madu beserta sarangnya. Rasanya itu, krenyes-krenyes gimana gitu.

Gak salah itu bang, makan sarang lebah? Yuphaqqul yaqin benar. Makan madu plus sarangnya menjadi alternatif tambahan mengkonsumsi cairan kental berwarna kuning keemasan yang dihasilkan lebah. Nutrisi alami yang mengandung berjuta manfaat. Bisa dikatakan, mengkonsumsi sarang madu merupakan transisi dari madu ataupun olahannya.

Sarang madu yang dimakan bukan potongan sarang lebah yang diambil ekstrak sari madunya lalu dikemas dalam botol seperti yang ada di pasaran. Tetapi sesuai dengan namanya, sarang lebah yang langsung diambil ketika memanen madu.

Belakangan, mengkonsumsi sarang madu menjadi menjadi tren baru dalam dunia kuliner. Dikonsumsi layaknya camilan ringan dalam bentuk asliĀ  yang dimakan seolah-olah seperti memakan kerupuk. Bahkan banyak beredar sarang madu dijadikan konten video ASMR karena memiliki sensasi suara renyah.

ASMR, apa pulak itu?

Pernah menonton video yang tampak membosankan seperti orang melipat baju, mengetuk-ketuk kuku, atau bahkan memarut sabun tetapi anehnya banyak yang nonton? Atau mendengar suara pelan yang intensitasnya terus menerus dengan ritme yang sama, anehnya tetap saja ada yang betah mendengarkannya? Ternyata kondisi ini termasuk wajar dan terkadang tanpa sadar kita kerap melakukannya.

Kondisi diatas itulah yang disebut dengan ASMR ( Autonomous Sensory Meridian Response). ASMR sendiri terdiri dari bunyi-bunyian yang dianggap menenangkan yang merupakan hasil dari gerakan berulang-ulang seperti memukul benda tertentu secara konstan. Seperti gesekan pulpen dengan kertas ketika sedang menulis, bisikan lembut yang melodius, suara gemercik air, bahkan sekadar bunyi orang makan.

Ajaibnya, ASMR dapat membuat orang yang melihat atau mendengarnya menjadi rileks. Bahkan tak jarang ada yang menganggap suara dan visual membantu mereka dalam mengatasi kesulitan tidur (insomnia).

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Sarang Madu

Sarang lebah masih jarang kita jumpai dipasaran. Sehingga sangat wajar jika banyak yang belum tahu manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Di Refillmadu, konsumen justru dapat membeli sarang madu yang diambil dari hutan Sumatera.

Mungkin selama ini kita mengira jika sarang lebah madu hanya sekedar lubang-lubang kecil yang digunakan untuk menyimpan larva atau sekedar tempat singgah lebah. Padahal sarang lebah banyak sekali mengandung propolis. Didalam propolis sendiri terkandung beragam nutrisi yang baik untuk manusia, seperti protein, mineral (zat besi dan seng), vitamin A, B kompleks C, D, E, Biotin, Glukosa, Bioflavonoid dan nutrisi lainnya.

Kandungan nutrisi diatas mampu untuk mengobati penyakit kronis. Bioflavonoid contohnya, dapat memulihkan kebocoran saluran darah dan mampu memperbaiki kerapuhan. Bioflavonoid ini juga terdapat dalam buah jeruk. Yang membedakan, kandungan bioflavonoid dalam setetes propolis sama dengan 500 buah jeruk. Amazing ya….

Propolis (lem lebah) sendiri dimanfaatkan oleh lebah untuk menutup celah pada sarang, menjaga koloni dan larva agar tetap steril. Jadi, ketika mengkonsumsi sarang madu berarti juga mengkonsumsi propoplis yang sudah terbukti menjadi obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lalu apa aja sih manfaat sarang madu?

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan propolis yang ada di sarang lebah sangat sensitif dengan pilori yang notabene dapat menyebabkan maag kambuh. Sangat disarankan bagi Anda yang mengalami masalah dengan pencernaan (sakit maag, susah BAB) mengkonsumsi sarang lebah. Propolis atau inti madu aman dikonsumsi termasuk bayi sekalipun.

  1. Sebagai Anti Oksidan

Proses metabolisme dapat memunculkan radikal bebas dalam tubuh. Zat radikal bebas ini dihasilkan karena adanya reaksi oksigen dan membentuk molekul yang kekurangan elektron dikulit luarnya.

Dengan mengkonsumsi sarang madu yang mengandung vitamin A, C, E dan berbagai enzim lainnya dapat membantu menetralkan radikal bebas.

  1. Sebagai Anti Virus

Tidak hanya gadget yang perlu anti virus, tubuh kita juga perlu kan ya. Ternyata bioflavonoid yang terkandung pada propolis dapat digunakan untuk menghancurkan virus/bakteri/jamur yang resisten terhadap antibiotik sisntesis. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian The Heart and Lung Institude London.

Sebenarnya masih banyak manfaat sarang madu yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Baik untuk penyakit ringan maupun berat, seperti anti tumor, regenerasi sel hati, ganggugan saluran pernafasan, kencing manis.

Bagi yang masih penasaran bagaimana cara mengkonsumsi sarang madu, ada dua cara memakannya; dimakan langsung atau dicampur makanan lain. Seperti yang dicontohkan Bang Suhab (salah satu partner Refillmadu) yang mengunboxing sarang madu langsung dari kemasannya.

Bagi yang kurang suka memakan langsung, bisa dicoba dicampur makanan lain. Roti misalnya. Caranya pun cukup mudah. Panggang roti dan olesi dengan mentega. Dengan menggunakan pisau, potong sarang madu dan sebarkan diatas roti panggang. Panasnya roti akan melunakkan sarang madu.

Begitulah, alam yang luar biasa ini telah menyediakan banyak hal untuk dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya tentu cairan berwarna kuning keemasan bernama madu. Tak hanya cairannya saja yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, sarang madu juga memilikiĀ  khasiat yang sama.

Bermanfaat? Share ya….