0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

Perawatan Alami Madu untuk Rambut Kering yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Memanfaatkan madu untuk rambut kering adalah langkah tepat untuk perawatan rambut alami yang aman dilakukan. Rambut yang merupakan mahkota bagi manusia ini memang seringkali memerlukan perawatan khusus agar tetap sehat, kuat dan terlihat indah. Banyaknya cara-cara perawatan instan yang kini disuguhkan di tengah masyarakat modern juga belum tentu dapat menjamin kesehatan rambut. Berbagai zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya justru akan berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Berbagai macam hair style karena pengaruh mode juga dapat menjadi pemicu kerusakan pada rambut. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah permasalahan rambut kering, terlebih bagi orang-orang yang tinggal di daerah tropis. Rambut kering apabila tidak segera ditangani akan memicu kerusakan rambut yang lain, seperti rambut bercabang, kasar serta kaku.

perawatan alami madu untuk rambut kering yang efektif dan mudah dilakukan

Banyak yang belum mengetahui bahwa madu murni alami juga sangat efektif digunakan untuk perawatan rambut, terlebih untuk rambut kering. Selain bahannya yang mudah didapat, Anda juga tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk mendapatkan rambut cantik berkilau alami. Perawatan alami memang memerlukan konsistensi atau ketelatenan, tidak dapat instan, tetapi sangat aman apabila digunakan untuk jangka panjang dan tentu hasilnya akan lebih menyehatkan rambut.

Sebelum membahas cara perawatan rambut kering, alangkah baiknya Kita tahu terlebih dahulu apa saja penyebab-penyebabnya dan apa yang menjadikan madu dapat mengatasi rambut kering.

Manfaat Madu Untuk Rambut Kering

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut kering, di antaranya :

  1. Faktor lingkungan : Lingkungan yang buruk dan banyak polusi merupakan faktor utama yang menyebabkan rambut kering. Banyaknya debu dan kotoran tentu akan mempengaruhi kebersihan rambut, sehingga tak jarang hal ini yang menyebabkan rambut mudah kusut. Cuaca panas dan sering terpapar matahari juga dapat memicu kerusakan pada jaringan pelembab pada kulit kepala.
  2. Produk perawatan tidak cocok : Begitu banyak produk-produk perawatan rambut yang kini ditawarkan pada masyarakat dan begitu banyak perempuan untuk mencoba-coba berbagai macam produk demi niatan membuat rambut lebih indah. Alih-alih mendapat hasil yang baik, hal ini justru akan menyebabkan rambut menjadi kering.
  3. Penggunaan alat elektronik untuk rambut : Penggunaan hair dryer (pengering rambut) maupun catok (pelurus rambut) ternyata dapat menimbulkan efek tidak baik. Selain merusak rambut, penggunaan alat-alat ini yang terlalu sering juga akan merusak kandungan lemak pada kulit kepala yang berfungsi untuk mengatur kelembaban rambut.
  4. Perawatan yang salah : Banyak orang yang tidak menyadari perlakuan terhadap rambut yang salah, seperti contoh : terlalu sering keramas, menggosok-gosokkan rambut pada handuk setelah selesai keramas, dan segera menyisir rambut dengan sisir plastik ketika masih basah.
  5. Kurangnya vitamin dan nutrisi : Biasanya hal ini disebabkan oleh diet. Diet tanpa memperhatikan asupan protein dan vitamin dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh. Selain diet yang buruk, rambut kering juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air putih.
  6. Penggunaan zat kimia :  manfaat madu untuk rambut kering Penggunaan zat kimia seperti hair spray untuk menata rambut dan penggunaan cat rambut, terlebih yang banyak mengandung zat amonia berbahaya. Bahan kimia yang keras akan menyerap minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melembabkan rambut.
  7. Sedang dalam perawatan medis : Beberapa perawatan medis yang memberikan efek samping berupa rambut kering dan rapuh diantaranya adalah pengobatan untuk penyakit kolesterol tinggi, diabetes, eczema, kardiovaskular dan hepatitis.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja penyebab dari rambut kering?. Madu merupakan solusi terbaik untuk perawatan alaminya. Cairan yang dihasilkan dari perut lebah ini terbukti memiliki berbagai manfaat untuk perawatan rambut kering, di antaranya adalah :

  • Madu memiliki sifat melembabkan yang tentu akan membantu menstabilkan produksi minyak pada kulit kepala dan berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut.
  • Madu dapat mencegah rambut kusam dan bercabang karena mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk mengobati rambut kering.
  • Madu mengandung anti oksidan yang tinggi dan sangat baik untuk membersihkan rambut dari bahan-bahan kimia yang sudah menempel pada rambut dan lapisan kulit kepala akibat penggunaan produk perawatan rambut yang salah.
  • Madu dapat menyuburkan serta membuat rambut semakin sehat dan berkilau alami.

Tentu masih banyak sekali khasiat madu yang akan memberikan dampak baik untuk kesehatan rambut, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan vitamin yang kaya pada madu sehingga banyak yang memilih menggunakan masker madu untuk mengatasi rambut kering.

Tips Membuat Masker Madu untuk Rambut Kering dan Cara Penggunaannya

Madu sebenarnya bisa langsung digunakan untuk masker rambut tanpa perlu bahan tambahan apapun. Zat yang terkandung di dalamnya sudah mencukupi kebutuhan nutrisi pada kulit rambut. Namun, agar hasil lebih optimal dan lebih bagus, Anda bisa membuat kombinasi masker madu dengan beberapa bahan di bawah ini :

  1. Madu dengan minyak zaitun
    Campur kedua bahan ini dengan perbandingan takaran 1 : 1. Sesuaikan dengan panjang rambut. Campuran minyak zaitun dan madu sangat baik untuk mengembalikan kelembaban pada rambut kering.
  2. Madu dengan cuka apel
    Penggunaan kedua bahan ini yakni setengah cangkir cuka apel dicampurkan dengan 2 cangkir air putih, dan ditambahkan 2 sendok madu. Cuka apel berkhasiat untuk membuat rambut lebih lembut. Campuran kedua bahan ini sangat baik bagi anda yang menginginkan rambut tidak kering, lebih halus dan mudah diatur.
  3. Madu dengan alpukat madu untuk rambut kering
    Selain enak untuk minuman, buah yang satu ini ternyata juga sangat baik dalam menjaga kelembaban rambut. Pilih buah alpukad yang matang, kemudian haluskan dengan blender, campur dengan beberapa sendok madu asli sesuai kebutuhan rambut.

Setelah Anda memilih salah satu resep di atas, selanjutnya perhatikan cara penggunaan masker rambut tersebut.

  • Bersihkan rambut dengan air dingin (bukan air es).
  • Peras perlahan ke arah ujung rambut, sebaiknya tidak mengeringkan rambut dengan cara menggosokkan ke handuk.
  • Balurkan masker ke seluruh permukaan kulit kepala dan merata ke seluruh rambut.
  • Pijat perlahan selama kurang lebih 10 menit, agar masker dapat cepat meresap pada kulit kepala.
  • Tutup rambut menggunakap penutup kepala (showercap) atau bisa juga menggunakan handuk kering.
  • Diamkan selama 30 menit
  • Biarkan rambut mengering dengan sendirinya, kemudian sisir perlahan.
  • Lakukan treatment ini 2-3x seminggu dan lihat hasilnya.

Selain melakukan perawatan di atas, tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan agar hasil lebih optimal antara lain :

  1. Cuci rambut dengan air biasa (bukan air hangat).
  2. Tidak terlalu sering mencuci rambut (setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu).
  3. Sebaiknya menggunakan sisir kayu atau sisir tanduk. Sebaiknya menghindari penggunaan sisir plastik, karena rambut kering yang disisir dengan sisir plastik akan menimbulkan muatan negatif karena mengalami kelebihan elektron, dan hal ini akan memicu kerusakan pada rambut.
  4. Menghindari pemakaian cat rambut kimia dan alat pengering rambut.
  5. Perbanyak minum air putih dan hindari stress agar rambut tetap sehat.

Semoga uraian tentang manfaat madu untuk rambut kering di atas dapat menambah pengetahuan dan memberikan solusi bagi Anda yang mengalami permasalahan rambut kering yaa, selamat mencoba.

Leave a response

18 − fifteen =