0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

TERAPI MADU UNTUK DARAH RENDAH YANG MUDAH DAN AMAN

Manfaat madu untuk darah rendah (hipotensi) tidak kalah penting dibandingkan manfaatnya untuk penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Mungkin selama ini orang cenderung menganggap bahwa penyakit darah rendah tidaklah berbahaya, dan lebih mengkuatirkan penyakit darah tinggi. Padahal keduanya memiliki tingkat bahaya masing-masing.

Darah manusia mengalir ke seluruh tubuh  melalui pembuluh darah arteri dan vena. Saat jantung memompa darah melewati pembuluh darah arteri, maka akan ada tekanan pada pembuluh darah arteri. Tekanan yang muncul saat jantung mengalami kontraksi memompa darah disebut dengan istilah tekanan sistolik (batas atas), sedangkan saat jantung mengalami relaksasi/jeda diantara dua tahap kontraksi  dikenal sebagai tekanan diastolik (batas bawah).

Pada kondisi normal di usia kurang dari 60 tahun, tekanan darah manusia berada diantara 90/60 hingga 140/90. Bila seseorang mengalami tekanan darah dibawah 90/60 maka orang tersebut mengalami tekanan darah rendah (hipotensi). Sementara bila tekanan darahnya diatas 140/90 maka orang tersebut mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

terapi madu untuk darah rendah yang mudah dan aman

Berbahayakah tekanan darah rendah itu? Sebelum menjawabnya, mari kita pahami dulu apa gejala dan penyebab tekanan darah rendah manusia.

baca juga: Madu Obat Jantung

Jika anda mengalami beberapa gejala dibawah ini :

  • Wajah pucat
  • Keluar keringat dingin
  • pandangan berkunang-kunang dan buram
  • kepala pening/pusing
  • perut terasa mual
  • badan terasa lemas dan kehilangan keseimbangan
  • pingsan

Maka besar kemungkinan anda mengalami tekanan darah yang rendah. Hal yang sebaiknya anda lakukan bila mengalami gejala-gejala diatas adalah menghentikan aktifitas apapun, berbaring atau duduk rileks, kemudian minum air putih yang cukup.

Tekanan darah manusia bersifat fluktuatif, naik turun. Lalu apa saja penyebab tekanan darah rendah itu?  Banyak faktor yang menjadi penyebab tekanan darah rendah. Yang paling umum diantaranya adalah jenis aktifitas yang saat itu sedang dilakukan, usia seseorang, pengukuran sebelum makan atau setelah makan, kondisi lingkungan dan cuaca saat itu, termasuk apakah pengukuran tekanan darah dilakukan di waktu siang hari atau malam hari.

madu untuk darah rendah yang aman

 

Cara mengukur tekanan darah yang terbaik adalah saat badan rileks dan cukup istirahat, dilakukan dalam keadaan duduk atau berbaring tanpa bicara dan sebaiknya mengosongkan kandung kemih dahulu dengan cara buang air kecil sebelumnya.

Selain sebab-sebab umum diatas, ada sebab-sebab khusus terjadinya tekanan darah rendah. Diantaranya adalah:

  • Tekanan darah rendah ortostatik.
    Terjadi karena perubahan posisi secara mendadak. Misalnya dari posisi tidur tiba-tiba langsung berdiri. Atau dari posisi berjongkok kemudian mendadak berdiri. Biasanya akan terjadi penurunan tekanan darah lebih dari 20/10 pada kondisi seperti ini. Gejalanya adalah kepala pusing, pandangan berkunang-kunang dan bisa sampai pingsan.
  • Bila tubuh seseorang kekurangan cairan akibat kurang minum atau karena aktifitas yang berlebihan atau sebab lain, maka dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang bisa berakibat pingsan.

madu untuk darah rendah

  • Pendarahan dan cidera serius.
    Terjadinya pendarahan akibat kecelakaan, karena menjalani operasi atau sebab lain dapat mengakibatkan hipotensi yang berbahaya bila terlambat ditangani.
  • Melemahnya otot jantung akibat penyakit lemah jantung, karena serangan penyakit jantung, ataupun karena infeksi virus tertentu. Jika mengalami kondisi semacam ini, segeralah menghubungi pihak medis sebelum terlambat.
  • Kondisi kehamilan bisa memicu terjadinya tekanan darah rendah yang bisa membahayakan perkembangan janin bila tidak segera diatasi.
  • Kekurangan nutrisi karena komposisi makanan yang tidak seimbang dapat menyebabkan hipotensi yang terjadi secara tiba-tiba sehingga kita harus benar-benar memperhatikan komposisi dan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
  • Infeksi bakteri.
    Bakteri yang menyerang tubuh bisa mengikuti aliran darah pada pembuluh darah, menginfeksi dan  menghasilkan racun yang mempengaruhi kelancaran aliran darah.
  • Anemia
    Hipotensi bisa menjadi indikasi terjadinya anemia (kekurangan sel darah merah) karena persediaan darah tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.
  • Hormon yang tidak seimbang.
    Ketidakseimbangan hormon dapat memicu terjadinya ketidakstabilan tekanan darah di dalam tubuh, termasuk diantaranya disebabkan oleh penyakit diabetes mellitus.
  • Efek obat-obatan yang sedang dikonsumsi.
    Beberapa jenis obat-obatan kimia memiliki efek menurunkan tekanan darah, misalnya obat anti depresan dan obat anti hipertensi.
  • Insomnia, stres pikiran dan kurang istirahat mempengaruhi ketahanan tubuh dan bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang mengakibatkan gangguan keseimbangan tubuh.
  • Dan masih banyak lagi sebab-sebab lainnya.

Khasiat Madu Untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Bagaimana cara penanganan tekanan darah rendah ini? Tentu saja harus disesuaikan dengan penyebabnya, sehingga lebih tepat penanganannya.

penyebab tekanan darah rendah

  1. Tekanan darah rendah yang disebabkan oleh efek penggunaan obat-obatan, maka diperlukan konsultasi dengan pihak dokter yang memahami kandungan obat tersebut untuk mencari solusinya. Bagaimanapun juga reaksi tubuh setiap orang terhadap penggunaan suatu obat berbeda-beda satu sama lainnya.
  2. Bila hipotensi disebabkan karena gangguan otot jantung, pendarahan akibat operasi maupun karena cidera serius, maka harus segera dilakukan tindakan sesuai dengan instruksi dokter dan paramedis.
  3. Tekanan darah rendah yang disebabkan oleh dehidrasi, maka perlu asupan rutin air sekitar 8 gelas per hari. Akan lebih baik lagi bila dicampur dengan sedikit madu murni sebagai pengganti gula, penambah energi dan berkhasiat untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Utamakan untuk mendapatkannya pada distributor madu terpercaya seperti salah satunya Refill Madu.
  4. Hipotensi yang dialami oleh ibu hamil bisa dirawat dengan memperbaiki komposisi makanan yang dikonsumsi, cukup minum, sekaligus rutin mengkonsumsi madu asli karena madu memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk mencegah keguguran, menguatkan kandungan dan kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.
  5. Tekanan darah rendah yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi, maka perlu diatur ulang asupan makanan yang tiap hari dikonsumsi. Harus seimbang antara karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan lemak yang ada. Akan lebih baik bila menambahkan manfaat madu murni untuk menutup kekurangan nutrisi yang diperlukan. Minumlah larutan madu yang dicampur dengan air hangat setiap pagi sebelum makan, agar terserap sempurna oleh pencernaan.
  6. Jika penyebab tekanan darah rendah itu adalah anemia, ketidakseimbangan hormon, infeksi bakteri dan insomnia, maka mengkonsumsi madu alami menjadi solusi yang sangat tepat. Karena di dalam cairan hasil olahan nektar ini terkandung zat besi yang mengatur produksi hemoglobin, kalium yang mampu menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh, peroksida yang menjadi antibakteri dan vitamin B6 yang dapat mengatasi insomnia.

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Madu Untuk Darah Rendah dan Menerapkan Pola Hidup Sehat

manfaat-minuman-untuk-kesehatan

Cara penanganan tekanan darah rendah diatas akan lebih permanen hasilnya saat kita kembali menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur komposisi makanan, minuman berikut bahan makanan lain yang kita konsumsi.

baca juga: Hidup Sehat dengan Madu

Bagi para pengidap tekanan darah rendah, sebaiknya menghindari makanan sejenis gorengan, junk food, makanan yang terlalu asam, mie instan, minuman beralkohol, minuman bersoda, dan makanan/minuman dengan banyak zat aditif di dalamnya. Karena jenis-jenis makanan/minuman diatas bisa mengakibatkan terhambatnya aliran darah sehingga mempengaruhi tekanan darah.

Lebih baik perbanyak konsumsi sayur, protein, buah-buahan, air putih berikut madu murni yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Cukup tidur dan istirahat, cukup olahraga, dan hindarkan diri dari stres dan penggunaan obat-obat terlarang. Merutinkan konsumsi madu untuk darah rendah akan banyak membantu menstabilkan tekanan darah sehingga kondisi kesehatan kita akan semakin baik.

Leave a response

nine − 1 =