0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

Terapi Madu Untuk Hidung Tersumbat Yang Mudah Digunakan

Pengobatan menggunakan madu untuk hidung tersumbat adalah cara alami tanpa obat-obatan yang terkadang menimbulkan alergi dan efek samping yang tidak diinginkan penderita. Sebelum membahas bagaimana cara penggunaanya, sebelumnya kita mengetahui apa itu hidung tersumbat? berbahaya kah untuk kesehatan kita?

terapi madu untuk hidung tersumbat yang mudah digunakan

Hidung tersumbat penyakit ringan yang sering terjadi. Yang dimaksud dengan penyakit ringan di sini misalnya, common cold, flu, dan infeksi sinus. Penyakit tersebut dapat menyebabkan hidung tersumbat karena menimbulkan peradangan pada lapisan rongga dan sinus yang merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah. Radang tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkakan sehingga hidung menjadi tersumbat.

Hidung tersumbat yang berlangsung lama penyebabnya antara lain, Rinitis, alergi serbuk sari, polip hidung (hidung yang tersumbat hanya sebelah dan tidak berpindah-pindah), paparan zat kimia, iritasi hidung karena faktor lingkungan contohnya asap atau debu. Sinusitis kronis (infeksi sinus yang berlangsung lama), Tumor (biasanya jinak, bukan kanker atau massa yang dapat menyebabkan kemacetan jika mereka tumbu di bagian hidung), septum menyimpang (sekat hidung yang membatasi antara rongga kanan-kiri yang seharusnya tepat di tengah, malah menyimpang). Sakit kepala cluster benda asing (paling sering pada anak-anak) dengan ciri-ciri hidung terus berair atau ingus berbau, biasanya hanya terjadi pada satu hidung.

Penyebab hidung tersumbat yang jarang lainnya yaitu saat kehamilan, paling sering terjadi pada akhir trimester pertama. Hidung tersumbat ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Perubahan ini dapat mempengaruhi membran hidung menjadi meradang, kering atau berdarah.

Manfaat Madu Untuk Hidung Tersumbat

Sebelum kita mengetahui manfaat yang terdapat dalam madu untuk hidung tersumbat, mari simak terlebih dahulu latihan nafas untuk kesehatan tubuh kita, supaya terjaga dari penyakit hidung tersumbat.

  1. Taruh jari telunjuk ke hidung bagian kiri, dan jempol berada di hidung bagian kanan (seperti menutup hidung ketika ada bau tak sedap mendekat).
  2. Pencet hidung sebelah kiri dengan jari telunjuk sampai lubang Nampak tertutup
  3. Tarik nafas dari lubang hidung sebelah kanan dalam-dalam selama kurang lebih tiga detik.
  4. Tanpa menghembuskan nafas terlebih dahulu, dan tanpa membuka lubang bagian sebelah kiri. Ttutup pencet hidung sebelah kanan dengan jari jempol sampai lubangnya tertutup
  5. Tahan nafas selama 9 detik hitungan
  6. Tanpa membuka lubang hidung sebelah kanan, buka lubang hidung sebelah kiri
  7. Hembuskan nafas selama 6 hitungan kira-kira 6 detik
  8. Lanjutkan dengan menarik nafas dalam-dalam selama 3 hitungan dari lubang hidung sebelah kiri
  9. Tutup kedua lubang hidung dan tahan nafas selama 9 hitungan
  10. Dengan lubang hidung sebelah kiri tetap tertutup, buka lubang hidung sebelah kanan dan hemuskan nafas dalm 6 hitungan
  11. Lanjutkan dengan menarik nafas dalam-dalam selama 3 hitungan dari lubang bagian sebelah kanan
  12. Dan begitu seterusnya. Lakukan ini dengan posisi bersilah supaya lebih nyaman dan diulang kurang lebih 10-15 menit.

Madu memiliki berbagai zat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu manfaat dari madu dapat digunakan sebagai antibiotik alami. Di dalam madu mengandung zat yang disebut demulcents yang berkhasiat dapat menenangkan iritasi pada selaput lendir. Sehingga dapat menghilangkan iritasi pemicu refleks ketika batuk.

Mengkonsumsi madu selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga relatif lebih aman dibanding mengkonsumsi obat kimia. Anak-anak yang diberi madu hutan asli dalam dosil kecil sebelum tidur akan berakibat pada kualitas tidur yang baik dan mengurangi frekuensi batuk.

manfaat madu untuk hidung tersumbat

Jika keluarga anda ada yang merasakan hidung tersumbat maka bisa menggunakan madu sebagai alternatif aman untuk oba keluarga. Seduhlah buah lemon dengan parutan jahe ditambahkan madu 1 sdm dan air hangat. Ramuan sederhana ini secara efektif dapat mengurangi sakit. Khasiat madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar anda tidak mudah terserang penyakit. Madu hutan asli juga mudah sekali untuk didapatkan. Banyak pihak yang jual madu asli berkualitas bisa anda dapatkan baik secara online maupun offline saat ini.

Terapi Dengan Madu Untuk Hidung Tersumbat Yang Layak Untuk Dicoba

Berikut cara sederhana mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan di dalam rumah. Semoga dapat membantu bagi anda yang membutuhkannya.

madu untuk hidung tersumbat

  1. Mandi Air Hangat
    Cara ini bisa dikatakan praktis, menyenangkan dan cepat dilakukan. Bagaimana tidak menyenangkan, jika pengobatan ini bisa dilakukan dengan santai di bathub. Bagi anda yang hidungnya tersumbat, uap air dari air hangat ini mampu mengencerkan lendir di hidung sehingga mudah untuk dikeluarkan atau ditarik kembali.
  1. Menggunakan Uap Air
    Jika tidak bisa mandi air hangat, uap air bisa juga dijadikan alternative karena air yang dibutuhkan relatif sedikit daripada jumlah air untuk mandi. Anda hanya memerlukan sebaskom air, atau setara dengan satu termos air panas. Gunakan wadah yang lebih besar dari wajah anda, tuangkan air panas ke dalamnya. Lalu siapakan handuk dan dekatkan wajah anda ke permukaan air dengan kepala dikurungi handuk sehingga tidak banyak uap air yang terbuang. Uap air inilah yang akan melegakan hidung anda.
  1. Minum Air Hangat
    Bagi anda yang tak dapat meluangkan waktu dengan menggunakan uap air, dikarenakan kesibukkan yang padat, atau tidak memungkinkan untuk mendapatkan sebaskom air panas, anda bisa minum segelas air hangat. Air hangat yang dicampur dengan madu. Pastikan suhunya diatas 30 derajat celcius sehingga ketika minum, ada uap air yang terhirup. Selain itu, cara ini bisa menghangatkan tubuh anda seketika dan melancarkan peredaran darah. Hal ini bisa membuat hidung anda lega lebih cepat.
  1. Tidur Telentang Dengan Posisi Atas Lebih Tinggi
    Ini adalah alternatif bagi anda yang sedang ada di dalam rumah. Setelah menghirup uap air yang dicampur madu murni, minum jeruk hangat dengan madu hutan asli, setelah itu bisa melakukan cara ini dengan berbaring dengan posisi telentang. Posisi yang bagus adalah kepala lebih tinggi hingga hampir duduk atau membentuk sudut 45 derajat. Ganjal punggung dan leher anda dengan bantal.
  1. Hindari makan malam, cukup makan buah dan minum madu. Pada malam hari sebelum tidur lakukan sit up sebanyak kemampuan yang anda miliki, jangan memaksakan diri yang melebihi.
  1. Minum madu setelah sit up 2-3 sendok makan, lakukan dengan rutin.

Pilihlah salah satu terapi yang menggunakan madu untuk hidung tersumbat .  Yang dapat anda lakukan dan anda mampu untuk melakukannya. Untuk penyembuhan jangan berkata “tidak ada waktu” untuk menerapkannya. Sebab penyembuhan harus ada tindakan bukan malah dibiarkan begitu saja menunggu sembuh dengan sendirinya. Saatnya anda selalu sedia madu untuk kesehatan tubuh anda. Konsumsi madu dengan rutin setiap pagi dan menjelang tidur, akan sangat baik bagi kesehaatan anda. Madu asli yang kaya akan khasiatnya tidak hanya untuk hidung tersumbat, melainkan banyak sekali kandungan baik bagi kesehatan tubuh yang akan didapatkan.

Leave a response

3 × 1 =