0 item in the bag

No products in the cart.

Open Reseller/ Dropshipper dari seluruh Indonesia ( 0823 6638 0788 )

Turun 7 kg dalam waktu 45 hari (3)

BERGERAK LEBIH BANYAK

 

Kita harus meningkatkan metabolisme tubuh agar proses pembakaran energi semakin optimal. selain makan (biasanya selesai makan tubuh menjadi hangat, itu tanda metabolisme tubuh meningkat). nah, untuk meningkatkan metabolisme tubuh selanjutnya adalah dengan bergerak lebih banyak dari biasanya. dalam bahasa sehari hari kita menyebutnya olahraga.

untuk mendukung program diet yang saya lakukan.

olahraga yang saya kerjakan memiliki 2 tujuan utama, yaitu : meningkatkan massa otot dan melatih kardio (jantung). jadi latihan latihan yang saya lakukan sehari hari adalah untk mencapai dua tujuan ini. apa manfaat dari kedua latihan ini?

 

Meningkatkan BMR

Pernah saya sampaikan bahwa tubuh sama seperti HP. walaupun hape tidak digunakan, namun dalam beberapa waktu batre yang dimili si hape juga akan habis dengan sendirinya. ini membuktikan bahwa walaupun tanpa bergerak/ tidak melakukan aktifitas si hape juga menakan energi. sama dengan tubuh, dalam kegiatan diam tanpa melakukan aktifitaspun tubuh tetap menggunakan energi. besaran energinya itu ditentukan oleh BMR tubuh kita (basal metabolic rate).

Pernahkan, saat bangun tidur kita merasa baju kita basah oleh keringat. padahal seperti kita ketahui keringat mengucur kalau kita olahraga? dalam tidurpun tubuh membakar energi, untuk apa? untuk kegiatan metabolisme dasar dalam tubuh. sama seperti hape tadi. dalam bab yang lalu

Baca : Turun 7 kg dalam 45 hari (2)

 

Saya sampaikan bahwa BMR memakan 60-70% energi tubuh. Nah, apa hubungan BMR dengan olahraga?

Olahraga memiliki 2 tujuan, pertama untuk meningkatkan masa otot dan yang kedua untuk melatih jantung.untuk meningkatkan BMR anda harus meningkatkan massa otot. Jika otot kita lebih tebal dari sebelumnya, akan membutuhkan energi lebih banyak untuk menggerakkannya. massa otot itu ibarat cc mesin di kendaraan bermotor. makin besar cc semakin besar tenaganya namun dengan konsekuensi semakin boros bahan bakarnya. prinsip yang sama juga berlaku untuk tubuh kita, otot yang lebih tebal menyebabkan konsumsi energi si otot semakin besar.

jadi latihan beban saat olahraga menjadi sangat penting adanya.

Biasanya lagi, yang muncul dalam pikiran kita saat disebut latihan beban adalah mesti pergi ke gym, latihan angkat beban, seperti barbel dan lain lain. itu salah satunya, namun anda bisa juga melakukannya dirumah kok. seperti apa yang saya kerjakan selama ini. apa saja latihan beban yang saya lakukan di rumah?

PUSH UP, SIT UP, DAN SQUAT. Jika ada barang barang di rumah yang butuh di angkat, coba aja di angkat anggap aja sebagi latihan beban, namun jangan memaksa, sakit pinggang pula nanti, hehe.

3 jenis latihan ini tidak membutuhkan lahan besar, dan waktu yang lama. repetisi bisa anda sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang anda miliki. hanya saja buat target harian, berapa kali push up, sit up, squat setiap hari tingkatkan targetnya.

Di tubuh kita ada beberapa otot besar, jadi saat latihan beban, fokuskan untuk membangun otot otot ini. otot tersebut antara lain : otot punggung, dada, perut dan kaki. push up itu punya fungsi membangun otot dada dan sebagian otot tangan (triceps), sit up untuk membangun otot perut dan squat bagus untuk otot paha sedang kan skipping untuk latihan kardio (jantung).

Pelan pelan, dengan latihan ini jika anda istiqomah, maka otot yang terlatih dalam latihan ini seperti dada, trisceps, perut dan paha/ kaki akan semakin tebal dan lemak yang melingkupi otot akan sedikit demi sedikit akan terkikis.

 

Latihan Beban sederhana di Rumah (yang biasa saya lakukan)

 

Push Up

(target harian 50-60 kali, anda bisa bagi ke beberapa sesi, misalnya satu sesi 10 kali, ulangi lagi sampai 5 kali). posisi push up nya bisa seperti gambar di bawah ini. tujuannya agar bebannya tidak terlalu berat.

push-up-refill-madu-0823-6636-0788 

Sit Up

Target harian saya min 30 kali. tujuan sit up adalah menebalkan otot perut, tapi anda harus membakar lemak di perut dengan latihan kardio atau squat.

 sit-up-refillmadu-com-0823-6638-0788

 

Squat

Squat berguna untuk membentuk otot kaki/ paha, selain itu juga bagus untuk membakar lemak di perut.

squat-refillmadu-com-0823-6638-0788

Latihan Kardio

Latihan kardio memiliki fungsi melatih jantung agar lebih sehat. pernah kan kita mendengar atau membaca berita, ada artis atau anggota dpr yang tiba tiba meninggal setelah bermain futsal? kok olahraga malah bisa membawa kematian? dalam kajian kesehatan, hal itu terjadi karena si korban tidak mengukur sejauh mana kemampuan jantungnya.

Futsal itu termasuk olahraga berat, lari pelan tiba tiba sprint begitu seterusnya. belum lagi sikap yang buruk saat olahraga. setelah lari, langsung duduk, lalu langsung lari lagi dan seterusnya. jantungnya kaget!

Nah, latihan kardio salah satunya memiliki tujuan menjaga kesehatan jantung kita. Selain untuk menjaga kesehatan jantung, latihan kardio memiliki tujuan untuk membakar lemak yang lingkupi otot secara merata di seluruh tubuh. ohya sebagai informasi, latihan beban yang kita lakukan tidak serta merta membakar lemak, karena lemak termasuk sulit dibakar. untuk membakar lemak anda harus latihan kardio setelah latihan beban agar efek pembakaran lemaknya semakin lebih besar. yang termasuk latihan kardio antara lain : lari (jogging), renang, skipping, jalan cepat, aerobic dan yang sejenis lainnya.agar membakar lemak lebih baik, maka polanya adalah:

 

Latihan Beban (Sekitar 30 Menit) Lalu Ditutup Dengan Latihan Kardio (15-20 Menit) pola ini yang saya kerjakan dalam beberapa waktu belakangan, hasilnya alhmdulillah berat badan turun hingga 7-8 kg, dan berat badan saya stabil si angka ini.

 

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, jika merasa ada manfaatnya silahkan saja jika ingin membagikannya.

Leave a response

2 × four =